Waspada! Ini 7 Ciri Windows Error Pada Laptop dan Komputer

Saat ini Windows menjadi salah satu sistem operasi dengan tingkat popularitas yang tinggi. Windows sendiri memiliki banyak versi mulai dari Windows XP, Windows 7, Windows 8 hingga Windows 10. Hampir setiap pengguna laptop memakai Windows pada PC mereka. Ini memang hal yang wajar mengingat sistem operasi buatan raksasa teknologi, yakni Microsoft, memiliki user interface yang sangat memudahkan serta dianggap cukup canggih. Meski begitu, tetap saja masalah bisa terjadi yang bisa dikenali dari ciri Windows Error pada Laptop atau komputer.

Ketika Windows bermasalah, biasanya pengguna akan merasa tidak nyaman karena laptop atau komputer mereka menjadi tidak bisa digunakan. Mengenali ciri-ciri Windows Error serta memperbaikinya bisa dibilang susah-susah gampang karena bergantung pada masalah dan juga penyebabnya. Semakin tinggi tingkat masalah yang dialami maka akan semakin sulit untuk diperbaiki. Salah satu solusi paling akhir untuk bisa mengatasi Windows yang bermasalah adalah install ulang.

Ciri Windows Error Pada Laptop dan Komputer

Ciri-ciri Windows Error atau Bermasalah Yang Harus Kamu Ketahui

Sebuah sistem operasi yang bermasalah akan mudah dikenali melalui tanda-tanda dan perubahan yang terjadi dengan tidak wajar. Beberapa pengguna mungkin tahu akan kondisi ini, namun sebagian besar dari mereka masih belum bisa menyadari kerusakan yang mulai terjadi pada Windows. Maka dari itu, berikut ini akan kita bahas ciri-ciri Windows Error atau bermasalah yang biasanya terjadi pada laptop atau komputer. Apa saja? Silahkan kamu simak penjelasannya berikut ini.

Kinerja Mulai Menjadi Lambat

Ciri-ciri Windows error yang pertama adalah kinerja laptop dan komputer yang menjadi lambat. Ini adalah salah satu ciri paling mudah untuk dikenali karena kebanyakan pengguna dapat merasakannya. Kinerja Windows yang mulai lambat akan terlihat ketika pengguna membuka sebuah aplikasi dan menjalankannya. Beberapa fungsi pada aplikasi berjalan sangat lambat bahkan proses loading menjadi lebih lama. Namun terkadang, lambatnya kinerja juga dipengaruhi oleh beratnya aplikasi yang dijalankan.

Sering Macet Saat Digunakan

Jika laptop atau komputer kamu saat ini sering macet saat digunakan, bisa jadi itu sebuah ciri Windows error yang belum kamu sadari. Kondisi ini akan sangat terasa ketika kamu menjalankan aplikasi. Tidak hanya aplikasi berat, bahkan aplikasi yang ringan juga akan menjadi macet ketika Windows sedang bermasalah. Jika sudah macet, biasanya prosesnya akan sangat lama. Bahkan ketika ditunggu pun kondisinya tidak kunjung menjadi normal.

Beberapa Aplikasi Tidak Dapat Dibuka

Ciri-ciri Windows error selanjutnya adalah adanya aplikasi yang tidak dapat dibuka. Ketika windows mengalami masalah, biasanya beberapa file sistem internal tidak dapat berjalan secara normal lagi sehingga membuat beberapa aplikasi yang akan kamu jalankan menjadi tidak dapat dibuka. Jika tingkat kerusakannya sangat parah, maka Windows tidak bisa menjalankan seluruh aplikasi yang terpasang pada laptop atau komputer.

Sering “Explorer Has Stopped Working”

Hal umum yang terjadi dan juga jadi ciri Windows error adalah sering mengalami masalah saat membuka Explorer dengan notifikasi “Explorer Has Stopped Working“. Artinya file explorer yang kamu buka akan langsung berhenti berjalan. Ketika masalah ini terjadi, maka pengguna tidak akan bisa mengakses seluruh file entah itu foto, video, musik, gambar, dokumen dan lain sebagainya yang ada didalam laptop atau komputer. File explorer yang tidak bisa bekerja dipengaruhi oleh masalah pada Windows.

Sering Melakukan Restart Sendiri

Selanjutnya, kamu bisa mengenali ciri-ciri Windows error dari intensitas Restart pada laptop atau komputer tersebut. Proses restart itu adalah hal yang normal apabila dalam kondisi tertentu seperti saat update sistem, update driver, install aplikasi baru dan lain-lain. Umumnya proses restart akibat masalah Windows terjadi tanpa ada perintah dari pengguna. Dalam artian, laptop atau komputer tersebut melakukan restart sendiri tanpa kita tahu apa sebabnya. Jika intensitasnya sangat sering berarti ada yang tidak beres dengan Windows.

Baca Juga:

Proses Booting Menjadi Sangat Lama

Buat kamu yang belum tahu apa itu proses booting, adalah proses dimana Windows menjalankan berbagai file sistem ketika laptop atau komputer akan dihidupkan hingga memasuki start screen. Pada kondisi normal, proses ini berlangsung selama 30-50 detik saja. Namun jika prosesnya sudah sangat lama bahkan beberapa menit, hal tersebut patut dicurigai karena itu adalah salah satu ciri Windows error. Kesalahan dalam booting akan terjadi saat Windows bermasalah sehingga prosesnya jadi lebih lama.

Munculnya Blue Screen Pada Layar

Ciri-ciri terakhir yang bisa membuat kamu semakin yakin akan adanya masalah pada Windows adalah munculnya blue screen of death atau disingkat blue screen pada tampilan layar. Artinya, tampilan layar pada laptop atau komputer kamu akan tiba-tiba menjadi berwarna biru secara keseluruhan disertai notifikasi error tertentu. Blue screen biasanya terjadi secara mendadak tanpa pernah kamu duga. Selain jadi ciri Windows error atau bermasalah, blue screen juga bisa jadi tanda adanya kerusakan pada salah satu hardware.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri Windows Error pada laptop dan komputer yang bisa kamu jadikan sebagai tolak ukur apakah kamu saat ini mengalaminya atau tidak. Mengetahui tanda-tanda kerusakan pada Windows itu sangat penting supaya kamu bisa mencegah berbagai kemungkinan kerusakan secara non-fisik. Paling tidak kamu akan lebih mudah untuk melakukan langkah pencegahan supaya masalah kerusakan tersebut tidak semakin parah.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan