HP Dicas Tapi Tidak Mengisi? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Apakah kamu sedang mengalami kendala seperti HP dicas tapi tidak mengisi atau hp tidak bisa dicas? Nampaknya kamu tidak mengalami masalah ini sendirian. Diluar sana juga ada banyak pengguna smartphone Android yang mengalami masalah sama seperti ini. Maka dari itu, Edutizen akan mengupasnya secara lengkap pada artikel kali ini. Memang sih, masalah charging dapat membuat kita pusing karena baterai ponsel yang lemah akan membuatnya mati jika tidak segera di isi daya.

Biasanya masalah seperti HP dicas tapi tidak mengisi tanpa didahului oleh gejala-gejala tertentu. Sehingga bisa dibilang kendala semacam ini bisa datang secara tiba-tiba tanpa pernah kita sadari. Kebanyakan pengguna ponsel Android akan panik jika mengalaminya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa rata-rata smartphone jaman sekarang sudah memakai teknologi non-removable battery yang artinya baterai tersebut tidak bisa kita lepas pasang seenaknya.

Namun pada dasarnya, ketika HP dicas tapi tidak mengisi memiliki dua kemungkinan kerusakan. Yang pertama ada pada hardware dan yang kedua ada pada software-nya. Yang jelas, hal ini menyebabkan baterai ponsel jadi tidak bisa terisi. Padahal baterai jadi satu-satunya penyedia energi listrik bagi smartphone Android. Maka dari itu agar bisa mendiagnosis lebih jauh, kamu harus mampu mengidentifikasi apa saja penyebab masalah ini.

Penyebab & Cara Mengatasi HP Dicas Tapi Tidak Mengisi

Penyebab HP Dicas Masuk Tapi Tidak Mengisi Sama Sekali

Umumnya, para pengguna smartphone menduga ada kerusakan pada baterai atau charger jika mengalami masalah HP yang tidak bisa dicas. Mungkin salah satu diantaranya adalah kamu. Namun ternyata, selama ini dugaan itu salah. Pada dasarnya penyebab kenapa HP tidak bisa dicas itu ada banyak. Karena hal ini menyangkut banyak komponen dalam sebuah rangkaian seperti sumber listrik charger, kabel data, port usb hingga beterai itu sendiri. Lala apa saja penyebab ponsel tidak mengisi saat di cas? Berikut ini penjelasannya.

IC Charger Sudah Rusak

Kemungkinan pertama yang bisa menyebabkan HP dicas tapi tidak mengisi adalah adanya kerusakan pada bagian IC Charger. Buat kamu yang belum tahu, IC atau singkatan dari Integrated Circuit adalah sebuah komponen charger yang dibuat dari bahan semi konduktor. IC tersusun dari beberapa komponen diantaranya adalah Kapasitor, Transistor, Resistor, dan Dioda yang terintegrasi dalam sebuah chip. Didalam charger, IC berfungsi sebagai regulator tegangan yang tugasnya mengubah arus AC menjadi DC.

Kebel USB Bermasalah

Sebagian pengguna, menyimpan kabel USB dengan cara di melipat, melilit, atau memaksa kabel masuk ke tas. Padahal cara yang benar adalah dengan digulung seperti pada saat pertama kali beli ponsel. Selain pada kabel, ternyata kerusakan kabel USB bisa terjadi di bagian port-nya. Kerusakan bisa timbul akibat ujung kabel USB sering di goyang-goyang, ditarik, atau mencabut terlalu keras. Hal ini dapat membuat rusak sehingga berpotensi mengalami HP dicas tapi tidak mengisi.

Sumber Arus Listrik Yang Bermasalah

Penyebab HP dicas tapi tidak mengisi yang sering tidak disadari oleh pengguna adalah sumber arus listrik yang bermasalah. Seperti yang kita ketahui bahwa ketik melakukan charging adaptor charger harus tersambung ke stok kontak arus listrik. Terkadang, sumber arus listrik dimana charger menancap bermasalah sehingga tidak dapat menyalurkan arus listrik dengan baik. Untuk lebih memastikannya diperlukan pengecekan lebih lanjut.

Baterai Ponsel Yang Sudah Rusak

Ketika melakukan charging, pada dasarnya komponen yang membutuhkan proses ini adalah baterai. Lalu bagaimana jika ada kerusakan pada baterai? Yang jelas hal ini dapat mengakibatkan masalah tertentu seperti HP dicas tapi tidak mengisi. Terlebih saat ini rata-rata smartphone Android menggunakan baterai tanam yang menyatu dengan body ponsel. Jika rusak tidak bisa diganti dengan mudah.

Catatan: Faktor masalah yang membuat sebuah HP dicas tapi tidak mengisi dapat berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Beberapa penyebab diatas adalah kumpulan dari beberapa kasus yang biasanya terjadi saat ponsel mengalami kendala pada sistem charging. Sehingga, cara penanganan untuk memperbaiki masalah tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya. Artinya, setiap ponsel mendapatkan treatment yang berbeda.

Faktor Bug Pada Software

Penyebab terakhir kenapa HP dicas tapi tidak mengisi bisa jadi karena faktor bug yang ada pada software. Hal ini bisa terjadi karena berbagai kemungkinan seperti sistem yang gagal mendeteksi, adanya aplikasi pihak ketiga yang banyak memakan energi, atau bisa juga terjadi karena sistem operasi Android yang sudah usang. Yang jelas, ini adalah penyebab ponsel tidak bisa dicas namun kemungkinannya kecil.

Cara Memperbaiki HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Atau HP Tidak Bisa Dicas

Apapun penyebab yang melatarbelakangi rusaknya ponsel, maka kamu harus tetap memperbaikinya. Terlebih masalah tersebut menyangkut kehidupan ponsel seperti masalah pada fungsi charging yang dapat membuat baterai ponsel tidak bisa terisi. Jika kamu adalah salah satu orang yang mengalami masalah ini, jangan panik terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasinya.

Lakukan Restart atau Matikan Pada HP

Hal pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi HP dicas tapi tidak mengisi adalah dengan melakukan restart. Cara ini bertujuan untuk mengembalikan segala aktivitas yang telah dilakukan smartphone Android agar kembali seperti semula. Atau bisa juga kamu mematikan ponsel sejenak ketika dicas agar semua aktivitas terhenti.

Kenapa hal ini bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah charging? Jadi begini, semua ponsel pintar dapat berfungsi untuk multi-tasking atau bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Yang artinya semakin banyak pekerjaan dilakukan, maka beban pada CPU ponsel jadi makin berat. Nah, dalam kondisi seperti ini konsumsi daya baterai juga menjadi semakin banyak.

Ganti Adaptor Charger Yang Baru

Jika masalah yang membuat HP dicas tapi tidak mengisi adalah kerusakan yang ada pada IC charger, maka sebaiknya kamu beli adaptor charger yang baru. Karena mengganti IC charger akan lebih rumit dan memakan biaya tidak sedikit. Lebih baik kamu beli charger ponsel yang baru namun tetap yang original. Meski harganya jauh lebih mahal, namun percayalah bahwa kualitas dan sistem keamanannya terjamin.

Pakai Kabel Charger Yang Lain

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kabel charger yang bermasalah juga dapat menyebabkan HP dicas tapi tidak mengisi. Kabel charger yang rusak memang susah untuk dideteksi apalagi jika kondisi fisiknya masih terlihat sangat baik. Namun cobalah untuk menggantinya dengan kabel charger lain yang memiliki spesifikasi sama. Semakin baik kualitas kabel charger maka akan semakin baik untuk digunakan.

Bersihkan Port USB Pada Kabel Dan HP

Selanjutnya kamu dapat melakukan pembersihan pada post USB yang ada pada ujung kabel (male) dan juga socket USB yang ada pada ponsel (female). Masalah kabel charger yang rusak hingga membuat HP di as tapi tidak mengisi juga bisa disebabkan oleh port USB yang kotor. Bisa karena debu atau partikel lain yang masuk. Dalam membersihkannya, kamu juga harus hati-hati. Sebaiknya bersihkan pakai alat seperti kuas halus atau cairan yang khusus untuk membersihkan barang elektronik.

Baca Juga:

Pastikan Sumber Listrik Berfungsi

Sumber listrik yang tidak berfungsi terkadang juga bisa membuat HP dicas tapi tidak mengisi. Bisa karena stop kontak atau terminal listrik yang rusak atau ada sambungan kabel yang putus. Nah disini kamu harus memastikan bahwa semua unsur tersebut berfungsi dengan baik. Pastikan arus listrik masih mengalir secara normal. Karena tanpa adanya listrik, maka charger ponsel juga tidak akan bisa berfungsi.

Ganti Baterai Dengan Yang Baru

Cara ini bisa kamu terapkan ketika penyebabnya ada pada baterai smartphone yang sudah rusak. Lalu bagaimana jika ponsel memakai teknologi baterai tanam? Nah disinilah letak kerumitannya, kamu harus punya kemampuan dan pengalaman membongkar HP. Jika ragu, sebaiknya bawa saja ke tukang servis terdekat untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada baterai atau tidak. Jika memang sudah tidak bisa dipakai, kamu bisa sekaligus minta minta bantuan untuk menggantinya.

Lakukan Reset ke Setelan Pabrik Bila Perlu

Langkah yang terakhir untuk mengatasi HP dicas tapi tidak mengisi bisa kamu lakukan jika memang benar-benar ada bug pada software. Terkadang sistem software yang mengalami masalah akan sangat diatasi secara manual. Maka dari itu, salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan factory reset atau melakukan reset ke setelan pabrik. Cara ini mungkin bisa mengembalikan seluruh sistem yang mengalami crash selama masa pemakaian. Biasanya setelah dilakukan factory reset, maka software ponsel jadi lebih fresh.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi HP dicas tapi tidak mengisi. Masalah seperti ini bisa kamu atasi dengan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu seperti yang sudah dibahas diatas. Karena pada dasarnya, proses perbaikan dapat dilakukan jika sudah mengetahui akar masalahnya. Jika sudah tahu penyebabnya, kamu dapat menerapkan beberapa cara diatas untuk mengatasi HP kamu yang tidak bisa dicas. Jika masih tidak bisa, sebaiknya dibawa ke tukang servis terdekat ya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan