Cara Cetak Struk Pembayaran Kasir Dari HP Android

Salah satu alasan kenapa banyak pelaku UKM menggunakan aplikasi POS di HP Android selain untuk mencatat penjualan yaitu agar bisa cetak struk pembayaran. Seperti yang kita ketahui, struk kasir yang didapatkan konsumen setiap melakukan transaksi berfungsi sebagai alat bukti pembayaran yang sah. Artinya jika sewaktu-waktu barang yang dibeli bermasalah, maka konsumen memiliki bukti pembelian untuk bisa menukarkan barang ketempat dimana ia membelinya.

Cara Cetak Struk Pembayaran Kasir Dari HP Android

Saat ini ada banyak sekali UKM mulai dari toko kelontong, warung sembako, toko baju, toko jilbab, minimarket dan lain sebagainya yang memakai aplikasi POS kasir berbasis Android. Maka dari itu, mereka harus bisa melakukan cetak struk pembayaran saat itu juga melalui ponsel. Sebenarnya ini bukanlah sesuatu yang mustahil mengingat ponsel yang digunakan memiliki predikat smartphone. Seharusnya dapat dengan mudah melakukan fungsi yang seperti ini.

Alat Yang Diperlukan Untuk Cetak Struk Pembayaran Kasir Dari HP Android

HP Android memang bisa digunakan sebagai mesin kasir dengan bantuan aplikasi dan juga perangkat keras atau hardware tambahan. Dengan peralatan yang lengkap, apapun bisa kita lakukan dengan sangat mudah. Sama halnya jika kamu ingin cetak struk pembayaran kasir dari HP Android, maka kamu harus mempersiapkan beberapa alat yang dibutuhkan seperti dibawah ini.

Aplikasi POS Kasir

Alat untuk mencetak struk pembayaran kasir di HP Android yang pertama adalah aplikasi pihak ketiga yang akan membantumu mengolah data yang akan di cetak. Ada banyak sekali aplikasinya tersedia di Play Store yang bisa kamu pilih. Namun pilihlah salah satu aplikasi POS kasir terbaik untuk android yang bisa cetak struk pembayaran.

Printer Thermal

Alat yang kedua adalah printer thermal. Ini adalah perangkat keras utama dimana struk pembayaranmu akan dicetak. Ada dua jenis printer thermal yang kompatibel dengan HP Android. Pertama, ada printer thermal yang bisa terhubung dengan ponsel melalui bluetooth dan yang kedua dapat dihubungkan dengan kabel USB OTG. Sebaiknya kamu pilih printer thermal yang bisa terhubung dengan bluetooth maupun USB OTG.

Kertas Thermal

Tahukah kamu bahwa kertas yang digunakan pada printer thermal untuk cetak struk pembayaran jenisnya ada sendiri. Namanya adalah kertas thermal. Kertas jenis ini bisa kamu dapatkan di kios peralatan kantor atau toko buku. Kertas ini didesain khusus supaya bisa bekerja dengan cara dipanaskan oleh printer sehingga muncul tulisan. Jadi tidak pakai tinta sama sekali ya.

USB OTG Yang Sesuai

Terakhir, sediakan USB OTG yang sesuai dengan tipe socket pada HP Android milikmu. Pastikan ponselmu juga sudah mendukung piranti OTG agar bisa terhubung dengan printer. Jika belum punya, kamu bisa membelinya di konter atau toko peralatan komputer terdekat. Harga USB OTG cukup terjangkau mulai dari 10 ribuan hingga 50 ribuan.

Itulah beberapa alat yang perlu kamu siapkan agar bisa cetak struk pembayaran melalui HP Android secara real time. Semua peralatan tersebut bisa kamu dapatkan di toko offline atau online. Budget yang dibutuhkan untuk membelinya berkisar antara 500 ribu hingga 700 ribuan saja. Cukup murah bukan!

Cara Cetak Struk Pembayaran Kasir Dari HP Android Dengan Printer Thermal

Setelah berbagai peralatan untuk cetak struk pembayaran diatas sudah dipersiapkan. Saatnya kini kamu memulai melakukan langkah-langkah untuk cetak struk pembayaran dari HP Android dengan printer thermal. Simak baik-baik caranya berikut ini ya.

Cetak Melalui Koneksi Bluetooth

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan cetak struk pembayaran kasir melalui HP Android adalah dengan menghubungkan printer dan ponsel melalui bluetooth. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk printer thermal yang memiliki fasilitas koneksi bluetooth. Karena ada beberapa printer thermal yang memang hanya menyediakan hubungan melalui USB.

Hubungkan Printer Thermal Dengan HP Android

Hidupkan printer kemudian tekan tombol untuk mengaktifkan bluetooth. Setelah itu masuk ke settingan bluetooth HP Android milikmu lalu hubungkan printer yang sudah terdeta\eksi di bluetooth. Lalu masukkan PIN. Biasanya PIN default adalah “1234” tanpa tanda petik. Selamat! Kini printer thermal sudah terhubung dengan ponsel. Siap untuk digunakan.

Cetak Struk Pembayaran Melalui Aplikasi

Setelah printer terhubung dengan HP Android, kini saatnya memulai aplikasi POS yang sudah kamu download untuk melakukan transaksi. Setelah selesai transaksi biasanya ada pilihan untuk mencetak struk atau receipt. Klik saja, maka struk pambayaran kasir akan tercetak melalui printer thermal.

Cetak Melalui Sambungan USB OTG

Cara yang kedua adalah melalui sambungan USB OTG. Artinya agar bisa mencetak struk pembayaran dari HP Android, kamu harus menghubungkan ponsel dan printer melalui kabel. Cara ini harus dilakukan untuk printer yang tidak memiliki fitur bluetooth sebagai koneksi. Menghubungkan printer thermal ke HP Android dengan USB OTG memang agak ribet, oleh karena itu, kamu harus telaten dan sedikit sabar ya.

Baca Juga:

Hubungkan Printer Thermal Via Kabel OTG

Untuk bisa cetak struk pembayaran kasir dari HP Android melalui printer thermal via kabel USB OTG, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungkan kabel USB pada printer ke konektor OTG yang sudah kamu siapkan tadi. Lalu hidupkan printernya. Jika tidak terdeteksi, lakukan langkah selanjutnya berikut ini.

Download Aplikasi Percetakan

Agar printer thermal bisa terdeteksi pada HP Andorid, kamu harus memakai bantuan aplikasi percetakan pihak ke tiga seperti PrinterShare. Kamu bisa download aplikasi ini di Play Store. PrinterShare berfungsi sebagai perantara penghubung antara printer dan ponsel. Di aplikasi ini pula kamu bisa atur ukuran kertas dan pengaturan lainnya.

Download Driver Printer Dari PrinterShare

Setelah aplikasi PrinterShare terpasang, kamu akan diarahkan langsung untuk melalukan download driver sesuai dengan tipe printer thermal yang akan kamu gunakan. Proses instalasi driver ini membutuhkan waktu cukup lama tergantung dari jenis printernya. Driver sendiri berfungsi sebagai alat untuk memerintahkan printer dalam mencetak struk pembayaran dari HP Android.

Cetak Struk Pembayaran

Jika instalasi driver sudah selesai, berarti kini saatnya kamu mulai menggunakan printer thermal untuk cetak struk pembayaran kasir secara real time dari HP Android. Cukup lakukan transaksi seperti biasa. Usai transaksi, akan muncul pilihan untuk cetak struk atau receipt. Klik saja, maka printer akan langsung mencetak struk pembayaran.

Penutup

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk cetak struk pembayaran kasir melalui HP Android. Dengan menggunakan struk pembayaran sebagai alat bukti transaksi yang sah, usahamu akan mendapat kepercayaan lebih dari para konsumen. Berkat kemajuan teknologi, kita dapat memikiki sistem kasir penjualan dengan peralatan yang sangat sederhana. Selamat mencoba! Semoga berhasil ya!

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan