Mudah! Ini 4 Cara Download Driver Laptop Yang Cocok

Driver adalah salah satu perangkat lunak pada laptop yang bertugas untuk melakukan kendali atas hardware yang terhubung. Driver sendiri terdiri dari beberapa bagian tergantung dari seberapa banyak perangkat keras yang ada antara lain driver sound, driver bios, driver graphics (VGA), driver keyboard, driver touchpad, driver webcam, driver USB, driver network dan sebagainya. Semua ini bisa kamu dapatkan dengan cara download driver laptop di internet.

Tidak semua driver yang kamu unduh di internet langsung cocok pada laptop. Kebanyakan tidak kompatibel alias tidak bisa berfungsi jika jenis dan seri-nya tidak cocok dengan hardware. Oleh karena itu, kamu perlu cara khusus untuk download driver laptop yang bisa langsung cocok dengan perangkat laptop yang terpasang. Jika driver yang kamu pasang tidak cocok, maka perangkat keras yang terhubung ke laptop jadi tidak bekerja secara maksimal. Bahkan hal ini bisa membuatnya jadi tidak berfungsi.

Mudah! Ini 4 Cara Download Driver Laptop Langsung Cocok

Melakukan download driver laptop bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena kita harus teliti dalam menemukan yang cocok dengan hardware. Terlebih jika laptop yang kamu miliki tidak disertai oleh CD yang berisikan driver bawaan. Maka ketika selesai melakukan install ulang, kamu harus mencari driver sendiri di internet. Ditambah lagi kamu harus download satu per satu driver dari beberapa hardware yang ada dan semuanya harus cocok atau kompatibel.

Cara Download Driver Laptop Yang Cocok Dengan Hardware

Beberapa pengguna laptop yang memiliki masalah dengan driver hardware memang kesulitan ketika akan mencarinya. Hal ini disebabkan karena driver yang di unduh harus benar-benar cocok agar bisa berfungsi. Selain itu, berbagai driver yang tersedia di internet tidak hanya diperuntukkan pada satu jenis perangkat keras saja, namun ada ratusan bahkan ribuan. Lalu bagaimana cara download driver laptop yang cocok? Berikut ini penjelasannya.

Download Driver di Situs Resmi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk download driver laptop yang cocok dengan hardware adalah di web resmi atau situs resminya. Situs resmi ini tergantung dari mek laptop yang kamu miliki. Biasanya, setiap web resmi akan menyediakan driver software untuk berbagai produk yang dikeluarkannya. Ketika kamu mengunduh driver dari situs resmi seperti ini akan langsung cocok dengan laptop. Terlebih driver yang disediakan sudah dalam satu paket untuk seluruh perangkat keras yang ada pada laptop.

Berikut ini adalah beberapa situs resmi dari merk laptop yang ada di Indonesia untuk download driver laptop:

  1. Lenovo: www.lenovo.com
  2. Acer: www.acer.com
  3. Hawlett-Packard (HP): www8.hp.com
  4. Asus: www.asus.com
  5. BenQ: www.benq.com
  6. Dell: www.dell.com
  7. MSI: id.msi.com

Download Driver Dengan mencari Satu Persat

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk download driver laptop yang cocok adalah dengan download satu per satu di pencarian Google. Caranya, kamu dapat mencari hardware apa saja yang belum memiliki driver pada laptop dengan mencari ID-nya. Jadi setiap hardware memiliki ID (identitas) yang bisa kamu gunakan untuk menemukan driver yang cocok di internet. Untuk mendapatkan ID hardware tersebut, lakukan beberapa langkah berikut ini.

Pertama-tama silahkan klik “Start” kemudian ketikan kata “Device Manager” tanpa tanda kutip. Maka akan muncul menu device manager lalu silahkan di buka. Pada device manager, silahkan cek satu persatu hardware yang belum ada driver-nya akan ditandai dengan “tanda pentung kuning“. Selanjutnya “klik kanan“, kemudian pilih “properties“. Cari tab “Details” maka disitu ada value yang merupakan ID untuk download driver laptop. Sebagai contoh sebagai berikut

PCI\VEN_8086&DEV_153A&SUBSYS_17E710CF&REV_04

Jika sudah ketemu ID hardware yang belum terpasang seperti diatas, silahkan di “copy” kemudian masukkan di kolom pencarian Google. Jika sudah ketemu, silahkan pilih salah satu link yang menyediakan driver tersebut kemudian download driver laptop. Setelah selesai silahkan di install. Selamat, driver kamu sudah terpasang dengan baik.

Download Driver Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara yang paling mudah untuk download driver laptop secara otomatis adalah dengan meminta bantuan pada aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi seperti Driver Pack atau DriverToolkit dapat membantu kamu dalam mendapatkan driver yang cocok. Kedua aplikasi tersebut dapat kamu download di situs resmi mereka yaitu di www.driverpack.io untuk Driver Pack atau di www.drivertoolkit.com untuk DriverToolkit.

Baca Juga:

Keduanya memiliki fungsi yang sama untuk membantu kamu dalam download driver laptop yang cocok. Caranya cukup mudah, kamu tinggal download aplikasinya di situs resminya kemudian install. Pastikan laptop kamu terhubung ke jaringan internet yang stabil. Kemudian pilih menu “download driver” atau “update driver” pada aplikasi lalu tunggu prosesnya hingga selesai. Aplikasi ini akan mencari driver secara otomatis kemudian menginstallnya.

Download Driver Dari Device Manager

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk download driver laptop yang cocok secara sederhana adalah melalui device manager. Device manager adalah sebuah software bawaan Windows yang dapat membantumu mengelola berbagai perangkat keras yang terhubung pada laptop termasuk driver-nya. Maka dari itu, kamu dapat download driver yang cocok dari perangkat lunak ini.

Caranya download driver laptop cukup mudah. Pertama, klik “Start” kemudian ketik “Device Manager” tanpa tanda kutip. Setelah device manager terbuka, cari hardware yang belum ada driver-nya (ada tanda pentung kuning). Kemudian klik kanan pada device yang bertanda pentung kuning lalu pilih “update driver” atau “download driver”. Lalu pilih menu “Search automatically for update driver software“. Maka secara otomatis, Windows akan membantumu menemukan driver yang cocok untuk device tersebut. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk download driver laptop yang cocok dengan hardware. Terkadang kita sebagai pengguna memang kesulitan ketika ada masalah pada driver. Namun dengan beberapa cara diatas, kamu dapat dengan mudah mendapatkan driver yang cocok untuk laptop. Bahkan kamu dapat melakukan download secara otomatis. Jadi sekarang kamu tidak perlu pusing lagi ketika akan mencari driver yang cocok.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan