6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Internet Lemot di HP Android

Saat ini internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan penggunaan ponsel pintar seperti Android sebagai alat komunikasi. Smartphone Android sendiri tidak bisa berfungsi maksimal sebagai alat komunikasi tanpa adanya jaringan internet. Pengguna ponsel biasanya mendapat akses internet melalui jaringan seluler atau wifi. Kecepatan internet juga berpengaruh pada kinerja ponsel, terkadang koneksi internet lemot di HP Android dapat membuat jengkel.

Jika seorang pengguna smartphone mengalami koneksi internet lemot pada HP Android, pasti akan membuatnya jadi naik darah. Pasalnya kecepatan internet yang lambat dapat mengganggu berbagai aktivitas digital seperti browsing, download, streaming, atau chatting di sosial media. Maka dari itulah banyak pengguna yang berusaha meningkatkan kualitas jaringan internetnya agar jadi lebih cepat. Karena pada dasarnya, memiliki kecepatan internet yang tinggi adalah salah satu sumber kebahagiaan.

6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Internet Lemot di HP Android

Alih-alih ingin punya koneksi internet dengan kecepatan tinggi, justru di Indonesia saat ini mendapat predikat sebagai salah satu negara dengan kecepatan internet rendah di dunia. Belum lagi dengan berbagai macam gangguan disekitar lingkungan yang dialami oleh pengguna saat beraktivitas juga turut mempengaruhi kecepatan internet menjadi semakin menurun.

Lalu Apa Saja Hal Yang Jadi Penyebab Internet Lemot di HP Android

Berbicara mengenai penyebab kenapa koneksi internet di HP Android bisa sangat lambat, tidak akan bisa lepas dari berbagai macam gangguan yang ada disekitar kita sendiri. Pada dasarnya, kita malah jarang menyadari akan gangguan tersebut. Jadi ketika kamu merasakan koneksi internet lemot pada smartphone Android, mungkin beberapa hal-hal berikut ini bisa jadi penyebabnya.

1. Traffic Yang Sedang Padat

Salah satu penyebab kenapa internet lemot di HP Android adalah traffic data dalam sebuah jaringan yang terlalu padat. Masalah ini biasanya terjadi di tempat-tempat dimana banyak orang berkerumun atau berkumpul jadi satu. Karena banyaknya traffic dalam jaringan yang berjalan, maka bandwidth yang ada mau tidak mau juga harus terbagi secara sama rata. Akibatnya, kecepatan internet menjadi sangat rendah bahkan hampir tidak bisa dipakai untuk apa-apa.

2. Lokasi Yang Sulit Dijangkau Sinyal

Penyebab internet lemot di HP Android selanjutnya adalah lokasi dimana kamu berada yang sulit dijangkau oleh sinyal seluler. Namun disini juga ada kemungkinan lain , yaitu minimnya tower operator seluler yang menyediakan jaringan untuk pelanggan di daerah tersebut. Kondisi ini biasanya akan kamu alami ketika berada di daerah pedesaan atau pegunungan yang jumlah penduduknya tidak terlalu padat. Biasanya, hanya ada satu tower saja itupun letaknya agak jauh.

3. Sistem Android Sedang Update Otomatis

Salah satu faktor penyebab internet lemot di HP Android yang jarang disadari oleh pengguna adalah adanya update sistem Android secara otomatis. Proses ini biasanya berjalan dilatar belakang bahkan terkadang tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Update sistem Android itu sendiri biasanya ukurannya besar sehingga proses download-nya cukup lama. Selama proses download inilah bandwidth terbagi sehingga kecepatan internet jadi lambat.

4. Bandwidth Aplikasi Latar Belakang

Selain update otomatis sistem Android, penyebab lain yang juga memakan bandwidth adalah aplikasi latar belakang. Ini juga jadi salah satu penyebab internet lemot di HP Android yang sulit di deteksi. Pasalnya, jika tidak dilakukan pengaturan terlebih dahulu, biasanya aplikasi yang berjalan di latar belakang juga membutuhkan jaringan internet. Tidak hanya satu, biasanya ini terjadi pada beberapa aplikasi. Karena harus berbagi bandwidth, maka wajar jika kecepatan internet jadi lambat.

5. Teknologi Jaringan Yang Lawas

Buat kamu yang belum tahu, sebenarnya teknologi jaringan seluler berkembang dalam beberapa tahap dari generasi ke generasi. Urutannya mulai dari GPRS, Edge, 3G, HSDPA, 4G dan terakhir adalah 5G. Jaringan 5G masih belum digunakan untuk saat ini. Yang paling banyak adalah 3G, HSDPA dan 4G. Coba cari tahu teknologi jaringan ponselmu masih di generasi yang mana. Jika masih 3G, HSDPA atau dibawahnya, maka wajar jika kecepatannya lambat.

6. Sedang Dalam Cuaca Buruk

Penyebab terakhir kenapa jaringan internet lemot di HP Android adalah faktor cuaca. Cuaca buruk yang sedang terjadi di daerahmu turut membuat kecepatan internet menurun drastis. Terlebih jika sedang terjadi badai, hujan lebat hingga petir, maka jaringan internet akan sangat sulit digunakan bahkan sinyal seluler bisa hilang sama sekali. Jaringan internet yang lambat saat cuaca buruk tentu adalah hal yang wajar. Demi alasan keamanan, kadang tower dimatikan.

Tips Mengatasi Koneksi Internet Lemot di HP Android

Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa internet lemot di HP Android disebabkan oleh berbagai macam faktor yang berbeda-beda. Untuk mengatasinya, kita tidak mungkin bisa lepas dari indentifikasi masalah yang melatarbelakanginya terlebih dahulu. Minimal, kamu cari tahu dulu apa penyebabnya meskipun itu hanya sekedar asumsi. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengatasi kecepatan internet yang lambat pada ponsel dengan beberapa cara berikut ini.

1. Keluar Dari Tempat Yang Ramai

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi internet lemot di HP Android adalah dengan keluar dari keramaian. Ingat! Cara ini hanya untuk kamu yang saat ini berada di lokasi dimana banyak orang berkerumun seperti konser, show, tempat wisata dan lain sebagainya. Menjauhlah dari keramaian dan cari tempat yang lebih sepi supaya kecepatan internet bisa berjalan normal.

2. Cari Lokasi Yang Bisa Dijangkau Sinyal

Jika sedang berada di lokasi yang sulit sinyal, kamu bisa atasi internet lemot di HP Android dengan cara mencari lokasi yang lebih terbuka guna mendapatkan sinyal seluler. Banyaknya sinyal yang bisa ditangkap oleh ponsel sangat berpengaruh terhadap kecepatan internet. Semakin banyak sinyal yang ditangkap, maka akan semakin cepat pula kecepatan internetnya.

3. Ubah Sistem Update ke Manual

Untuk mengatsi internet lemot di HP Android yang ketiga ini, perlu adanya perubahan pengaturan pada ponsel untuk mengatasi internet lemot pada HP Android. Yaitu dengan cara mengubah update otomatis sistem ke manual. Caranya silahkan masuk ke “Setelan”, scroll ke paling bawah lalu pilih “Sistem”. Kemudian pilih “Hanya update jika ada jaringan Wifi saja”. Dengan begini, sistem Android tidak akan update pada jaringan seluler.

Baca Juga:

4. Nonaktifkan Data Latar Belakang

Cara keempat untuk internet lemot di HP Android ini hampir mirip dengan cara ketiga, namun disini kita ubah pengaturan pada aplikasi. Fungsinya adalah untuk mematikan fungsi data latar belakang pada beberapa aplikasi yang memakai internet di latar belakang. Caranya cukup mudah, pertama buka “Setelan“, kemudian pilih “Aplikasi & Notifikasi“. Lalu, cari aplikasi yang ingin dimatikan akses data latar belakangnya. Klik Aplikasinya, lalu pilih “Penggunaan data“. Kemudian ubah “Data latar belakang” menjadi “Nonaktif“.

5. Tunggu Hingga Cuaca Membaik

Cara yang kelima ini hanya berlaku ketika kamu sedang berada pada kondisi cuaca buruk. Tidak ada yang harus dilakukan untuk mengatasi internet lemot di HP Android pada kondisi ini. Kamu hanya butuh kesabaran untuk menunggu cuaca menjadi baik. Sebaiknya lalukan kegiatan lain selama menunggu atau menggunakan ponsel untuk kegiatan offline seperti bermain game atau yang lainnya.

6. Beli HP Dengan Teknologi Jaringan Terbaru

Cara terakhir dalam ini cocok buat kamu yang memang teknologi jaringan ponselnya masih generasi lama. Teknologi jaringan pada ponsel tidak bisa di upgrade karena itu sudah bawaan dari pabrik. Maka dari itu, satu-satunya cara hanyalah membeli HP Android baru dengan teknologi jaringan yang lebih baik agar kecepatan internetnya jadi lebih tinggi. Memang ada waktunya kita beli HP baru karena sudah ketinggalan teknologi.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi internet lemot di HP Android. Terkadang kecepatab internet yang lambat dapat mengganggu pekerjaan. Namun untuk mengatasinya kamu perlu mengidentifikasi penyebabnya. Satu hal yang harus kamu tahu bahwa tidak semua penyebab internet lambat bisa diselesaikan saat itu juga. Tapi paling tidak kamu bisa merencanakan untuk mendapatkan solusi lain dikemudian hari.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan