Ini Penyebab dan Cara Memperbaiki Charger HP Lama Mengisi

Mengisi daya baterai ponsel yang habis adalah salah satu kebutuhan wajib yang tidak bisa ditunda. Namun terkadang dalam melakukan charging banyak pengguna yang mengalami kendala. Salah satunya adalah masalah charger HP lama mengisi. Lamanya waktu yang dibutuhkan ponsel untuk mengisi daya baterai hingga penuh yakni lebih dari 3 jam bisa jadi ada hal yang tidak normal. Karena pada umumnya dalam rentang waktu 1-2 jam, baterai HP sudah penuh. Terlebih teknologi charging saat ini semakin canggih.

Jika kamu merasa charger HP lama mengisi hingga berjam-jam, maka sebaiknya segera kamu lakukan pemeriksaan terhadap berbagai macam komponen seperti adaptor, kabel data, port USB dan juga baterai ponsel itu sendiri. Hal ini dilakukan guna memastikan apakah ada kerusakan atau tidak. Pasalnya, waktu normal untuk baterai HP penuh saat diisi daya memakan waktu 1-2 jam saja. Lamanya pengisian daya akan membuat kamu kehilangan banyak waktu.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Charger HP Lama Mengisi

Penyebab Kenapa Baterai Ponsel Lama Terisi Penuh

Berbicara mengenai baterai ponsel yang lama terisi penuh, tidak bisa kita lepaskan dari berbagai macam faktor penyebab yang melatarbelakanginya. Apabila benar ada masalah dalam sistem charging, maka harus segera dibenahi karena sangat membuat tidak nyaman. Karena semakin cepat pengisian daya maka akan semakin menghemat waktu. Berikut ini adalah beberapa penyebab charger HP lama mengisi yang perlu kamu ketahui.

1. IC Adaptor Mulai Rusak

Penyebab pertama charger HP lama mengisi adalah adanya kerusakan pada IC adaptor. Ini adalah sebuah komponen yang memiliki tugas melakukan kontrol terhadap konversi arus dari AC menjadi DC sehingga bisa diterima ponsel. Kerusakan pada IC adaptor akan berpengaruh pada waktu charging menjadi sangat lama bahkan tidak mau mengisi sama sekali. Kerusakan ini bisa terjadi akibat penggunaan charger yang berlebihan atau charger tidak pernah dicabut dari sumber listrik saat tidak dipakai.

2. Tidak Ada Fitur Fast Charging

Penyebab charger HP lama mengisi yang kedua adalah masalah teknologi. Mungkin saja ponsel milikmu saat ini tidak memiliki fitur fast charging sehingga proses pengisian daya menjadi terasa sangat lama. Beberapa ponsel model lama memang belum memiliki fitur fast charging karena belum ditemukan pada saat itu. Fitur fast charging ini sangat bergantung beberapa komponen pendukung seperti adaptor dan juga kabel data.

3. Port USB Yang Bermasalah

Masalah lain pada komponen selain adaptor charger adalah masalah pada port USB. Kondisi port USB yang tersumbat banyak kotoran juga bisa mempengaruhi lama waktu pengisian daya. Selain itu masalah lain seperti rusaknya salah satu bagian interface juga akan membuat charger HP lama mengisi. Hal ini bisa terjadi akibat aliran listrik tidak bisa mengalir dengan lancar. Artinya ada hambatan tertentu pada aliran listrik yang membuat baterai lama terisi.

4. Kinerja Kabel Data Yang Menurun

Komponen selanjutnya yang juga bisa menimbulkan masalah charger HP lama mengisi adalah kabel data. Kinerja kabel data sangat berpengaruh pada kecepatan aliran listrik. Bahkan adaptor charger yang mendukung fast charging sekalipun apabila dikombinasikan dengan kabel data biasa akan menjadi tidak berfungsi. Jadi apabila lama waktu baterai penuh tidak wajar, mungkin ada kerusakan atau kinerja kabel data yang menurun.

5. Kerusakan Pada Baterai Ponsel

Penyebab charger HP lama mengisi yang terakhir ada pada baterai. Ada kemungkinan baterai HP kamu sudah mulai rusak atau kinerjanya sudah menurun sehingga membuat kemampuan dalam menyimpan daya tidak lagi normal. Namun untuk mengetahui masalah ini perlu dilakukan cek lebih lanjut. Jadi apabila belum melakukan pengecekan, jangan mudah menyimpulkan bahwa baterai ponsel sudah rusak.

Cara Mengatasi Charger HP Lama Mengisi

Setelah membahas berbagai macam penyebab baterai ponsel lama penuh, tidak lengkap rasanya jika tidak mengulas solusinya. Terkadang masalah ini terjadi karena hal-hal kecil yang mungkin saja bisa kita perbaiki sendiri. Buat kamu yang saat ini mengalami masalah pada proses pengisian daya, cobalah untuk melakukan beberapa tips mengatasi charger HP lama mengisi seperti berikut ini.

1. Ganti Adaptor Charger HP Yang Lain

Apabila lama waktu pengisian daya tidak wajar bahkan hingga berjam-jam namun tak kunjung penuh, sebaiknya cobalah untuk mengganti adaptor charger HP lain. Kamu bisa meminjam kepada teman atau saudara terdekat. Apabila dengan adaptor lain lama waktu pengisian daya jadi normal, berarti masalah charger HP lama mengisi ada pada adaptornya. Jadi kamu bisa beli adaptor charger baru yang output dan input-nya sesuai dengan spesifikasi adaptor lama.

Baca Juga:

2. Gunakan Kabel Data Yang Lain

Tips kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi charger HP lama mengisi adalah dengan mengganti kabel data. Karena penyebab masalah ini selain ada pada adaptor juga ada apa kabel data. Maka dari itu cobalah mengganti kabel data dengan yang lain. Apabila tidak punya kabel data cadangan, kamu bisa meminjam kepada orang terdekatmu. Apabila dengan kabel data lain waktu pengisian daya jadi normal, silahkan beli kabel data baru yang lebih baik.

3. Bersihkan Port USB

Kotoran dan debu bisa jadi salah satu penyebab kenapa charger HP lama mengisi. Maka dari itu harus rajin dibersihkan supaya aliran listrik tetap berjalan lancar. Solusi dari masalah ini adalah dengan membersihkan kedua port USB yakni pada ponsel dan pada ujung charger. Membersihkannya juga tidak boleh asal-asalan karena komponen ini cukup sensitif terhadap kerusakan. Kamu bisa lakukan cara seperti berikut ini:

  1. Siapkan caira pembersih khusus elektronik yang banyak dijual di toko eletronik.
  2. Semprotkan cairan pembersih khusus tersebut sedikit demi sedikit ke kedua port USB.
  3. Gosok secara perlahan dengan kuas halus seperti kuas lukis, kuas make up atau sikat gigi halus dibagian dalamnya.
  4. Lap dengan tisu kering secara perlahan dan merata hingga cairan dan kotoran terangkat.

4. Cek Kesehatan Baterai ke Service Center

Tips terakhir untuk mengatasi charger HP lama mengisi adalah dengan cek kesehatan baterai. Silahkan bawa ponsel kamu dan sampaikan keluhan yang kamu alami kepada teknisi. Mintalah juga untuk dicek kesehatan baterainya. Apabila kinerjanya sudah mulai memburuk kamu bisa meminta teknisi untuk menggantinya dengan yang baru. Kebanyakan ponsel sekarang memakai baterai tanam sehingga kita tidak bisa melakukan cek dan penggantian sendiri karena sangat beresiko.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki charger HP lama mengisi. Masalah seperti ini memang bisa dialami oleh siapa saja. Selain membuang waktu, lamanya proses charging juga membuat produktivitas kamu jadi menurun. Terlebih di tengah kecanggihan teknologi fast charging membuat masalah ini nampak membuat tidak nyaman. Maka dari itu, apabila kamu merasa mengalami masalah ini segeralah cari penyebab dan solusinya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan