Astaga! Begini 8 Dampak Buruk Memakai Charger Laptop KW

Charger adalah salah satu aksesoris pendukung pada laptop yang berfungsi sebagai pengubah daya listrik AC menjadi DC untuk menyuplai daya pada baterai. Meski menjadi bagian penting dari sebuah laptop, ternyata charger juga mudah rusak. Beberapa pengguna laptop yang mengalami kerusakan pada charger, lebih memilih membeli charger yang tidak original. Padahal ini adalah pilihan yang salah. Ada banyak dampak buruk memakai charger laptop KW yang harus mereka ketahui.

Di pasaran sendiri, charger laptop memang banyak dijual mulai dari yang original hingga yang palsu. Sebagai pengguna, kamu harus bisa membedakan antara charger laptop asli dan palsu supaya tidak tertipu. Namun sebagian besar penjual aksesoris laptop memang sengaja memberi tahu konsumen terlebih dahulu bagaimana kualitas charger tersebut. Apakah asli atau memang KW. Ketika membeli charger yang bukan ori, maka kamu harus siap menanggung dampak buruk memakai charger laptop KW seperti ini.

8 Dampak Buruk Memakai Charger Laptop KW

Berbicara mengenai dampak buruk memakai charger laptop KW, memang tidak bisa terlepas dari kesadaran para pengguna laptop yang tidak mau membeli charger original. Kebanyakan dari mereka memilih membeli charger KW karena dianggap harganya jauh lebih murah. Bahkan bisa lebih murah sebesar 2 kali lipat dari harga charger original. Inilah faktor kenapa banyak pengguna laptop yang terlena oleh berbagai macam produk charger palsu yang ada di pasaran.

Inilah 8 Dampak Buruk Memakai Charger Laptop KW Atau Palsu

Bagi para pengguna laptop awan yang mengalami kerusakan pada charger beranggapan bahwa mengganti charger dengan yang KW sama aja. Padahal ini adalah anggapan yang salah. Justru mereka akan menerima konsekuensi dimana ada banyak dampak buruk menggunakan charger laptop tidak original yang harus diterima. Jika kamu menjadi salah satu pengguna yang masih belum peduli terhadap berbagai kemungkinan yang bisa terjadi akibat memakai charger tidak ori, maka bacalah penjelasan berikut ini.

Charger Sering Bermasalah

Dampak buruk memakai charger laptop KW yang pertama adalah kamu akan sering menemukan masalah. Pada dasarnya charger yang tidak original dibuat bukan berdasarkan standar pabrikan dalam proses produksi. Namun berpedoman pada biaya produksi yang lebih murah. Akibatnya beberapa komponen menjadi tidak terukur atau tidak presisi. Hal inilah yang sering menyebabkan masalah pada charger KW seperti arus yang sering putus-putus sendiri dan juga adaptor menjadi cepat panas.

Arus Output Yang Tidak Stabil

Kemudian dampak buruk memakai charger laptop KW yang kedua adalah arus output yang dikeluarkan tidak stabil. Penyebabnya adalah tidak maksimalnya fungsi dari transformer, filter choke, dan juga power inductor karena memakai yang murahan. Harga asli komponen ini sekitar 2 hingga 7 Dollar Amerika. Maka dari itu, dengan harga jual charger KW yang cuma 90 hingga 150 ribuan, tidaklah mungkin memakai komponen yang berkualitas. Terlebih harga komponennya saja sama dengan harga jualnya.

Konsleting Pada Socket Charger

Penggunaan charger yang tidak original dapat menimbulkan konsleting pada socket charger yang ada pada laptop. Penulis sendiri sudah pernah mengalami masalah ini. Akibatnya, laptop tidak dapat di cas dan harus dibongkar untuk memperbaiki kerusakan pada socket charger. Ini adalah dampak buruk memakai charger laptop KW yang perlu dipertimbangkan. Menurut tukang servis laptop, pada kasus yang parah, socket charger yang mengalami konsleting tidak dapat di perbaiki. Artinya laptopmu normal namun tidak bisa mengisi daya.

Kerusakan Pada Main Board

Selain konsleting pada socket charger seperti yang sudah dijelaskan diatas, akibat lain dari memakai charger laptop KW pada hardware yang lain adalah kerusakan pada mainboard. Ini merupakan sebuah kerusakan yang sangat fatal pada laptop. Ibarat sebuah rumah, mainboard merupakan sebuah pondasi. Bisakah kamu bayangkan seberapa parah kerusakan jika pondasi sebuah rumah hancur? Nah, untuk mengganti mainboard sendiri, kamu harus menyiapkan uang 1,5 juta hingga 2 jutaan.

Baterai Jadi Cepat Rusak

Masih berkutat seputar hardware, dampak buruk memakai charger laptop KW berikutnya bisa terjadi pada baterai. Baterai yang rusak karena penggunaan charger laptop yang tidak original biasanya disebabkan oleh output listrik yang tidak stabil serta konversi arus AC yang tidak maksimal oleh adaptor charger. Sama halnya dengan harga hardware lain, untuk mengganti sebuah baterai laptop yang rusak maka kamu harus mengeluarkan uang sebesar 700 ribu hingga 900 ribuan.

Baca juga:

Charger Dapat Mengalami Kebakaran

Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika membeli charger KW adalah keamanan. Seperti yang kita ketahui bahwa dari segi keamanan, adaptor charger laptop yang bukan original mudah mengalami panas. Selain itu komponen yang digunakan juga belum memenuhi kriteria standar produksi, maka salah satu dampak buruk memakai charger laptop KW yang mungkin bisa kamu alami adalah ledakan atau kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Usia Charger Lebih Pendek

Tidak hanya buruk dari segi keamanan, dampak buruk memakai charger laptop KW adalah usia charger yang lebih pendek. Penulis sendiri juga sudah mengalami masalah ini. Charger laptop yang tidak original ternyata cepat rusak padahal masa penggunaannya baru beberapa bulan saja setelah dibeli. Tidak ada garansi toko ataupun pabrik, maka dari itu penulis terpaksa membeli charger laptop baru yang original karena sudah kapok beli charger laptop KW.

Menimbulkan Kerugian Materi

Ini adalah poin kelanjutan dari penjelasan diatas. Akibat dari usia charger yang pendek, maka mau tidak mau kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli charger. Dari segi nilai ekonomi, penulis sangat tidak menyarankan karena dapat menyebabkan kerugian materi. Ini adalah dampak buruk memakai charger laptop KW yang terakhir namun perlu dipertimbangkan. Kamu pilih mana? Beli charger KW namun pemakaiannya beberapa bulan lalu harus beli lagi atau beli charger original yang harganya dua kali lipat tapi tahan hingga beberapa tahun?

Penutup

Itulah beberapa penjelasan tentang dampak buruk memakai charger laptop KW yang harus kamu ketahui. Bagaimana? Apakah kamu masih punya keinginan untuk tetap memakai atau membeli charger laptop yang bukan original? Sebaiknya jangan. Jika saat ini kamu sedang mengalami kerusakan pada charger laptop, maka belilah yang original. Selain awet tentu memiliki keamanan dan kualitas yang lebih terjamin daripada charger laptop KW.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan