Memori Internal Smartphone Android Penuh? Ini 8 Cara Mengosongkannya

Memori internal adalah salah satu bagian penting dari smartphone Android yang berfungsi sebagai tempat menyimpan berbagai macam file seperti aplikasi, foto, video, gambar, dan lain-lain. Namun bagaimana jika masalah ruang penyimpanan penuh terjadi pada ponsel milikmu? Tentu hal ini akan mengakibatkan kamu tidak lagi dapat menyimpan berbagai file yang sudah disebutkan diatas.

Masalah ruang penyimpanan penuh bisa dialami oleh siapa saja dan merk HP apa saja entah itu Xiaomi, Oppo, Realme, Samsung, Vivo, Advace, Acer, Asus dan lain-lin tanpa terkecuali. Penuhnya memori internel seperti ini tergantung dari cara pengguna dalam menyimpan file. Semakin banyak data atau berkas yang tersimpan pada memori internal smartphone Android, maka resiko mendapatkan masalah ruang penyimpanan penuh juga semakin besar.

Memori Internal Smartphone Android Penuh? Ini 8 Cara Mengosongkannya

Setiap ponsel yang digunakan, lama kelamaan pasti akan mengalami yang namanya ruang penyimpanan penuh. Ini adalah hal wajar mengingat setiap hari pasti ada file yang masuk ke memori smartphone Android entah itu dari aplikasi, cache, update sistem dan lain sebagainya. Maka dari itu ketika mengalami masalah ini kamu tidak perlu panik.

Ciri-ciri Ruang Penyimpanan Internal Smartphone Android Penuh

Sebagai pengguna smartphone Android, kamu harus selalu waspada terhadap masalah ruang penyimpanan penuh. Tujuannya adalah supaya kamu bisa bersiap-siap untuk mengosongkan memori internal ponsel. Sebelum benar-benar mengalaminya, sebaiknya kamu ketahui terlebih dulu ciri-ciri ruang penyimpanan internal smartphone Android yang penuh sebagai berikut ini.

Muncul Notifikasi Penyimpanan Penuh

Ciri yang pertama adalah munculnya notifikasi diatas layar ponsel yang berbunyi “Ruang penyimpanan hampir habis. Beberapa fungsi sistem mungkin tidak dapat bekerja“. Jika kamu sudah mendapat notifikasi tersebut, berarti kamu harus bergerak cepat untuk segera mengosongkan memori internal pada ponsel. Jika tidak, maka akan ada beberapa sistem yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

Kinerja Ponsel Jadi Lambat

Ciri yang kedua dari ruang penyimpanan smartphone Android penuh adalah kinerja yang menurun. Ponsel yang kamu gunakan tidak lagi secepat sedia kala alias berubah jadi lemot entah itu untuk membuka atau menjalankan aplikasi. Bahkan terkadang aplikasi yang akan kita gunakan malah “forced close” atau tertutup dengan sendirinya dan tidak mau dibuka kembali.

Tidak Bisa Menyimpan Foto atau Video

Ciri yang ketiga ini sangat mudah dikenali. Yaitu kamu tidak lagi bisa menyimpan file apapun termasuk foto dan video dari kamera. Memori internal penuh memang membuat beberapa aplikasi terlebih yang menggunakan fungsi ruang penyimpanan seperti kamera, screenshoot, screen recorder, voice recorder, youtube dan sebagainya.

Aplikasi Tidak Dapat Dibuka

Ciri terakhir dari memori internal smartphone Android yang penuh adalah banyaknya aplikasi yang tidak bisa dibuka. Terkadang meskipun dapat dibuka namun tidak bisa bekerja dengan baik. Malahan ketika sudah dibuka, aplikasi tersebut justru menutup sendiri atau biasa disebut dengan force close. Hal ini terjadi karena aplikasi yang akan dijalankan membutuhkan ruang penyimpanan.

Cara Mengosongkan Memori Internal Smartphone Android Yang Penuh

Ruang penyimpanan penuh adalah masalah yang sering dialami setiap pengguna smartphone Android. Jadi kamu jangan langsung panik jika sudah mengalami atau suatu saat akan mengalaminya. Daripada panik, sebaiknya kamu melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengosongkan memori internal pada ponsel supaya tidak penuh. Simak penjelasannya berikut ini.

Pindah File Foto Ke Laptop

Langkah pertama untuk mengosongkan ruang penyimpanan yang penuh adalah dengan memindah file foto ke laptop. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar penyebab memori smartphone Android penuh adalah file foto.

Ketika kamu mengambil foto, pasti tidak hanya dengan sekali take. Dibutuhkan take berkali-kali untuk dipilih hasil foto yang paling bagus. Disinilah memori penuh bermulai, ketika file foto yang tidak terpilih menumpuk pada ruang penyimpanan.

Hapus File Gambar Yang Tidak Terpakai

Langkah yang kedua untuk mengosongkan ruang penyimpanan penuh adalah dengan menghapus file gambar yang tidak terpakai. Mungkin galeri ponselmu berisi berbagai file foto diluar fotomu sendiri. Seperti gambar screenshoot, gambar dari chat WA, gambar yang didownload dan lain sebagainya. Sebaiknya hapus file gambar tidak terpakai secara berkala.

Bersihkan File Video Yang Sudah Lama

Salah satu file yang memakan ruang penyimpanan paling besar adalah file video entah itu video kamu sendiri atau video hasil download. Satu file video berdurasi 1 menit saja bisa memakan memori puluhan Mb bahkan hingga ratusan Mb jika kualitasnya HD. Maka dari itu, bersihkan file video yang sudah jarang dilihat atau memindahnya agar memori smatrphone Android tidak penuh.

Baca Juga:

Bersihkan Berkas Sampah

Salah satu file yang bisa memenuhi ruang penyimpanan namun terkadang tidak terdeteksi adalah berkas sampah. Berkas sampah bisa berasal dari banyak hal seperti, cache, aplikasi yang sudah dihapus, berkas singgahan dan lain-lain. Untuk mengatasinya, kamu bisa baca artikel cara membersihkan file sampah di HP Android yang sudah dibahas sebelumnya.

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengosongkan memori internal smartphone Android penuh adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi-aplikasi yang tidak perlu. Salah satu tanda bahwa aplikasi tersebut tidak kamu butuhkan ialah jarang bahkan hampir tidak pernah dibuka. Coba cek satu persatu aplikasimu, jika ada silahkan di uninstall agar ruang penyimpanan tidak penuh.

Pindah Aplikasi Ke SD Card

Selain menghapus aplikasi yang tidak perlu, untuk mengosongkan memori internal pada smartphone Android, kamu bisa memindahkannya ke memori eksternal atau SD Card. Meski tidak semua file aplikasi pindah, namun paling tidak sebagian diantaranya tidak lagi memenuhi ruang penyimpanan internal ponsel. Terapkan cara ini kesemua aplikasi yang ada di ponsel.

Bersihkan Cache Aplikasi

Satu dari sekian banyak file yang menyebabkan memori internal pada smartphone Android penuh adalah file cache. File bersifat sementara karena termasuk berkas singgahan yang dibawa oleh sebuah aplikasi. Besarnya juga berbeda-beda tergantung aplikasinya. Namun jika diakumulasi dalam jumlah banyak, maka file cache aplikasi juga bisa menyebabkan ruang penyimpanan penuh pada ponsel.

Hapus File-file Yang Tidak Perlu

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengosongkan memori internal pada smartphone Android adalah dengan menghapus berbagai file yang tidak perlu. Caranya adalah dengan cek satu persatu folder melalui file manager. Jika kamu menemukan file yang memang sudah lama tidak kamu akses atau tidak digunakan, sebaiknya hapus saja. Namun kamu harus hati-hati jangan sampai salah menghapus file sistem dari aplikasi.

Kesimpulan

Masalah ruang penyimpanan penuh pada smartphone Android bisa kita atasi dengan mengosongkan memori internal pada ponsel. Beberapa cara mengosongkan memori internal diatas dapat kamu coba selama sebulan sekali atau dua bulan sekali sebagai salah satu langkah awal pencegahan penuhnya ruang penyimpanan. Kamu juga wajib waspada terhadap ruang penyimpanan penuh dengan mengenali ciri-cirinya terlebih dahulu seperti yang sudah dibahas diatas.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan