Halaman Login Wifi ID Tidak Muncul? Ini Cara Mengatasinya

Internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat baik itu untuk smartphone ataupun laptop. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan koneksi internet mulai dari penggunaan data seluler, daftar wifi berbayar, datang ke hotspot area atau bisa juga menggunakan layanan Wifi ID. Saat ini, Wifi ID merupakan salah satu alternatif layanan yang paling banyak digunakan oleh pengguna laptop atau smartphone untuk memperoleh koneksi internet tanpa batas.

Dengan menggunakan layanan Wifi ID, pengguna bisa bebas melakukan berbagai aktivitas selancar atau download karena tidak dibatasi oleh besaran kuota. Hal inilah yang membuat banyak pengguna ponsel atau laptop ketagihan dengan layanan ini. Cara penggunaannya yang sangat mudah yaitu hanya dengan memasukkan username dan kata sandi yang tersedia di halaman login Wifi ID, membuat pengguna sudah bisa menyusuri dunia sepuasnya.

Mengatasi Halaman Login Wifi ID Tidak Muncul

Namun sayang, kemudahan akses ini terkadang tidak dibarengi dengan lancarnya akses menuju halaman login Wifi ID itu sendiri. Terkadang, halaman login Wifi ID tidak muncul pada browser sehingga pengguna tidak bisa login. Masalah ini muncul pada beberapa pengguna baik itu yang memakai laptop maupun smartphone. Halaman login atau biasa disebut welcome page pada Wifi ID yang tidak muncul terkadang sulit diatasi.

Mengenal Layanan Internet Wifi ID

Apa itu layanan Wifi ID? Adalah layanan akses broadband untuk menikmati internet berbasis hotspot area yang diselenggarakan oleh salah satu anak perusahaan BUMN milik pemerintah dibidang telekomunikasi yaitu Telkom. Layanan Wifi ID sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 oleh perusahaan bernama Wifi Indonesia yang juga bagian dari perusahaan BUMN Telkom.

Dengan menggunakan teknologi Wireless Fidelity (WIFI) terbaru dengan spesifikasi EEE 802.11 yang merupakan perangkat paling banyak digunakan untuk smartphone, tablet, laptop, komputer dan lain-lain membuat Wifi ID mudah dihubungkan dengan gadget. Selain itu, Wifi ID juga diklaim sebagai salah satu layanan internet supercepat dengan kecepatan yang tinggi hingga mencapai 100Mbps.

Cara Pakai Layanan Wifi ID Untuk Internetan

Untuk memakai layanan Wifi ID itu sendiri, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Layanan Wifi ID ini dapat kamu gunakan sesuai dengan isi kantongmu. Kok bisa? Karena layanan Wifi ID sendiri menggunakan sistem voucher sekali pakai untuk setiap penggunanya. Jadi kamu hanya perlu beli voucher gesek yang berisi username serta pasword yang bisa digunakan untuk mengakses Wifi.

Kamu dapat membeli voucher Wifi ID dikantor Telkom terdekat atau di beberapa gerai yang sudah ditunjuk oleh Telkom. Kamu juga membelinya via marketplace seperti Tokopedia, JD.ID atau Lazada. Jika tidak mau repot, kamu juga bisa membeli voucher Wifi ID via pulsa seluler. Harga voucher-nya bervariasi mulai dari 5.000 untuk 6 jam pemakaian, 20.000 untuk 7 hari pemakaian dan 50.000 untuk pemakaian dalam 30 hari.

Penyebab Halaman Login Wifi ID Tidak Muncul

Sebenarnya penyebab kenapa halaman login Wifi ID tidak muncul masih jadi perdebatan. Karena pada setiap kasus yang dialami oleh pengguna berbeda-beda penyebabnya. Ada yang berpendapat bahwa tidak munculnya landing page Wifi ID disebabkan oleh browser yang tidak otomatis terbuka, pengaturan wifi pada perangkat yang salah, perlu menggunakan browser tertentu dan lain sebagainya. Meski entah apapun itu penyebabnya, pada dasarnya masalah ini bisa diatasi dengan mudah seperti berikut ini.

Cara Masuk ke Halaman Login atau Welcome Page Wifi ID Tanpa Setting

Buat kamu yang sedang berada di hotspot area Wifi ID untuk menikmati layanan ini, jika mengalami masalah ini tidak usah langsung panik. Kamu bisa mengatasi halaman login Wifi ID tidak muncul tanpa harus setting sana-sini atau harus download aplikasi ini itu. Kamu hanya perlu mengikuti dua langkah dibawah ini sebagai alternatif cara untuk membuka welcome page Wifi ID yang tidak mau muncul secara otomatis. Simak tutorialnya berikut ini.

Baca Juga:

Masuk Dengan Tautan Welcome Page Wifi ID

Karena merupakan sebuah landing page, maka halaman login Wifi ID memiliki root domain yang bisa diakses dalam sebuah link. Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuka halaman login Wifi ID tidak muncul adalah dengan memasukkan link yang mengarah kesana. Link tersebut biasanya digunakan oleh router untuk mengarahkan pengunjung ke halaman login secara otomatis. Link atau tautan yang harus kamu akses cukup panjang. Namun jangan khawatir, dibawah ini sudah penulis sediakan suapaya kamu bisa copy-paste ke address bar browser.

https://welcome2.wifi.id/login/?gw_id=WAG-D4-KBU&wlan=KTKLA00006/wifi_corner_Relokasi:@wifi.id&sessionid=0A00FFFF780279B4-5B484D61&redirect=http://www.msftconnecttest.com/redirect

Cara menggunakan link diatas untuk membuka halaman login Wifi ID tidak muncul adalah dengan melakukan copy-paste ke address bar pada browser kamu entah itu Chrome, Mozilla Firefox, Opera mini dan sebagainya. Kemudian tekan enter maka kamu akan diarahkan ke halaman login. Link atau tautan masuk ke welcome page Wifi ID diatas memang cukup panjang, maka dari itu tidaklah mungkin kamu mengetiknya satu-persatu.

Akses Alamat IP Halaman Login Wifi ID

Cara kedua untuk membuka halaman login Wifi ID tidak muncul adalah dengan mengakses alamat IP atau IP Addres landing page Wifi ID itu sendiri. Berbeda halnya dengan link atau tautan yang terdiri dari banyak karakter berjajar, alamat IP biasanya hanya terdiri dari beberapa digit angka tertentu yang dapat diakses melalui browser ponsel atau laptop. Berikut ini adalah alamat IP welcome page Wifi ID.

10.160.0.1

Sama halnya dengan cara menggunakan tautan untuk membuka halaman login Wifi ID tidak muncul seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu hanya perlu memasukkan alamat IP yang berupa angka-angka diatas ke dalam address bar lalu tekan enter. Ingat, pastikan kamu sudah terhubung ke hotspot Wifi ID terlebih dahulu. Setelah kamu mengakses alamat IP diatas, tunggu beberapa saat maka halaman login Wifi ID alan keluar. Sekarang kamu bisa memasukkan username dan pasword voucher untuk bisa menikmati layanan Wifi ID.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara membuka halaman login Wifi ID tidak muncul. Sebenarnya masalah ini bukan disebabkan oleh jaringan Wifi ID atau hotspot yang eror, namun lebih ke pengaturan browser atau laptop kamu yang belum disesuiakan. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa login dengan username dan pasword utnuk menikmati layanan Wifi ID di laptop atau smartphone milikmu. Selamat mencoba! Semoag berhasil ya!

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan