Ciri-ciri dan Cara Mudah Mengetahui HP Pernah di Service

Mengetahui kondisi sebuah ponsel sangat penting dilakukan seseorang dalam kondisi tertentu. Sebagai contoh ketika orang tersebut akan membeli HP Android bekas atau second. Maka dia harus mampu cek kondisi untuk mengetahui HP pernah di servis atau belum. Dalam kondisi seperti ini pembeli harus dituntut untuk lebih jeli karena pada dasarnya ciri-ciri HP Android yang pernah dibongkar bisa diamati dari fisiknya. Hal ini dilakukan supaya orang yang akan membeli ponsel bekas atau second tersebut tidak tertipu.

Namun pada kenyataannya tidak semua orang paham dengan seluk beluk ponsel. Beberapa pengguna smartphone hanya bisa sebatas mengoperasikan saja tanpa bisa tahu bagaimana kondisi suatu HP ketika akan membeli yang second atau bekas. Mereka pasti juga kesulitan membedakan antara HP pernah di service dan HP yang benar-benar masih normal. Maka dari itu, disini kita akan membahas beberapa hal terkait ponsel yang pernah di service atau dibongkar karena kerusakan.

Mengetahui HP Pernah di Service

Cara Cek Kesehatan HP Android Bekas Yang Pernah di Service

Sebelum kamu membeli ponsel bekas pakai atau second, alangkah baiknya jika kamu melakukan pemeriksaan terhadap kondisinya secara keseluruhan. Buak kamu yang sudah paham seluk beluk smartphone pasti hanya dengan membuka HP dan melihatnya secara sekilas saja sudah bisa tahu. Namun bagaimana jika yang melakukan cek adalah orang awam. Pasti akan lebih sulit untuk melakukannya. Nah, buak kamu yang masih awam, bisa mengetahui sebuah HP pernah di service dan juga cek kondisinya dengan bantuan aplikasi.

Cara untuk mengetahui HP pernah di servis buat yang masih awam adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa cek kondisi smartphone adalah Phone Doctor Plus yang bisa kamu download di Playstore. Aplikasi ini mampu melakukan deteksi dan prediksi terhadap beberapa kemampuan ponsel mulai dari hardware maupun software. Selain itu kamu juga akan mendapatkan laporan tentang kondisi HP setelah melakukan pengecekan. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama, silahkan kamu download aplikasi Phone Doctor Plus di Playstore secara gratis.
  2. Kedua, jika sudah terpasang di ponsel, buka aplikasinya. Maka kamu akan melihat tampilan dari masing-masing kategori secara detail dengan rating bintang.
  3. Ketiga, lakukanlah pemeriksaan terhadap kondisi ponsel dari berbagai sektor dengan klik tombol cek dibagian atas (Simbol garis tiga dengan tanda centang).
  4. Keempat, ikuti setiap test yang tersedia pada aplikasi tersebut secara keseluruhan mulai dari Outer hardware, multitouch, touchscreen, display check, earphone, speaker dan sebagainya hingga selesai.Aplikasi Untuk Mengetahui Cek HP Pernah di Service
  5. Kelima, lihat laporan hasilnya yang ditandai dengan beberapa warna dan simbol. Jika hasilnya warna hijau dengan simbol centang berarti kondisinya baik.
  6. Keenam, namun apabila ada warna kuning atau merah artinya ponsel tersebut tidak lolos cek. Kamu bisa mencobanya sekali lagi untuk memastikan.
  7. Ketujuh, setelah mengikuti semua tes tersebut maka kamu akan melihat laporan terkait kondisi HP tersebut secara menyeluruh.

Cara Cek HP Pernah di Service Perangkat Lunaknya

Setelah melakukan pengecekan terhadap semua kondisi ponsel secara performa seperti yang sudah dibahas diatas, sekarang saatnya kita lakukan cek bagian software atau perangkat lunaknya. Karena pada dasarnya service ponsel tidak selalu mencakup pada fisik saja namun juga ada kemungkinan HP pernah di service bagian non-fisiknya seperti software yang jika dilihat sekilas kita tidak akan bisa mengetahuinya.

Untuk mencari tahu apakah sebuah HP pernah diperbaiki bagian software-nya maka kamu cukup melakukan sebuah pengetesan. Cek kondisi HP pernah di service pada bagian perangkat lunak dengan cara memasukkan kode *#06#. Bagaimana cara memakai kode tersebut? Silahkan masuk ke bagian telepon, lalu masukkan kode *#06# seperti halnya kamu sedang cek pulsa. Disitu akan menunjukkan nomor IMEI. Apabila hasil IMEI tidak berbentuk angka, bisa dipastikan bahwa smartphone tersebut pernah di servis.

Ciri-Ciri HP Android Yang Pernah di Service Atau Dibongkar

Selain melakukan cek dengan aplikasi dan juga sebuah kode seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu juga dapat mencari tahu ciri-ciri HP pernah di service dengan memeriksa kondisi fisiknya. Pada dasarnya sebuah ponsel yang pernah diperbaiki fisiknya akan meninggalkan beberapa tanda yang tidak wajar. Berikut ini adalah beberapa ciri HP Android yang pernah dibongkar secara fisik.

Segel Sekrup Yang Rusak

Ciri pertama yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui HP pernah di service adalah segel pada sekrup. Segel sekrup biasanya berbentuk bulat putih yang dipasang pada salah satu bagian sekrup didalam HP. Segel ini digunakan sebagai tanda bahwa sekrup sudah pernah dibongkar atau belum. Jika segel ini rusak sudah pasti sekrup bagian dalam HP pernah dibongkar.

Baca Juga:

Segel Body Yang Tidak Resmi

Selain segel sekrup, kamu juga bisa cek pada bagian segel body. Segel resmi dari vendor biasanya memiliki motif dan warna yang unik. Apabila sudah dilepas, maka segel tersebut sudah tidak bisa dipasang lagi alias tidak menempel. Berbeda halnya dengan segel toko yang hanya berupa kertas biasa. Jika pada sebuah ponsel terdapat segel body yang tidak resmi berarti HP pernah di service atau dibongkar.

Sekrup Casing Yang Luka

Selanjutnya perhatikan dua buah sekrup yang ada dibawah ponsel. Sekrup ini memang tidak diberi segel. Namun bisa dijadikan patokan bahwa sebuah HP pernah di service atau dibongkar. Ciri-cirinya adalah bentuk bintang pada sekrup yang sudah luka atau tergores akibat dibuka dengan obeng.

Ada Bagian Yang Sudah Tidak Presisi

Ciri-ciri HP pernah di service bagian fisiknya yang terakhir adalah adanya pemasangan yang tidak presisi. Terkadang ponsel yang di ganti komponennya akan menjadi berbeda dengan aslinya. Pasti ada sedikit bagian yang terlihat tidak pas. Bagian tersebut bisa dari casing atau LCD yang terlihat berbeda. Maka dari itu, perhatikan bagian-bagian ini dengan sangat jeli.

Penutup

Itulah beberapa cara mengetahui HP pernah di service atau belum. Kamu juga bisa tahu bahwa sebuah ponsel sudah pernah dibongkar dengan beberapa ciri-ciri seperti yang dijelaskan diatas. Pengetahuan tentang kondisi smartphone ini sangat penting ketika kamu berada dalam suatu kondisi seperti saat akan membeli HP bekas atau second agar tidak tertipu. Karena faktanya banyak orang yang rugi setelah beli smartphone bekas akibat tidak teliti dalam membeli.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan