Baru Beli HP Android? Ini Caranya Ngecas Yang Benar

Ketika bisa beli HP Android baru rasanya pasti senang sekali. Bagaimana tidak, selain sebagai alat komunikasi utama, kini ponsel juga menjadi sebuah prestis yang dapat dibanggakan. Namun tahukah kamu bahwa HP Android yang baru dibeli memerlukan perawatan yang baik terlebih saat pertama kali dicas. Ngecas HP baru harus dilakukan dengan benar supaya kinerja baterainya bisa optimal kedepannya.

Selama ini beredar banyak mitos dikalangan pecinta ponsel terkait cara memperlakukan HP Android yang baru saja dibeli. Mitos tersebut mencakup banyak aspek mulai dari caranya ngecas hingga perawatannya. Namun salah satu yang paling ramai dibicarakan adalah bagaimana cara kita ngecas ponsel tersebut. Karena bagaimanapun juga, melakukan charging pertama kali pada HP Android baru memang sangat penting.

Cara Ngecas HP Android Yang Baru Dibeli Secara Baik dan Benar

Mengecas HP Android baru dengan cara yang baik dan benar memang sangat penting karena dapat berpengaruh terhadap kinerja baterai kedepannya. Apalagi saat ini hampir semua ponsel menggunakan teknologi baterai tanam yang artinya, baterai tersebut tidak dapat dilepas pasang sesuka hati. Begitu pula ketika rusak, maka untuk mengganti baterai tersebut, ponsel harus dibongkar terlebih dahulu.

Cara Ngecas HP Android Yang Baru Dibeli Secara Baik dan Benar

Siapa sih orang yang tidak ingin baterai ponsel mereka selalu awet dalam waktu lama? Pasti semua orang menginginkannya termasuk kamu. Merawat baterai dapat dimulai ketika HP Android baru dibeli. Jika sejak awal sudah dirawat dengan baik. Maka kinerja baterai akan lebih stabil dalam waktu yang lama. Kamu wajib coba beberapa cara mengisi daya HP Android yang baru dibeli seperti berikut ini.

Habiskan Dulu Baterai Hingga 15%

Saat membeli HP android yang baru, ketika pertama kali dihidupkan biasanya baterai masih terisi pada kisaran 40% hingga 60%. Nah sebaiknya kamu gunakan terlebih dahulu ponselmu untuk berbagai aktivitas entah itu mencoba kamera, mengunduh aplikasi, atau melakukan pengaturan hingga muncul notifikasi baterai lemah ketika tersisa 15%. Pada saat inilah waktu yang tepat digunakan untuk ngecas HP. Mengisi ulang baterai memang paling baik jika dilakukan saat dayanya dikisaran 15% hingga 25%.

Selalu Gunakan Charger Original

Charger original yang menjadi satu paket dalam dus bukan hanya sekedar pelengkap. Kamu sengaja diberi charger bawaan oleh pabrik agar tidak menggunakan charger secara sembarangan. Charger bawaan pabrik tersebut dari sananya sudah disesuaikan dengan kapasitas baterai baik itu ukuran ampere maupun voltase-nya. Menggunakan charger sembarangan untuk ngecas HP Android sangat beresiko, terlebih jika kondisinya masih baru beli.

Matikan HP Android Saat Dicas

Cara lain yang paling baik untuk ngecas HP Android yang baru dibeli adalah dengan mematikannya. Semua komponen ponsel butuh istirahat, termasuk baterainya. Melakukan isi daya dengan cara ini akan membuat elemen baterai menampung energi secara maksimal. Sebaliknya jika dicas sambil dihidupkan, maka baterai harus bekerja dua kali yaitu mengisi dan menyediakan daya untuk ponsel.

Cas HP Android Hingga Penuh

Pada saat pertama kali ngecas, usahakan hingga benar-benar penuh. Ini akan sangat baik untuk kesehatan HP Android yang baru saja dibeli. Mengisi daya hingga penuh dapat meningkatkan mobilitas baterai sebagai fungsinya dalam menyediakan energi untuk ponsel. Tidak hanya saat baru beli saja, usahakan melakukan cara ini secara konsisten dan terus menerus. Artinya, kamu jangan sekali-kali mencabut charger ketika baterai belum penuh.

Baca Juga:

Jangan Cas HP Android Selama Berjam-jam

Mitos yang selama ini banyak berkembang dimasyarakat adalah mengecas baterai HP baru selama 7 hingga 8 jam. Tentu mitos ini tidak benar sama sekali. Hal ini hanya akan membuat HP Android jadi overcharging yang dapat berakibat pada rusaknya baterai. Mengisi daya terlalu lama akan membuat baterai cepat rusah hingga mengakibatkan kebocoran. Sebaiknya lakukan pengecasan sewajarnya. Yaitu ketika sudah muncul notifikasi baterai lemah hingga baterai penuh 100%.

Jangan Ngecas Melalui Power Bank

Cara terakhir untuk ngecas HP Android yang baru dibeli secara baik dan benar adalah dengan menghindari penggunaan alat penambah daya portable atau power bank. Bagaimanapun juga, kita tidak pernah mengetahui apakah daya yang disalurkan oleh power bank tersebut stabil dan cocok kapasitasnya dengan baterai atau tidak. Lebih baik dicas langsung ke saluran listrik dengan memakai charger original bawaan pabrik yang sudah terbukti aman.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai beberapa cara ngecas HP Android yang baru dibeli secara baik dan benar. Bagaimanapun juga, setiap barang yang kita beli harus dijaga dengan baik, termasuk ponsel. Ngecas HP Android tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena bisa merusak baterai. Terlebih, baterai adalah satu-satunya sumber energi bagi ponsel maka kita akan sangat kerepotan ketika kinerjanya sudah mulai buruk. Sebaiknya, lakukan pengisian daya dengan baik dan benar sejak awal agar tetap awet.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan