Ternyata Mudah! Begini Cara Cek Bad Sector Pada Harddisk

Salah satu masalah yang paling sering ditemui pada harddisk adalah bad sector. Kemunculan bad sector pada harddisk menandakan bahwa perangkat keras yang berfungsi menyimpan seluruh data pada laptop atau komputer tersebut mengalami kerusakan. Jika bad sector-nya sudah parah, biasanya akan sulit untuk diperbaiki karena sumber masalahnya ada pada komponen yang sudah cacat. Lalu apakah kita bisa melakukan cek bad sector pada harddisk? Jawabannya adalah tentu saja bisa.

Setiap permasalahan pada hardware laptop atau komputer pasti bisa di cek dan di diagnosa dengan cara-cara tertentu. Begitu pula dengan bad sector. Kamu dapat dengan mudah melakukan cek bad sector pada harddisk dan mencari tahu seberapa parah kerusakannya. Pemeriksaan bad sector biasanya dilakukan untuk beberapa kebutuhan seperti ketika kamu akan membeli harddisk baru, membeli laptop atau komputer baru, dan juga melakukan servis pada harddisk.

Ternyata Mudah! Begini Cara Cek Bad Sector Pada Harddisk

Penjelasan Singkat Apa Itu Bad Sector

Berbicara mengenai cara cek bad sector pada harddisk laptop atau komputer tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mengetahui secara lebih mendalam arti dari bad sector itu sendiri. Bad sector berasal dari bahasa inggris yang terdiri dari dua suku kata, yaitu bad yang artinya buruk dan sector yang artinya bidang. Secara harfiah bad sector bisa diartikan sebagai sebuah bidang penyimpanan didalam harddisk yang sudah buruk.

Jika diartikan secara lebih luas, bad sector adalah kondisi dimana salah satu atau sebagian bidang tertentu pada fisik cakram atau cakram flopi mengalami kerusakan sehingga tidak dapat dipakai lagi untuk menyimpan file. Biasanya, bad sector terjadi karena beberapa sebab seperti usia harddisk yang sudah tua, magnetik piringan harddisk mulai melemah, daya yang tidak stabil, susunan file yang tidak teratur, serta overheat pada laptop atau komputer. Maka dari itu cek bad sector pada harddisk perlu dilakukan secara berkala.

Dampak Buruk Dari Bad Sector Pada Harddisk

Sebuah masalah yang terjadi pada perangkat keras pasti akan membawa dampak buruk yang sifatnya merugikan bagi pengguna. Sama halnya dengan bad sector yang terjadi pada sebuah harddisk yang juga dapat menimbulkan dampak buruk jika dibiarkan terlalu lama. Biasanya masalah seperti ini tidak terdeteksi oleh pengguna karena jarang melakukan cek bad sector pada harddisk. Berikut ini adalah beberapa akibat yang timbul jika harddisk mengalami bad sector.

  1. Kinerja laptop atau komputer akan menjadi sangat lambat meskipun tidak terdapat malware.
  2. Laptop dan komputer tidak bisa melakukan booting secara sempurna sama sekali.
  3. Terkadang, file yang sudah tersimpan didalam harddisk tiba-tiba hilang secara tidak jelas.Jika sudah parah, akan menyebabkan harddisk tidak bisa diakses dan file tidak terselamatkan.
  4. Pengguna akan kehilangan seluruh data pada harddisk jika tidak sempat di backup terlebih dahulu.

Cara Melakukan Cek Bad Sector Pada Harddisk

Setelah membahas pengertian dan juga dampak buruk bad sector, kini saatnya kita membahas inti dari artikel ini yaitu cara melakukan cek bad sector pada harddisk laptop ataupun komputer. Untuk melakukan pemeriksaan terhadap bad sector kamu bisa gunakan beberapa cara baik itu dengan menggunakan software bawaan Windows itu sendiri ataupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Detail selengkapnya dapat kamu baca pada penjelasan berikut ini.

Cek Bad Sector Dengan Command Prompt

Cara pertama untuk melakukan cek bad sector pada harddisk adalah menggunakan perangkat lunak bawaan dari sistem operasi Windows yaitu Command Prompt (cmd.exe). Ini adalah software yang berfungsi untuk command line intepreter yang berguna untuk menjalankan suatu perintah tertentu yang dimasukkan oleh pengguna. Salah satunya adalah perintah untuk memeriksa kesehatan harddisk secara global. Bagaimana caranya?

Langkah yang pertama untuk cek bad sector pada harddisk dengan CMD adalah membuka aplikasinya. Silahkan klik “Start” lalu scroll kebawah untuk klik folder “Windows System“. Disitu akan muncul “Command Prompt” dibagian paling atas, lalu “Klik kanan” kemudian arahkan ke “More” lalu “Run as administrator“. Atau kamu bisa klik “Start” lalu ketikkan “cmd.exe” tanpa tanda kutip. Jika sudah muncul, klik kanan lalu pilih “Run as administrator“. Tunggu sampai aplikasinya terbuka dengan tampilan hitam.

Sekarang waktunya kamu cek bad sector harddisk dengan memasukkan perintah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan harddisk secara global yaitu “chkdsk“. Ketikkan “chkdsk” tanpa tanda kutip pada CMD lalu “tekan Enter“. Tunggu prosesnya sampai selesai ya, lalu lihat pada bagian hasil. Disana akan ada beberapa laporan seperti total disk space, total files, total idexes dan total bad sector tentunya.

Jika total bad sector adalah 0 KB maka bisa dipastikan harddisk baik-baik saja. Namun jika muncul angka dalam jumlah tertentu misalnya 5 MB, 13 MB, 78 MB atau jumlah lainnya, maka dipastikan bahwa ada bad sector namun tingkatannya tidak begitu parah. Rumusnya adalah, semakin tinggi jumlah angka yang muncul maka menandakan tingkat bad sector juga semakin parah.

Cek Bad Sector Dengan Software Harddisk Sentinel

Ini adalah cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk cek bad sector pada harddisk laptop atau komputer. Pada cara ini kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yaitu Harddisk Sentinel. Jika belum terpasang di laptop atau komputermu, silahkan kami download software-nya terlebih dahulu di website resminya yaitu www.hdsentinel.com secara gratis. Jika sudah di download, silahkan langsung install dan buka aplikasinya.

Baca Juga:

Jika sudah terbuka, maka aplikasi ini akan otomatis memeriksa kesehatan harddisk termasuk melakukan cek bad sector pada harddisk. Pada software ini kamu dapat memantau kesehatan harddisk-mu melalui dua buah menu bar yaitu “Overview” yang menunjukkan kondisi performa & kesehatan dan juga “S.M.A.R.T” yang memberi informasi detail kesehatan harddisk. Pada tab “S.M.A.R.T“, jika ditandai dengan warna hijau artinya sehat, jika kuning akan rusak, dan merah artinya sudah rusak parah.

Cek Bad Sector Dengan Aplikasi HD Tune

Sama halnya dengan aplikasi pihak ketiga Harddisk Sentinel, untuk melakukan cek bad sector pada harddisk bisa dilakukan dengan aplikasi lain yaitu HD Tune. Jika di laptop atau komputer kamu belum terpasang aplikasi HD Tune, silahkan download aplikasinya di website resminya yaitu www.hdtune.com kemudian lakukan instalasi. Setelah instalasi selesai, kamu akan disuruh isi kolom Name, Company dan Serial number. Karena sudah tersedia, silahkan buka file serial number.

Setelah instalasi selesai, maka software HD Tune akan mendeteksi harddisk secara otomatis. Sikahkan klik pada tab “error scan” lalu klik lagi tombol “start” di bagian kanan tampilan. Untuk mempercepat proses, kamu bisa centang “Quick Scan“. Tunggu proses scan hingga selesai. Disitu kamu akan disuguhi tampilan kotak-kotak yang jumlahnya banyak. Kota warna hijau menandakan bahwa kondisi harddisk kamu baik-baik saja atau sehat. Namun jika kamu menemukan kotak warna merah, artinya ada bad sector pada harddisk.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan cek bad sector pada harddisk entah itu di laptop atau komputer. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan harddisk secara rutin, maka kamu dapat mengantisipasi akibat buruk dari bad sector seperti yang sudah dibahas diatas sedini mungkin. Selain itu, cara ini juga bisa kamu terapkan ketika membeli harddisk atau laptop baru untuk mengetahui apakah ada masalah pada harddisk atau tidak. Selamat mencoba.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan