8 Gejala Harddisk Laptop Rusak Serta Langkah Antisipasinya

Harddisk laptop rusak adalah sebuah masalah yang tingkatannya sudah akut. Masalah pada harddisk akan menimbulkan dampak serius pada kinerja seluruh komponen laptop. Karena pada dasarnya harddisk laptop merupakan tempat penyimpanan utama berbagai macam file dan data termasuk perangkat lunak dan juga sistem operasi. Biasanya harddisk yang rusak akan ditandai dengan adanya bad sector ringan yang lama kelamaan akan semakin parah.

Pada dunia nyata, Harddisk laptop bisa diibaratkan sebagai gudang dimana kita menyimpan banyak file digital seperti foto, gambar, musik, audio, video, dokumen, game dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ketika harddisk laptop rusak, seorang pengga dapat kehilangan berbagi file berharga yang sudah tersimpan dari beberapa waktu yang lampau. Terlebih jika didalam harddisk tersebut terdapat file-file dokumen pekerjaan yang berisi data-data penting. Bisa dipastikan akan membuat pusing kepala.

8 Gejala Harddisk Laptop Rusak Serta Langkah Antisipasinya

 

Harddisk laptop rusak biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal. Yang pertama bisa karena faktor usia harddisk yang sudah tua. Kedua bisa disebabkan oleh penggunaan harddisk yang memang tidak wajar. Ketiga bisa disebabkan oleh arus listrik yang mengalir ke harddisk tidak stabil. Kemudian penyebab yang terakhir adalah laptop yang sering mati secara mendadak. Keempat hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan harddisk laptop yang memang merupakan komponen sensitif jika tidak dirawat secara benar.

Ciri-ciri Harddisk Laptop Rusak Yang Harus Kamu Ketahui

Setiap komponen laptop yang rusak pasti akan menunjukkan sebuah gejala tertentu yang bisa kita jadikan acuan untuk diagnosa. Begitu juga dengan harddisk laptop rusak yang tentu bisa kita kenali ciri-cirinya. Dengan mencari tahu gejalanya, maka akan dengan mudah melakukan pencegahan dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Berikut ini adalah ciri-ciri yang timbul saat harddisk laptopmu mulai bermasalah.

Kinerja Laptop Mulai Lambat

Gejala pertama yang sangat mudah untuk dikenali jika harddisk laptop rusak adalah kinerja laptop yang mulai melambat. Kondisi ini bisa juga kamu gunakan sebagai peringatan dini akan masalah yang muncul pada harddisk laptopmu. Biasanya, gejala ini akan kamu temui ketika sudah mempergunakan laptop untuk beberapa aktivitas seperti membuka software, menyimpan dokumen, membuka file dan sebagainya. Pada saat melakukan hal tersebut, kecepatan kerja laptop kamu akan jauh lebih lambat dari biasanya.

Terdengar Suara Yang Tidak Biasa

Ciri selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai diagnosa awal jika harddisk laptop rusak yaitu terdengar suara yang tidak biasa. Sebagai pengguna yang sering memaki laptop untuk aktivitas, hendaknya kamu curiga jika muncul suara aneh dan bising dari dalam laptop secara tiba-tiba. Suara yang tidak biasa ini bisa saja muncul dari harddisk yang bermasalah. Beberapa bagian dalam harddisk memang melakukan pergerakan saat bekerja seperti platter yang berfungsi menyimpan data hingga spindle yang berfungsi sebagai mesin putar platter.

File Yang Tersimpan Sulit Diakses

Ciri ketiga yang menandakan gejala harddisk laptop rusak yaitu sulitnya akses file yang tersimpan didalamnya. Maksudnya adalah ketika kamu akan mengakses file seperti membuka, menyalin atau memindahkan, maka software explore menjadi tidak merespon. Hal ini disebabkan oleh kinerja baca dan tulis pada harddisk sudah tidak normal. Pada kerusakan harddisk yang lebih parah, biasanya ketika membuka folder saja rasanya sudah sangat berat bahkan tidak bekerja sama sekali.

Ada File Yang Tiba-tiba Hilang

Pernahkah kamu menemui kejadian dimana suatu file tiba-tiba hilang sendiri dari direktori padahal tidak pernah dihapus sebelumnya. Jika pernah, maka kamu harus waspada terhadap harddisk laptopmu. File yang tiba-tiba hilang bisa jadi gejala harddisk laptok rusak secara ringan. Terkadang hal ini juga bisa jadi tanda adanya bad sector pada harddisk. Sebaiknya segera lakukan langkah pencegahan dengan berkonsultasi pada orang yang lebih ahli. Jika dibiarkan, lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Terjadi Blue Screen Pada Laptop

Blue screen of death (BSoD) atau biasa disebut sebagai blue screen merupakan peringatan pada laptop terhadap kerusakan suatu hardware atau software. Meski penyebab blue screen itu sendiri beragam, namun harddisk laptop rusak juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Biasanya blue screen yang disebabkan oleh masalah pada harddisk akan muncul secara tiba-tiba ketika laptop sedang digunakan. Jika sudah muncul blue screen itu tandanya kerusakan harddisk pada laptopmu sudah cukup parah.

Gejala Lain Harddisk Laptop Rusak Yang kadang Bisa Muncul

Gejala harddisk rusak yang sudah disebutkan diatas merupakan ciri-ciri yang umumnya terjadi. Namun dalam beberapa kasus, juga ditemukan ciri-ciri lain yang terkadang bisa saja muncul. Gejala ini juga cukup penting untuk kamu ketahui sebagai salah satu diagnosa pendukung dalam memastikan sebuah harddisk benar-benar bermasalah. Lalu apa saja gejala lain yang muncul pada harddisk laptop yang rusak? Simak penjelasannya berikut ini.

Ada Kode-Kode Aneh

Gejala lain yang pertama sebagai tanda jika harddisk laptop rusak adalah munculnya kode layaknya kode hieroglyph, seperti ares, ceres, hertus, atau ASCII pada saat awal laptop akan melakukan booting. Namun kemunculan kode ini sangat jarang terjadi karena setiap merk laptop memiliki sistem pendeteksi masalah dan juga firmware yang berbeda-beda pula. Kode tersebut hanya akan muncul pada laptop-laptop jenis tertentu.

Muncul Notifikasi Ereor

Selain muncul kode-kode aneh pada awal booting seperti yang sudah dibahas diatas, gejala lain yang juga bisa jadi pertanda bahwa harddisk laptop rusak adalah munculnya notifikasi error. Berbeda halnya dengan kode error, notifikasi error ini biasanya muncul pada saat laptop sedang hidup atau sedang digunakan. Akan muncul peringatan error secara tiba-tiba yang bersumber dari gagal akses file atau force close aplikasi.

Harddisk Sering Overheat Hingga Hang

Ciri lain harddisk laptop rusak yang terakhir ini biasanya lebih sering ditemukan diberbagai jenis serta merk laptop. Harddisk yang mulai bermasalah biasanya akan menunjukkan perubahan suhu secara drastis meski digunakan dalam batas yang wajar. Kondisi ini biasa disebut sebagai overheat dimana suhu harddisk menjadi sangat tinggi. Jika terjadi dalam waktu yang cukup lama, maka overheat pada harddisk dapat menimbulkan laptop menjadi hang, tidak mau merespon lalu kemudian mati sendiri.

Langkah Antisipasi Menghadapi Harddisk Laptop Rusak

Setiap bencana pasti akan menyebabkan banyak kerugian. Sebagaimana “bencana” harddisk laptop rusak, jika kamu tidak segera melakukan langkah antisipasi maka akan banyak kerugian menimpamu. Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa harddisk yang rusak total akan membuat seluruh file didalamnya hilang seketika entah itu audio, video, dokumen, musik, film dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jika kamu sudah menemui gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas, hendaklah segera mengantisipasinya dengan cara berikut ini.

Meminimalisir Penggunaan Laptop

Langkah antisipasi yang pertama ketika harddisk laptop rusak adalah dengan meminimalisir penggunaannya untuk sementara waktu. Pada saat ini kamu tidak boleh hanya berdiam diri namun juga harus melakukan langkah lain untuk menghindari kerugian seperti halnya yang akan dibahas dibawah ini. Meminimalisir penggunaan laptop selagi kamu mencari solusi alternatif dapat membuat harddisk bisa hidup lebih lama sehingga file-file yang ada didalamnya masih mungkin untuk bisa diselamatkan.

Baca Juga:

Melakukan Backup Data Penting

Kemudian kamu juga bisa melakukan langkah antisipasi untuk mengamankan data dengan cara backup. Selagi data file masih bisa diakses, kamu dapat melakukan backup file ke media penyimpanan lain seperti hardisk eksternal, flashdisk atau membackup online ke drive yang tersedia di internet seperti google drive atau dropbox. Namun dalam melakukan backup, sebaiknya lakukan semaksimal mungkin mengingat data-data yang penting harus terselamatkan. Akan lebih baik jika menggunakan backup offline dan online.

Melakukan Servis Pada Harddisk

Setelah melakukan backup file, kamu dapat membawa laptop kamu ke tukang servis agar harddisk yang rusak segera mendapatkan penanganan. Harddisk laptop rusak terkadang masih dapat diperbaiki jika belum parah. Maka dari itu, membawanya ke tukang servis secepat mungkin dapat menambah kesempatan hidupnya jadi lebih lama. Selain itu, tukang servis juga bisa membantumu melakukan backup pada file yang penting.

Migrasi ke Hardisk Yang Baru

Langkah antisipasi terakhir untuk menyelamatkan file penting dari resiko harddisk laptop rusak adalah dengan migrasi ke harddisk yang baru. Maksudnya adalah menyalin seluruh data penting dari harddisk lama yang rusak ke harddisk baru yang masih sehat. Jika tidak dapat melakukannya sendiri, kamu dapat meminta bantuan tukang servis kepercayaanmu. Migrasi ke harddisk baru harus dilakukan ketika gejala kerusakan pada harddisk lama masih belum parah supaya seluruh data dapat dipindahkan.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai gejala-gejala harddisk laptop rusak. Masalah pada harddisk memang terkadang datang secara tiba-tiba. Namun dengan mempelajari ciri-cirinya, maka kamu akan lebih mudah mencari langkah pencegahannya. Selain itu kamu juga bersiap untuk menghadapi kemungkinan terburuk dari rusaknya harddisk dengan melakukan backup data-data penting atau mulai migrasi semua file harddisk yang baru. Dengan begini, tingkat kerugian yang kamu alami dapat diminimalisir.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan