Ini 11 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10

Windows adalah sistem operasi untuk laptop dan komputer paling banyak digunakan di dunia. Versi paling terbaru dari perangkat lunak buatan Microsoft ini adalah Windows 10. Daripada versi sebelumnya, Windows 10 dianggap paling canggih karena telang mengalami pengembangan lebih lanjut. Namun sayang, masalah lama yaitu aplikasi not responding masih bisa dirasakan pada Windows 10. Akibatnya mengatasi aplikasi not responding menjadi PR lama yang tak kunjung selesai.

Berbicara mengenai cara mengatasi aplikasi not responding seperti ini, maka tidak bisa terlepas dari berbagai faktor penyebab aplikasi not responding yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya. Sebuah laptop atau komputer yang mengalami not responding maka aplikasi yang dibuka sudah pasti tidak bisa digunakan. Artinya, aplikasi tersebut tidak akan bisa berfungsi secara normal. Masalah seperti ini memang sangat mengganggu pekerjaan yang harusnya sudah rampung malah menjadi tidak kunjung selesai.

Ini 11 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10

Terlebih, laptop atau komputer sudah menjadi bagian dari beberapa pekerjaan termasuk mereka yang masih pelajar atau mahasiswa hingga kebutuhan kantor seperti pegawai dan karyawan. Maka dari itu sebagai pengguna, kamu harus bisa mengatasi aplikasi not responding seperti ini secara mandiri agar berbagai pekerjaan yang akan kamu kerjakan bisa diselesaikan secara maksimal dan juga tepat waktu.

Penyebab Aplikasi Not Responding di Laptop atau Komputer

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sebuah laptop atau komputer mengalami masalah aplikasi not responding. Setiap kasus tentu memiliki penyebab yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, untuk mengatasinya juga memerlukan cara yang berbeda. Maka dari itu, kamu harus mencari tahu apa penyebabnya terlebih dulu. Mungkin beberapa yang disebutkan dibawah ini adalah satu diantaranya.

  1. Aplikasi tidak terpasang secara sempurna karena ada file sistem yang hilang atau rusak.
  2. Memaksa menginstall aplikasi yang tidak cocok dengan versi Windows atau versi Bit-Rate.
  3. Laptop atau komputer mengalami overheat akibat penggunaan yang berlebihan atau menjalankan aplikasi berat.
  4. Terlalu banyak memasang plugin tambahan pada aplikasi sehingga membuatnya menjadi tambah berat.
  5. Ada gangguan pada harddisk seperti mengalami bad sector atau kemampuan baca yang rendah.
  6. Laptop atau komputer bekerja secara multitasking dengan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.
  7. Kapasitas RAM yang rendah sehingga tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi.
  8. Aplikasi yang disusupi oleh malware atau virus sehingga membuat salah satu file sistem error atau hilang.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10?

Agar pekerjaan kamu tidak terhambat, maka kamu harus siap mengatasi aplikasi not responding ketika masalah ini menimpamu sewaktu-waktu. Pada dasarnya, ini adalah masalah dengan tingkat kesulitan sedang sehingga bisa diatasi sendiri tanpa harus memanggil tukang servis. Seperti halnya beberapa cara berikut yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah pada laptop atau komputer tersebut.

Menghentikan Aplikasi Yang Not Responding

Langkah pertama yang bisa kamu ambil untuk mengatasi aplikasi not responding yang paling awal adalah menghentikannya. Cara ini dapat kamu lalukan jika masalah ini dialami saat aplikasi akan dibuka. Kamu dapat mematikannya dengan cara “klik kanan ikon aplikasi pada Task Bar” kemudian pilih “Close“.

Atau juga bisa memakai cara yang kedua melalui software bawaan Windows yaitu Task Manager. Pertama, silahkan klik “Start“, kemudian ketik kata kunci “Task Manager” tanpa tanda kutip. Setelah terbuka, silahkan cari aplikasi dengan status “(Not Responding)“. Kemudian “Klik kanan“, lalu pilih “End Process“.

Menghapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Semakin banyak aplikasi yang terpasang pada laptop atau komputer, maka akan semakin berat. Selain itu, ruang penyimpanan yang dibutuhkan juga semakin banyak. Kondisi ini akan membuat laptop atau komputer mengalami masalah salah satunya sulitnya aplikasi untuk merespon sistem ketika dibuka. Untuk mengatasi aplikasi not responding seperti ini, cobalah untuk menghapus berbagai macam aplikasi yang tidak penting. Selain itu, hapus juga aplikasi yang fungsinya mirip namun beda pengembang.

Mengubah Tampilan Menjadi Sederhana

Membuat tampilan desktop dengan banyak fitur tambahan seperti widget, shortcut, kalender, note dan lain sebagainya memang membuta tampilan tampak indah dan juga memudahkan. Apalagi mengganti wallpaper memakai animasi. Tahukah kamu bahwa semua hal ini dapat membuat beban laptop atau komputer menjadi lebih berat. Akibatnya akan sangat rawan terhadap masalah pada kinerja aplikasi. Untuk menghindari dan mengatasi aplikasi not responding, kamu dapat menghilangkan beberapa fungsi ini.

Mengurangi Kerja Aplikasi Multitasking

Untuk mengatasi aplikasi not responding selanjutnya, kamu harus mengurangi kerja laptop dan komputer secara multitasking. Memang sih, salah satu kelebihan PC adalah bisa bekerja secara multitasking. Artinya, kamu dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus untuk bekerja secara bersamaan. Namun kerja secara multitasking sebaiknya dilakukan jika spesifikasi sudah mumpuni karena bebannya sangat berat. Jika memaksa laptop atau komputer spesifikasi rendah untuk multitasking, maka akan terjadi masalah.

Mematikan Aplikasi Latar Belakang

Salah satu cara yang efektif untuk meminimalisir atau mengatasi aplikasi not responding pada Windows adalah mematikan aplikasi latar belakang. Beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat memakan RAM lumayan banyak sehingga dapat membuat masalah ketika kamu menjalankan aplikasi lain apalagi yang berat. Sebaiknya, hentikan proses aplikasi yang berjalan di latar belakang supaya direktori pada RAM jadi lebih lega.

Hanya Memasang Aplikasi Yang Cocok

Salah satu penyebab error not responding adalah aplikasi yang dipasang tidak cocok dengan versi Windows atau Bit-Rate yang berbeda. Sebaiknya, kamu pasang aplikasi yang sesuai dengan versi Windows-mu saat ini dan juga Bit-Rate yang sama apakah itu 32-bit atau 64-bit. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi not responding adalah dengan memasang aplikasi yang cocok dengan versi Windows dan juga Bit-Rate yang sama.

Memasang Antivirus dan Rutin Scanning

Selanjutnya, kamu dapat mencegah serta mengatasi aplikasi not responding pada laptop atau komputer dengan cara memasang antivirus dan rutin melakukan scanning. Salah satu hal yang membuat error pada aplikasi sehingga tidak merespon sistem adalah virus atau malware. Umumnya, aplikasi yang terkena virus akan kehilangan salah satu data sistem yang penting sehingga tidak bisa berjalan dan dibuka secara normal.

Jangan Terlalu Banyak Memasang Plugin

Setiap aplikasi memang dibekali dengan plugin oleh developer. Selain bawaan, kamu juga bisa memasang plugin tambahan yang sudah disediakan. Namun ketika terlalu banyak memasang plugin, kamu akan mendapati masalah pada aplikasi tersebut seperti not responding. Nah untuk mengatasi mengatasi aplikasi not responding tersebut, kamu bisa mengurangi penggunaan plugin tambahan dan memaksimalkan fitur bawaan yang ada.

Baca Juga:

Menambah Kapasitas RAM

Cara lain untuk yang bisa dilakukan secara fisik untuk mengatasi aplikasi not responding adalah dengan menambah kapasitas RAM pada laptop atau komputer. Biasanya, kapasitas RAM yang kecil akan menghambat kinerja aplikasi yang berjalan sehingga bermasalah. Untuk meminimalisir resiko ini maka kamu bisa menambah kapasitas RAM.

Mengganti Harddisk ke SSD

Buat kamu yang belum tahu, SSD adalah sebuah memori penyimpanan untuk laptop atau komputer generasi penerus harddisk drive. Namun SSD dianggap memiliki kinerja jauh lebih baik. Pada artikel sebelumnya, sudah di bahas kekurangan dan kelebihan SSD yang bisa kamu baca. Mengganti HDD ke SSD dapat mengurangi atau mengatasi aplikasi not responding.

Melakukan Install Ulang

Cara yang terakhir untuk mengatasi aplikasi not responding adalah melakukan install ulang pada laptop atau komputer. Langkah paling akhir ini bisa kamu lakukan ketika masalah yang terjadi sudah sangat parah. Tidak hanya dialami oleh satu aplikasi saja, namun hampir semua aplikasi mengalami masalah yang sama. Hal ini biasanya disebabkan oleh file di sistem Windows bermasalah. Sehingga melakukan install ulang OS adalah cara yang paling mudah.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi not responding pada laptop atau komputer kamu. Dengan membaca penjelasan diatas, diharapkan kamu dapat memperbaiki masalah ini secara mandiri jika sewaktu-waktu mengalaminya. Kamu juga bisa membaca apa saja penyebab aplikasi not responding pada artikel yang sudah kita bahas sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan