8 Cara Menyimpan Foto Agar Memori Ponsel Tidak Penuh

Saat ini setiap ponsel sudah dibekali dengan fitur kamera. Kurang lengkap rasanya jika ada sebuah ponsel tanpa adanya fitur kamera. Tidak heran jika saat ini fungsi ponsel sudah bertambah yang semula hanya sebagai alat komunikasi, kini juga berfungsi sebagai kamera. Maka dari itu banyak pengguna yang memanfaatkan fitur ini hingga tidak sadar menyimpan foto dalam jumlah banyak yang memenuhi memori ponsel.

Namun ini adalah hal yang wajar mengingat berfoto kini sudah menjadi budaya bagi sebagian besar orang. Setiap datang ke acara bergengsi, spot yang bagus, atau ke tempat rekreasi foto-foto adalah salah satu kegiatan terpenting yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan ketika melakukan kegiatan sehari-hari seperti olahraga, makan, bekerja dan sebagainya, kegiatan mengambil gambar tidak bisa ditinggalkan.

8 Cara Menyimpan Foto Agar Memori Ponsel Tidak Penuh

Dulu, kualitas kamera ponsel sangat rendah dengan fitur yang sangat biasa. Namun kini, setiap ponsel dibekali kamera kualitas tinggi dengan berbagai macam fitur pengaturan yang canggih sehingga hasilnya sangat baik. Dampaknya, setiap foto yang diambil memiliki kapasitas yang besar hingga puluhan mega bytes. Inilah salah satu alasan kenapa sekarang menyimpan file gambar di ponsel dapat membuat memori jadi penuh. Lalu bagaimana cara menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh?

Gunakan Cara Ini Untuk Menyimpan Foto Agar Memori Ponsel Tidak Penuh

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa kecanggihan kamera pada ponsel sekarang membuat kapasitas setiap foto yang diambil menjadi sangat besar. Jika menyimpan dalam jumlah banyak, maka berkas foto dapat membuat ruang penyimpanan ponsel menjadi penuh. Untuk menyiasati masalah ini, kamu dapat menerapkan beberapa cara untuk menyimpan gambar agar memori ponsel tidak penuh seperti berikut ini. Silahkan disimak hingga tuntas ya.

Hapus Foto Yang Tidak Dikehendaki

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh adalah dengan menghapus foto yang tidak dikehendaki. Biasanya ketika kamu foto-foto pasti tidak hanya sekali namun beberapa kali ambil gambar.

Nah yang dimaksud hapus foto yang tidak dikehendaki adalah gambar yang kamu ambil pada saat foto namun kamu anggap jelek. Sebaiknya segera hapus foto tersebut agar tidak memenuhi ruang.

Simpan Foto Ke Drive Online

Cara kedua untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh adalah dengan “menitipkannya” ke drive online seperti Google Drive, Dropbox, Ushare, Microsoft One Drive dan lain sebagainya.

Menyimpan file gambar dalam penyimpanan online akan memberikan manfaat ganda buatmu. Yaitu dapat mengurangi kapasitas penyimpanan sekaligus sebagai back up ketika memori atau ponselmu rusak.

Pindah Foto Lama Ke Laptop

Cara yang ketiga untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh adalah dengan memindah sebagian besar file lama ke laptop. Laptop menggunakan hardisk sebagai penyimpanan utama sehingga kapasitasnya jauh lebih besar daripada ponsel.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan file gambar lamamu. Cobalah untuk memindahkan file foto dari ponsel ke laptop sesering mungkin agar file foto tidak menumpuk di ponsel.

Siapkan Memori Khusus Untuk Menyimpan Foto

Keempat, kamu bisa menyiapkan memori eksternal khusus untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh. Silahkan manfaatkan fitur slot memori eksternal pada ponsel untuk menyediakan ruang lebih dalam menyimpan file foto.

Kamu bisa menggunakan SD Card dengan kapsitas terbesar yang kompatibel dengan ponselmu. Ubah pengaturan penyimpanan kamera default ke kartu memori eksternal yang sudah kamu sediakan.

Atur Foto Ke Resolusi Rendah

Kelima, kamu dapat mengatur resolusi ke yang lebih rendah sebagai salah satu upaya untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh. Menurunkan resolusi bukan berarti menurunkan kualitasnya. Namun kamu hanya mengubah ukuran pixel-nya menjadi lebih kecil saja.

Pada dasarnya hasil foto kamera ponsel hanya digunakan untuk keperluan sosial media yang tidak memerlukan ukuran pixel yang besar. Kamu tetap mendapatkan hasil yang bagus meski resolusinya lebih kecil.

Kurangi Kualitas Foto

Pada cara keenam untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh adalah dengan mengubah pengaturan foto ke kualitas yang lebih rendah. Cara ini memang sedikit memberi imbas pada kualitas foto yang cenderung sedikit menurun.

Namun dengan cara ini kapasitas file sebuah foto dapat berkurang menjadi lebih kecil. Kamu dapat mempertimbangkan cara ini mengingat memiliki dua sisi menguntungkan dan juga merugikan.

Baca Juga:

Hindari File Duplikat Pada Galeri

Pada cara ketujuh untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh dapat dilakukan dengan menghindari duplikat file. Duplikat file ini biasanya terjadi ketika kamu mengedit foto di aplikasi kemudian menyimpannya. Maka didalam galeri akan terdeteksi dua buah foto yang sama namun berbeda folder.

Nah inilah yang disebut sebagai duplikat file yang dapat memenuhi ruang penyimpanan. Sebaiknya hapus file lama yang belum kamu edit jika file setelah di edit kamu anggap lebih baik.

Kompres Foto Jika Perlu

Terakhir, kamu bisa menyimpan foto dengan mengompresnya terlebih dahulu agar memori ponsel tidak penuh. Sebenarnya cara ini sedikit tidak direkomendasikan karena akan mempengaruhi kualitas dan resolusi dari foto itu sendiri.

Namun cara ini bisa jadi alternatif solusi untuk menghemat ruang penyimpanan. Jika terpaksa harus mengompres foto, sebaiknya gunakan aplikasi kompres yang mumpuni sehingga tidak begitu mempengaruhi hasil

Penutup

Itulah beberapa cara untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh yang bisa kamu lakukan sebagai langkah pencegahan habisnya ruang penyimpanan. Menyimpan file gambar untuk mengabadikan momen itu sah-sah saja.

Namun jangan sampai melupakan kapasitas dari memori ponsel itu sendiri. Menyimpan berkas gambar hingga memori penuh itu sangat tidak baik bagi kinerja ponsel karena dapat membuat beberapa fungsinya tidak bekerja.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan