Penyebab & Cara Mengatasi Error Number B200 Printer Canon

Printer adalah salah satu aksesoris pendukung komputer yang kini banyak dimiliki orang. Mereka membeli printer karena berbagai macam keperluan seperti percetakan baik dirumah maupun komersil. Salah satu merk printer yang paling populer di Indonesia adalah Canon. Pabrikan asal jepang ini memiliki berbagai tipe printer seperti ip2770, ix6560, G1000, MP280, MP258, MP287 dan sebagainya. Meski dianggap canggih, namun printer Canon juga bisa bermasalah seperti “Error Number B200“.

Jika sudah bermasalah, maka pengguna tidak dapat melakukan pencetakan dokumen apapun karena printer tidak mau bekerja sama sekali. Printer canon yang mengalami masalah Error Number B200 biasanya ditandai dengan lampu indikator orange yang berkedip atau blinking sebanyak 10 kali bergantian dengan lampu hijau. Bahkan ketika baru dihidupkan saja, lampu indikatornya langsung berkedip yang menandakan printer sedang dalam masalah. Selain itu, juga akan muncul notifikasi di layar sebagai berikut ini.

Printer has occured. Turn the printer off and unplug the power cord of the printer from the power supply. Then contact the service center.

Kurang lebih arti dari pesan yang muncul pada layar laptop atau komputer kamu adalah seperti ini “printer mengalami masalah tiba-tiba. Matikan printer dan cabut kabel yang terhubung ke power supply. Lalu hubungi tukang servis”. Jika sudah begini, kamu harus segera mematikan printermu kemudian menghentikan aliran listrik dengan mencabut kabel yang terhubung ke colokan listrik. Disini kamu disarankan menghubungi tukang servis. Namun tidak ada salahnya mencoba memperbaikinya sendiri.

Penyebab & Cara Mengatasi Error Number B200 Printer Canon

Penyebab Printer Canon Mengalami Error Number B200

Ketika sebuah alat elektronik rusak, pasti ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Begitu juga dengan printer canon yang mengalami Error Number B200 sehingga tidak bisa berfungsi. Yang pasti, masalah ini terjadi karena ada salah satu komponen yang rusak dari printer itu sendiri. Maka dari itu, harus ada pengecekan satu-persatu untuk mengetahui bagian mana yang rusak. Kebanyakan masalah ini terjadi karena adanya kerusakan pada komponen printer seperti berikut ini.

Adaptor Printer Canon Rusak

Penyebab Error Number B200 yang pertama adalah adanya kerusakan pada adaptor printer. Printer canon memiliki sebuah adaptor yang berada dibagian bawa printer. Fungsi dari adaptor ini untuk melakukan konversi dari listrik AC menjadi DC. Fungsinya sama seperti charger laptop dan ponsel yang mengubah tegangan arus listrik tinggi menjadi lebih kecil sesuai dengan kebutuhan. Jika adaptor rusak, maka arus yang dihasilkan jadi tidak stabil atau tidak sesuai.

Resistor 301 Yang Putus

Selanjutnya ada komponen yang sangat kecil yaitu Resistor 301 yang putus sehingga membuat printer memunculkan notifikasi Error Number B200. Letak dari resistor 301 ini sendiri ada pada mainboard printer canon. Untuk menggantinya lumayan susah jika kamu tidak terbiasa karena membutuhkan blower. Selain itu, komponen yang satu ini ukurannya juga sangat kecil sehingga membutuhkan ketelitian dan kejelian ketika menggantinya.

Mainboard Printer Yang Rusak

Tidak hanya laptop atau komputer saja lho yang punya mainboard. Ternyata printer canon juga punya meski bentuk dan susunanya jauh berbeda. Namun fungsinya hampir sama dengan mainboard pada umumnya yaitu sebagai otak dimana seluruh hardware dikontrol agar bisa bekerja sesuai dengan fungsinya masing masing. Ketika mainboard printer ini rusak, maka akan langsung menyebabkan Error Number B200 yang membuat printer menjadi tidak bisa bekerja dengan baik.

Cartridge Printer Bermasalah

Cartridge adalah salah satu komponen printer yang berfungsi sebagai tempat menampung tinta sekaligus sebagai penyemprot tinta. Cartridge biasanya terdapat pada printer jenis inkjet. Didalam printer canon jenis inkjet ini terdapat dua buah cartridge yaitu hitam dan berwarna. Letaknya ada dibagian dalam dan akan terlihat jika penutup printer dibuka. Cartridge yang rusak bagian konektornya akan membuat printer Error Number B200.

Rumah Cartridge Mengalami Kerusakan

Selain cartridge, ternyata rumahnya juga dapat menimbulkan Error Number B200 pada printer canon jika rusak. Didalam rumah catridge terdapat sebuah konektor berjari untuk menghubungkan cartridge ke mainboard dimana otak printer itu sendiri berada. Jika konektor pada rumah cartridge rusak, maka akan cartridge tidak akan bisa menerima perintah dari processor sehingga printer tidak bisa bekerja. Malahan akan muncul notifikasi error.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Error Number B200 Printer Canon

Sebelum membaca cara mengatasi Error Number B200 pada printer Canon, pastikan kamu sudah membaca apa saja penyebabnya seperti yang sudah dibahas diatas. Karena kunci dari keberhasilan mengatasi kerusakan printer ini adalah pada fase diagnosa. Kamu harus mengetahui bagian mana yang rusak apakah itu adaptor, mainboard, catridge dan sebagainya. Baru kemudian mengganti atau memperbaikinya.

Lalu bagaimana cara mengetahui komponen printer Canon yang rusak dengan notifikasi Error Number B200? Hanya ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan cek komponen yaitu dengan memeriksanya satu persatu sesuai dengan urutan. Awali dengan cek adaptor, kemudian cartridge, dan yang terakhir adalah mainboard. Jika salah satu dari komponen tersebut tidak berfungsi, berarti harus diganti atau diperbaiki. Namun penulis sarankan untuk menggantinya agar lebih tahan lama.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki Error Number B200 pada printer canon jika kamu sudah menemukan bagian komponen printer mana yang bermasalah.

  1. Adaptor printer: Silahkan ganti adaptor yang sesuai dengan tipe printer kamu. Samakan juga daya output-nya sesuai dengan yang tertera pada body adaptor.
  2. Resistor 301: Ganti resistor 301 yang sudah putus dengan yang baru. Komponen ini sangat kecil, harus menggunakan alat blower. Jika kesulitan, bisa ganti mainboard secara keseluruhan.
  3. Mainboard printer: Ganti mainboard printer canon dengan yang baru. Ada dua jenis mainboard yakni ukuran besar dan kecil. Sebaiknya ganti dengan yang ukuran besar karena itu sudah standarnya.
  4. Cartridge: Silahkan ganti cartridge lama dengan yang baru. Jenis cartridge ada dua, berwarna dan hitam. Jika yang rusak cartridge yang berwarna silahkan beli yang berwarna, begitu juga sebaliknya.
  5. Rumah cartridge: jika yang rusak adalah rumah cartridge, maka harus diganti dengan yang baru. Pastikan sesuai dengan tipe printer kamu.
Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi Error Number B200 pada printer Canon. Bebapa langkah diatas memang sulit dilakukan jika kamu masih awam. Jika kamu hanya mencoba-coba memperbaikinya, maka penulis tidak bertanggunh jawab atas segala resiko yang terjadi. Jika kamu tidak yakin untuk memperbaikinya sendiri, penulis sarankan untuk membawanya ke tukang servis terdekat supaya tidak terjadi kerusakan lebih parah dan masalah cepat selesai.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan