Ini 10 Penyebab Chat WhatsApp Pending Padahal Sinyal Bagus

WA yang merupakan singkatan dari WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer didunia saat ini. Aplikasi yang diluncurkan pada 2009 ini banyak digunakan oleh pengguna ponsel Android dan iPhone karena memudahkan komunikasi. Tak hanya mengirim pesan teks, WA juga bisa digunakan untuk video call dan juga telepon tanpa pulsa melainkan memakai sinyal internet sehingga lebih murah. Meski begitu, terkadang jaringan internet jadi penyebab chat WhatsApp pending atau lemot.

Selain murahnya biaya komunikasi, salah satu alasan kenapa banyak orang memilih menggunakan WA adalah karena ringan sehingga mudah dioperasikan pada versi Android atau iPhone berapapun. Tampilan antar muka aplikasi berlogo hijau ini juga cukup sederhana yang membuat orang awam mudah menggunakannya. Karena pertumbuhan pengguna yang pesat, membuat pengembang membuat versi WhatsApp Business untuk keperluan komersil seperti toko online atau pelayanan jasa komersil.

Ini 10 Penyebab Chat WhatsApp Pending Padahal Sinyal Bagus

Saat ini, pengembang WA terus melakukan penyempurnaan yang membuat pengguna harus selalu melakukan pembaruan. Jika tidak dilakukan update, maka aplikasi berlogo gagang telepon ini tidak bisa digunakan. Meski begitu, tidak sedikit pengguna yang masih mengeluhkan masalah salah satunya adalah chat WhatsApp pending padahal sinyal bagus sehingga tidak kunjung terkirim. Biasanya masalah pending ini ditandai dengan ikon jam yang cukup lama pada pesan yang dikirim.

Kenapa Pesan atau Chat WhatsApp Pending Padahal Sinyal Bagus?

Masalah chat WhatsApp pending meski sinyal bagus seperti ini memang banyak dialami oleh pengguna. Artinya kamu tidak sendirian, ada orang lain yang merasakan hal yang sama. Selain sangat membuat komunikasi jadi terganggu, kondisi ini juga bisa menyebabkan salah paham karena pesan yang tertunda. Disisi lain, WA sudah menjadi salah satu aplikasi komunikasi utama bagi banyak pengguna. Lalu apa saja penyebabnya? Simak penjelasan berikut ini.

Kuota Internet Habis

Penyebab chat WhatsApp pending yang pertama busa jadi kuota internet kamu sudah habis. Jangankan chat WA, aplikasi apa saja yang membutuhkan internet jika paket data habis akan tidak bisa digunakan sama sekali. Terkadang masalah ini tidak disadari oleh pengguna karena tidak memeriksa status paket data internetnya. Jika sudah begini, satu-satunya cara adalah dengan membeli paket data atau mencari sambungan internet melalui Wifi.

Paket Data Belum Dihidupkan

Terkadang pengguna lupa menghidupkan paket data seluler setelah mematikannya sehingga seluruh aplikasi komunikasi tidak berfungsi. Kondisi ini juga bisa jadi penyebab chat WhatsApp pending dan tidak terkirim meski sinyal bagus. Sebuah pengaturan yang ada pada ponsel sangat berpengaruh pada layanan seluler. Jadi cobalah untuk melakukan cek apakah setelan paket data pada ponsel sudah hidup atau belum.

Kecepatan Internet Tidak Stabil

Jangankan jaringan internet, yang namanya sinyal internet juga pasti bisa mengalami masalah tidak stabil. Kondisi ini sangat berpengaruh pada kecepatan internet yang menjadi sangat lambat. Malahan terkadang membuat internet menjadi putus-putus ketika digunakan. Hasilnya sudah pasti cukup menyebabkan chat WhatsApp pending meski kelihatannya sinyal ponsel bagus. Biasanya masalah ini disebabkan oleh penyedia operator seluler yang memang tidak bagus.

Jaringan Internet Sedang Bermasalah

Selain masalah kecepatan internet, ternyata chat WhatsApp pending juga bisa disebabkan oleh jaringan internet yang bermasalah. Jaringan yang bermasalah kadang sulit deteksi namun bisa diketahui ciri-cirinya antara lain sinyal hilang, koneksi internet kerap putus, status jaringan internet berubah dan sebagainya. Biasanya, masalah jaringan internet seperti ini terjadi ketika cuaca sedang buruk atau ada perbaikan terhadap menara pemancar miliki operator. Solusinya silahkan tunggu beberapa saat kemudian.

Sedang Mengirim/Upload File

Ketika kamu upload file secara bersamaan dengan mengirim pesan teks, maka akan membuat chat WhatsApp pending untuk sementara waktu karena jaringan internet sibuk. Apalagi jika file yang di upload atau dikirim tersebut ukurannya cukup besar seperti foto HD atau video. Tak hanya pada chat, bisa juga aktivitas upload file tersebut pada status WA itu sendiri. Jadi pastikan kamu tidak mengirim chat ketika sedang update status atau mengirim file pada orang lain.

Download File Dalam Waktu Bersamaan

Selain upload, download yang sedang kamu lakukan juga berpengaruh dalam menyebabkan chat WhatsApp pending padahal sinyalnya bagus. Karena pada saat download, kecepatan internet pada ponselmu akan secara otomatis fokus kesana. Jadi chat WA yang kamu kirim harus menunggu giliran mendapat sinyal internet. Namun jika kecepatan internet sangat tinggi seharusnya tidak berdampak pada pengiriman pesan yang tertunda meskipun sambil download file secara berbarengan.

Masalah Cache Aplikasi WhatsApp

Setiap aplikasi Android pasti memiliki file cache yang berfungsi mencatat segala aktivitas aplikasi selama bekerja. Cache ini bersifat sementara. Terkadang file cache juga dapat membuat masalah pada aplikasi seperti chat WhatsApp pending. Salah satu solusi agar file cache ini tidak menimbulkan masalah adalah dengan rajin membersihkannya. Disisi lain, menghapus cache juga bisa membuat memori internal menjadi sedikit lebih lega.

Versi WhatsApp Mod

Apakah kamu saat ini pengguna WhatsApp mod atau modifikasi. Ini adalah aplikasi ilegal yang sudah tidak diperbolehkan oleh pihak developer. Penggunaan aplikasi ilegal ini sering menimbulkan masalah seperti akun diblokir, tidak bisa diakses dan juga chat WhatsApp pending. Meski WhatsApp mod memiliki banyak keunikan, namun yang jelas aplikasi ilegal akan selalu membuat pengguna tidak nyaman. Jadi, gunakanlah hanya aplikasi WhatsApp resmi.

Baca Juga:

Aplikasi Belum Diperbarui ke Versi Baru

Salah satu masalah yang sering membuat chat WhatsApp pending adalah versi aplikasi itu sendiri yang sudah usang. Biasanya ini disebabkan oleh pengguna yang malas melakukan update atau pembaruan. Pembaruan bersifat sangat penting karena berpengaruh dalam penyempurnaan kinerja aplikasi. Terlebih ketika sudah kadaluarsa, maka WhatsApp benar-benar tidak bisa dipakai lagi. Jadi, rajinlah updae aplikasi WA di ponselmu.

Server Pusat Sedang Down

Terkahir, penyebab chat WhatsApp pending padahal sinyal bagus adalah server down. Server adalah pusat dimana segala informasi dan data pengguna WA bertukar. Jika server ini sedang mengalami down, maka segala aktivitas yang ada pada WhatsApp akan tidak bisa berfungsi entah itu mengirim chat, menelpon, video call atau membuat status. Ketika server down, maka pengguna WA diseluruh dunia akan merasakan dampaknya. Solusinya? Ya tunggu saja hingga server kembali normal.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab chat WhatsApp pending padahal sinyal sedang bagus yang membuat pesan tidak terkirim dan telepon tidak berdering. Penulis tahu buat kamu yang pakai WhatsApp sebagai aplikasi komunikasi utama pasti akan merasa sangat tidak nyaman. Dengan mengetahui berbagai macam faktor penyebab diatas, paling tidak kamu akan tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan