Inilah 6 Software Untuk Cek Semua Tombol Keyboard Laptop

Keybaord adalah salah satu bagian laptop yang sering diberi perhatian lebih. Hal ini lantaran harga spare part keyboard laptop harganya cukup mahal. Berbeda halnya dengan keyboard pada komputer yang dijual sangat murah di pasaran mulai 50 ribuan saja. Mada dari itu, tidak heran jika alat input huruf dan angka pada keyboard ini selalu dirawat dengan baik. Berbicara mengenai keyboard rusak, ternyata ada beberapa software untuk cek semua tombol keyboard laptop masih normal atau tidak.

Mengetahui cara cek semua tombol keyboard laptop masih berfungsi atau tidak akan sangat berguna ketika kamu dalam beberapa situasi seperti mencari tahu kerusakan pada laptop pribadi atau sekedar melakukan test terhadap laptop yang akan dibeli. Keyboard sendiri memang menjadi salah satu hardware penting pada laptop sebagai alat untuk melakukan input huruf, angka dan simbol tertentu. Tanpa adanya keyboard, maka segala macam aktivitas pada laptop seperti mengetik atau editing akan susah untuk dikerjakan.

Inilah 6 Software Untuk Cek Semua Tombol Keyboard Laptop

Melakukan cek semua tombol keyboard laptop dengan software tertentu juga bisa kamu terapkan untuk laptop pribadi secara berkala. Bisa sebulan sekali atau dua bulan sekali guna memastikan bahwa semuanya masih berfungsi dengan normal. Seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan seperti adanya kerusakan, maka kamu dapat segera melakukan langkah antisipasi agar kerusakan tidak semakin parah. Semakin dini kerusakan di deteksi, maka akan semakin cepat proses perbaikannya.

Aplikasi Untuk Cek Semua Tombol Keyboard Laptop Masih Berfungsi Atau Tidak

Buat kamu yang ingin tahu cara cek semua tombol keyboard laptop, kamu bisa melakukannya dengan bantuan software atau aplikasi pihak ketiga. Karena pada dasarnya melakukan pemeriksaan terhadap tombol-tombol keyboard secara manual cukup sulit dan terkadang tidak akurat. Dengan bantun software, kamu akan lebih mudah mencari tahu apakah keyboard laptop tersebut masih normal atau tidak. Berikut ini beberapa software yang bisa kamu gunakan.

Software PassMark KeybordTes

Software yang pertama untuk cek semua tombol keyboard laptop adalah Passmark keyboardTes. Aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi bagi mereka yang suka review hardware laptop atau komputer. Software ini dikembangkan oleh PassMark yang memang sudah terkenal dalam pembuatan perangkat lunak Utility System. PassMark KeyboardTes dapat kamu download di situs resminya yaitu www.passmark.com dengan ukuran yang lumayan kecil yaitu 2 Mb saja.

Cara penggunaan software ini cukup mudah kok. Jika sudah di donwload, install aplikasinya lalu buka. Jika sudah muncul tampilan keyboard, silahkan tekan semua tombol satu per satu. Jika tombol keyboard berfungsi normal maka pada tampilan software akan menunjukkan indikator berwarna hijau. Sedangkan jika ada tombol yang tidak berfungsi, maka software tidak akan memberikan respon apa-apa alias tidak ada indikator yang menyala di tampilan.

Software Keyboard Test Utility

Kedua ada aplikasi Keyboard Test Utility yang dikembangkan oleh Javad Taheri. Fungsinya sama seperti PassMark yaitu untuk cek semua tombol keyboard laptop guna mengetahui masih berfungsi normal atau tidak. Dari segi user interface, memiliki tampilan yang sangat bagus dan mudah dipahami oleh pengguna baru. Terlebih Software ini juga sudah support Windows versi terbaru. Jadi buat kamu yang sudah update Windows tidak perlu khawatir.

Aplikasi ini dapat kamu download di situs softfamous.com secara gratis. Untuk cara pakainya cukup mudah, sama seperti software yang sebelumnya. Pertama silahkan download dulu aplikasinya pada link yang sudah disebutkan tadi. Jika sudah, silahkan lakukan instalasi kemudian buka software-nya. Tekan semua tombol keyboard lalu lihat indikatornya. Tombol yang normal ditandai dengan warna kuning, sedangkan tombol yang rusak tidak akan direspon oleh aplikasi.

AquaKey Test Software

Software untuk cek semua tombol keyboard laptop yang ketiga ini lebih mudah digunakan karena portable. Maksudnya, kamu tidak perlu melakukan install terlebih dahulu namun langsung bisa dibuka setelah di download. Kamu bisa download aplikasi ini dengan mudah di internet. Ketik saja kata kunci “AquaKey Test” tanpa tanda kutip di pencarian Google. Nanti akan muncul berbagai situs penyedia download.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, setelah kamu download, buka saja aplikasinya. Ingat! Tidak perlu install karena aplikasi ini portable. Jika sudah terbuka, silahkan tekan semua tombol yang ada di keyboard lalu lihat indikator pada tampilannya. Jika tombol masih normal, maka indikator menunjukkan warna kuning. Sedangkan jika tombol rusak atau bermasalah, maka software tidak akan merespon.

Cara Mudah Cek Semua Tombol Keyboard Secara Online

Selain menggunakan beberapa software offline yang bisa kamu download dan install di laptop, kamu juga bisa melakukan cek semua tombol keyboard laptop secara online di website tertentu. Karena harus mengakses sebuah situs, maka cara ini hanya bisa digunakan untuk kamu yang memiliki koneksi internet pada laptop. Namun cara ini lebih praktis dan cocok digunakan untuk test keyboard ketika akan membeli laptop second. Berikut ini daftar situs cek keyboard laptop.

Keyboardtester.com

Software untuk cek semua tombol keyboard laptop yang pertama ada di situs www.keyboardtester.com yang bisa kamu akses di browser. Dengan aplikasi online ini, kamu tidak perlu download dan install sebuah aplikasi. Meski memiliki tampilan yang sangat sederhana, namun alat cek berbasis web ini memiliki fungsi yang sangat baik seperti halnya aplikasi sebelum-sebelumnya.

Untuk cara memakainya cukup mudah, hampir mirip layaknya software-software sebelumnya, namun kamu hanya perlu mengunjungi situs yang beralamatkan di www.keyboardtester.com/tester kemudian melakukan cek dengan menekan seluruh tombol keyboard. Jika tombol masih normal, maka akan menunjukkan indikator berwarna hijau. Sedangkan jika tombol rusak, maka tidak akan ada respon sama sekali alias tidak menunjukkan indikator.

Keyboardchecker.com

Selanjutnya ada software untuk cek semua tombol keyboard laptop secara online di situs keyboardchecker.com yang bisa kamu akses dari browser. Meski berbasis web, namun software yang satu ini malah sudah sudah didesain untuk melakukan cek pada keyboard keluaran terbaru. Ini cocok untuk keyboard laptop karena ada fitur hidden bagian numblock yang memang tidak ada pada laptop.

Cara pakainya juga cukup mudah, pertama buka browser, lalu masukkan alamat www.keyboardchecker.com pada address bar lalu tunggu loading sampai selesai. Jika sudah terbuka, silahkan tes keyboard dengan menekan semua tombolnya. Jika tombol normal, indikator menunjukkan warna hijau. Software ini cocok untuk cek keyboard gaming pada laptop Acer Nitro, Asus ROG, Dell Alienware, Lenovo, Legion dan lain-lain.

Onlinemictest.com

Banyak orang yang tidak yakin dengan situs Onlinemictest.com jika dilihat dari namanya yang tidak menggambarkan software untuk cek semua tombol keyboard laptop. Namun jangan keliru, selain bisa cek hardware audio seperti Microphone, Speaker dan Webcam, ternyata situs ini juga memiliki layanan untuk memeriksa fungsi keyboard masih normal atau tidak dengan mengakses halaman tertentu.

Jadi begini cara pakainya. Pertama buka browser lalu akses alamat https://www.onlinemictest.com/keyboard-test/ tunggu hingga proses loading selesai. Jika sudah, test keyboard dengan menekan semua tombol satu-persatu. Warna biru yang muncul pada indikator menunjukkan bahwa tombol masih berfungsi dengan baik.

Manfaat dan Kegunaan Melakukan Cek Semua Tombol Keyboard

Melakukan cek semua tombol keyboard laptop tidak hanya sekedar untuk iseng belaka. Namun dibalik kegiatan sepele ini ternyata memiliki manfaat dan juga kegunaan untuk kamu dalam kondisi-kondisi tertentu seperti yang sudah disebutkan pada pembukaan diatas. Lalu secara lebih detailnya, apa saja sih manfaat dan kegunaan melakukan pemeriksaan terhadap tombol keyboard secara keseluruhan? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga:

Memastikan Keyboard Masih Normal Saat Beli Laptop Second

Melakukan cek semua tombol keyboard laptop akan sangat bermanfaat untuk kamu ketika akan membeli laptop second atau bekas. Karena pada laptop yang sudah lama digunakan, kebanyakan masalah yang terjadi ada pada papan ketik tersebut. Keyboard memang jadi salah satu hardware laptop dengan ketahanan rendah apalagi jika sering dipakai. Untuk test keyboard laptop bekas, paling mudah dengan cara online karen tidak perlu instalasi software.

Mencari Tombol Keyboard Yang Rusak Untuk Diperbaiki

Manfaat kedua melakukan cek semua tombol keyboard laptop adalah bisa digunakan untuk mencari tahu tombol keyboard mana saja yang mengalami kerusakan. Hal ini akan mempermudah proses perbaikan karena kita sudah mengetahui bagian-bagian mana saja yang perlu diperbaiki. Jadi, kamu akan lebih menghemat waktu ketika melakukan servis keyboard karena tidak perlu membongkar semuanya.

Deteksi Dini Terhadap Potensi Kerusakan Pada Keybord

Yang terakhir, melakukan cek semua tombol keyboard laptop jika kamu lakukan secara berkala dalam waktu tertentu, misalkan sebulan sekali atau dua bulan sekali, maka akan berguna dalam deteksi dini saat ada kerusakan pada salah satu tombolnya. Dengan mengetahui kerusakan sedini mungkin, maka kamu dapat segera memperbaikinya baik itu mandiri ataupun ke tukang servis. Yang jelas, ini akan membuatmu terhindar dari kerusakan lebih parah.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa software untuk cek semua tombol keyboard laptop untuk mengetahui apakah masih berfungsi normal atau tidak. Seperti yang sudah dibahas diatas, kamu dapat menggunakan cara ini ketika dalam kondisi tertentu seperti saat akan beli laptop second atau mengetahui kerusakan salah satu tombolnya. Berbagai cara yang disebutkan diatas cukup akurat dan praktis sehingga kamu dapat mencobanya dengan mudah. Selamat mencoba.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan