Mengatasi Foto dan Gambar Pecah Saat Upload Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial paling banyak digunakan saat ini. Fitur utama yang menjadi andalan Instagram adalah berbagi foto dan video antar pengguna dengan kualitas HD. Pengguna juga dibekali fitur editing untuk membuat efek serta menyelaraskan warna dan cahaya ketika akan upload foto atau gambar. Meski begitu, banyak pengguna yang mengeluh akibat foto dan gambar pecah saat di uplaod di Instagram. Hal ini memang sering terjadi sehingga membuat foto atau gambar blur.

Dengan hasil upload foto dan gambar pecah di Instagram, banyak pengguna yang merasa kesal padahal fotonya terlihat bagus di galeri ponsel. Akibatnya, foto dan gambar yang di unggah jadi tidak menarik karena kurang tegas. Terlebih bagi mereka yang berjualan online dengan memanfaatkan Instagram sebagai katalog produknya. Namun masalah seperti ini ternyata ada penyebabnya. Kebanyakan pengguna tidak sadar hal-hal apa yang membuat posting mereka tidak sesuai harapan.

Mengatasi Foto dan Gambar Pecah Saat Upload Instagram

Penyebab Foto dan Gambar Pecah Saat Upload di Instagram

Berbicara mengenai foto dan gambar pecah saat upload ke Instagram, memang tidak terlepas dari berbagai masalah pengaturan baik pada foto maupun pada saat uplaod itu sendiri. Selama ini para pengguna Instagram hanya asal mengunggah gambar saja tanpa mempertimbangkan berbagai hal yang bisa membuat foto menjadi lebih menarik. Masalah foto yang di upload di Instagram hasilnya pecah ternyata disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

Kualitas Foto Yang Rendah

Penyebab foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram yang pertama adalah kualitas foto yang rendah. Biasanya ini terjadi ketika pengguna menggunakan kamera ponsel dengan setelan rendah. Akibatnya hasil jepretan kamera menjadi tidak maksimal. Termasuk cahaya dan ketajaman warna menjadi kurang begitu terlihat. Begitu pula jika menggunakan kamera digital, setelan rendah akan berpengaruh pada hasil foto yang tidak optimal.

Ukuran Foto Yang Tidak Tepat

Selain kualitas foto, ternyata ukuran juga menyebabkan foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram. Ukuran foto memang bervariatif tergantung pada resolusi kamera yang digunakan. Begitu juga dengan gambar tertentu yang memiliki ukuran tergantung pada pembuatnya. Semakin kecil ukuran gambar maka semakin buruk kualitasnya saat di upload. Begitu juga sebaliknya, terkadang jika terlalu besar akan membuat foto terkompres sehingga hasilnya blur.

Sinyal Internet Yang Lambat

Penyebab foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram yang ketiga adalah sinyal internet. Terkadang sinyal internet yang lambat dan tidak stabil akan membuat proses pengiriman data dari ponsel ke server terhambat sehingga hasilnya tidak maksimal. Selain itu, sinyal internet lambat juga membuat proses loading gambar pasca upload menjadi terhambat sehingga foto nampak blur.

Cara Mengatasi Foto atau Gambar Blur Saat di Upload di Instagram

Meski banyak sekali faktor yang dapat membuat foto atau gambar yang di unggah di Instagtam menjadi blur, kamu tetap bisa mengatasinya dengan cara-cara tertentu. Jika kamu bisa mengunggah file visual sesuai standar, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram.

Gunakan Setelan Kamera Berkualitas Tinggi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram adalah dengan mengunakan setelan kamera berkualitas tinggi. Silahkan buka kamera ponselmu kemudian masuk ke setelan. Kemudian ubah setelan kualitas gambar menjadi Tinggi. Dengan setelan ini, kamera ponsel akan bekerja secara maksimal dalam mengambil gambar sehingga kamu bisa mendapatkan foto yang lebih berkualitas.

Begitu pula dengan gambar atau foto lain misalkan banner atau poster. Untuk menghindari foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram, maka sebaiknya buat desain dengan kualitas tinggi baik dari segi teks maupun gambar pendukung. Usahakan tidak ada satupun komposisi didalam gambar yang buram.

Ubah Resolusi Foto Sesuai Standar Instagram

Resolusi yang pas akan menghasilkan kualitas visual yang tajam tentunya. Sebelum membahas resolusi foto atau gambar terbaik untuk Instagram, kamu perlu tahu dulu bahwa saat ini Instagram memiliki tiga format layout yaitu square, potrait dan lanscape. Berbeda dengan dulunya yang hanya bisa format square. Lalu berapa resolusi yang tepat agar terhindar dari masalah foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram?

Pertama kita mulai dari layout dengan format square atau kotak. Biasanya layout square memiliki skala perbandingan atau aspec ratio yakni 1:1 (satu berbanding satu). Ukuran resolusi terbaik yang bisa kamu gunakan dalam format square adalah 1080 x 1080 pixel.

Kedua adalah layout potrait atau tegak berdiri. Untuk layout potrait ini skala atau aspect ratio yang digunakan adalah 4:5 (empat berbanding lima). Sedangkan resolusi terbaik yang disarankan pada layout potriat adalah 1080 x 1350 pixel.

Ketiga adalah layout terakhir yakni lanscape atau tidur menyamping. Aspect ratio atau skala perbandingan foto dan gambar yang digunakan pada Instagram adalah 1,91:1 (satu koma sembilan puluh satu berbanding satu). Kemudian untuk ukuran resolusi pada layout lanscape ini adalah 1080 x 608 pixel.

Baca Juga:

Pakai Aplikasi Foto Editor Untuk Hasil Yang Lebih Baik

Setelah kamu memahami cara mengatur kualitas dan resolusi gambar yang disarankan, sekarang kamu harus tahu bagaimana cara untuk mendapatkan resolusi tersebut. Nah untuk mengubah foto dan gambar sesuai dengan resolusi yang sesuai untuk Instagram, kamu bisa menggunakan aplikasi foto editor.

Jika pakai laptop atau komputer, kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop. Untuk ponsel Android, kamu bisa pakai beberapa aplikasi gratisan seperti Adobe Photoshop Mobile, PicSay, PicsArt dan sebagainya. Dengan pengaturan resolusi yang sesuai seperti ini kamu dapat terhindar dari resiko foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram.

Ubah Pengaturan Unggahan Instagram

Tidak hanya melakukan pengaturan pada file foto atau gambar yang akan di unggah saja, namun untuk menghindari foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram, kamu juga harus mengubah pengaturan kualitas unggahan di Instagram. Caranya adalah buka dulu aplikasi Instagram-nya, kemudian masuklah ke pengaturan. Cari menu Kualitas Unggahan, lalu atur ke mode normal. Pengaturan ini akan membuat foto dan gambar yang di upload sesuai dengan aslinya tanpa ada kompresi.

Pastikan Sinyal Internet Lancar

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah memastikan sinyal internet kamu lancar. Karena pada dasarnya foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram bisa disebabkan oleh sinyal internet yang lambat. Dengan kualitas jaringan internet yang lebih baik, maka proses upload data dari ponsel ke server Instagram akan lebih lancar.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan juga cara mengatasi foto dan gambar pecah saat di upload di Instagram. Tips ini bisa kamu terapkan dalam posting foto atau gambar di Instagram supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi jika kamu ingin menjadi selebgram ataupun berjualan yang notabene memerlukan hasil posting gambar yang jelas dan tegas supaya dapat menarik lebih banyak follower. Semoga artikel ini bermanfaat.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan