7 Cara Ngecas Baterai HP Android Agar Cepat Penuh

Pernahkah kamu merasa ketika ngecas baterai HP Android terasa sangat lama penuhnya bahkan lebih lama dari biasanya? Barangkali kamu perlu mencoba tips untuk mempercepat pengisian baterai smartphone seperti yang akan kita bahas pada artikel ini. Barangkali bisa bermanfaat buat kamu ketika sedang dalam kondisi darurat namun daya pada ponsel mulai melemah.

Siapa sih yang tidak ingin ngecas baterai HP Android dengan cepat. Pasti semua pengguna smartphone menginginkan hal itu. Ada banyak keuntungan yang akan didapat jika pengisian daya bisa dilakukan dengan cepat. Selain menghemat waktu, kamu juga bisa meningkatkan produktivitas. Namun yang kebanyakan dialami justru sebaliknya, terkadang proses pengisian daya memakan waktu yang sangat lama.

Cara Ngecas Baterai HP Android Agar Cepat Penuh

Ketika kamu ngecas baterai HP Android namun butuh waktu yang lama untuk penuh, mungkin saja ada yang salah dari cara yang kamu gunakan dalam mengisi daya. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi lamanya baterai smartphone terisi penuh seperti daya yang keluar akibat ponsel yang bekerja, charger yang tidak kompatibel, sumber daya yang tidak sesuai kapasitas, hingga kondisi baterai yang benar-benar habis.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Ponsel Meski Pakai Charger Bawaan

Charger bawaan ponsel dapat mengisi daya dengan cepat asalkan caranya baik dan benar. Kamu tidak perlu menggunakan alat tambahan seperti fast charger karena justru dapat membahayakan baterai karena outputnya beluk tentu sesuai dengan kapasitas baterai. Sebaiknya ubah cara lama kamu dalam ngecas baterai HP Android dengan beberapa tips mempercepat pengisian daya berikut ini.

Matikan Ponsel Saat Dicas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk ngecas baterai HP Android agar cepat penuh adalah dengan mematikan ponsel. Ponsel yang dimatikan akan membuat baterai berhenti bekerja sehingga proses pengisiannya jadi lebih cepat. Sebaliknya jika kamu mengisi daya ketika samartphone dalam keadaan aktif akan membuat baterai bekerja dia kali yaitu mengisi daya dan menyediakan daya secara bersamaan untuk ponsel.

Aktifkan Mode Penerbangan

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk ngecas baterai HP Android agar cepat penuh selain mematikan ponsel seperti yang dijelaskan diatas, adalah dengan mengaktifkan mode penerbangan. Mode penerbangan bisa jadi alternatif untuk membuat kinerja ponsel berkurang secara signifikan. Jaringan seluler yang mati membuat internet serta sinyal hilang yang berdampak pada berhentinya berbagai macam aplikasi. Hal ini tentu membuat baterai lebih cepat terisi.

Gunakan Charger Original

Tips yang ketiga adalah menggunakan charger original untuk ngecas HP Android. Menggunakan charger original juga turut membantumu memangkas waktu pengisian daya karena kapasitas seperti voltase dan ampere-nya sudah disesuaikan dengan baterainya itu sendiri. Ketika kamu menggunakan fast charger, mungkin itu juga bisa membantumu ngecas HP dengan cepat. Namun memiliki banyak dampak buruk terhadap usia baterai.

Sumber Daya Hanya Dari Charger

Maksud dari poin ini adalah kamu dianjurkan untuk tidak menggunakan alat pengisian daya diluar charger original seperti power bank atau menancapkan kabel data ke USB laptop/komputer. Hal ini akan membuat daya yang mengalir tidak stabil. Alih-alih ingin ngecas HP Android agar cepat penuh, kamu malah menghabiskan waktumu untuk menunggu pengisian daya yang tambah lama. Pilihan terbaik memilih sumber daya adalah dari charger original.

Isi Daya Saat Baterai Tersisa 15%-25%

Jika kamu menghabiskan daya baterai hingga 0%, maka ketika dicas akan memakan waktu yang sangat lama. Selain itu, menurut penelitian dari batteryuniversity.com cara seperti ini juga membuat usia serta kinerja baterai menjadi lebih pendek. Maka dari itu, kamu disarankan untuk ngecas HP Android agar cepat penuh pada saat daya tersisa pada kisaran 15%-25%. Ini adalah persentase paling baik untuk mengisi daya baterai. Maka dari itu, peringatan baterai lemah pada ponsel juga berada pada kisaran persentese ini.

Baca Juga:

Jangan Gunakan Aplikasi Fast Charging

Salah satu kesalahan pengguna HP Android sehingga menyebabkan proses pengisian daya menjadi tambah lama adalah menggunakan aplikasi tambahan seperti fast charging. Cara ini tidak benar, bahkan aplikasi tersebut tidak memberikan efek apa-apa pada ponsel. Malahan waktu untuk penuh jadi lama karena ponsel harus tetap bekerja. Maka dari itu, jangan gunakan aplikasi apapun jika ingin ngecas baterai HP Android bisa cepat penuh.

Jangan Terlalu Sering Dicek

Mengecek ponsel ketika sedang dicas itu sah-sah saja asal tidak dilakukan secara berkali-kali. Tahukah kamu bahwa untuk menghidupkan layar meski hanya sekedar cek isi daya membuat ponsel memerlukan tenaga dari baterai. Melakukannya berulang kali juga semakin membuat ponsel menggunakan daya lebih banyak. Supaya bisa ngecas baterai HP Android dengan cepat, sebaiknya kamu tidak perlu cek hingga berulang kali. Toh sudah ada lampu indokator isi daya pada ponsel.

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk ngecas baterai HP Android agar cepat penuh. Sebenarnya menggunakan charger original sekalipun, kamu bisa mengurangi waktu tunggu pengisian daya asal cara ngecasnya baik dan benar. Selain mempercepat pengisian baterai pada smartphone, cara diatas juga akan membuat baterai pada ponsel kamu lebih awet dan tahan lama. Coba terapkan tips diatas secara teratur dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan