Cara Browsing Tanpa Meninggalkan Jejak di HP Android dan PC

Browsing atau menjelajah adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan untuk mencari informasi di internet entah itu berita, tutorial, atau materi belajar. Meski sudah menjadi hal yang biasa saja, namun didalam kondisi tertentu kita harus berselancar di perambaan internet secara rahasia agar tidak diketahui orang lain. Apakah bisa? Tentu saja bisa. Cara browsing tanpa meninggalkan jejak seperti ini harus kamu lakukan dalam keadaan tertentu seperti ketika transaksi online di ponsel teman, mencari informasi yang bersifat pribadi dan lain sebagainya.

Mencari informasi dengan mesin telusur saat ini sudah menjadi budaya yang tidak bisa terlepas. Kondisi ini telah menggeser kebiasaan lama dimana untuk mendapatkan informasi, orang-orang selalu mencari buku atau bertanya pada yang lebih ahli. Namun ini bukanlah masalah, yang menjadi masalah disini adalah ketika mengakses internet dengan browser, segala aktivitas yang kamu lakukan akan dicatat dalam daftar riwayat yang dapat mengganggu privasi. Maka dari itu kamu perlu browsing tanpa meninggalkan jejak dengan cara tertentu.

Cara Browsing Tanpa Meninggalkan Jejak di HP Android dan PC

Melakukan browsing tanpa meninggalkan jejak dapat kamu lakukan di browser tertentu seperti Chrome yang ada di laptop atau HP Android. Didalam browser ini sudah dibekali dengan fitur yang memang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk berselancar secara aman tanpa ada penyimpanan riwayat maupun cache. Mode ini bisa menjadi pilihan ketika kamu akan berselancar di internet secara rahasia sehingga privasi menjadi lebih terjaga dan aman pastinya.

Cara Browsing Tanpa Meninggalkan Jejak di Browser Chrome HP Android dan PC

Berbicara mengenai cara browsing tanpa meninggalkan jejak, tidak dapat kamu lakukan tanpa adanya fitur tertentu yang dapat menjaga riwayat penjelajahan, pengingat kata sandi ataupun cache. Nah seperti yang sedikit dibahas diatas, salah satu browser yang memiliki fitur tersebut adalah Google Chrome. Di browser ini kamu akan menemukan sebuah fitur unik yang bernama “Tab Samaran” atau “Incognito Window“.

Jadi apa maksud dari mode samaran atau incognito ini? Adalah sebuah fitur tab penjelajahan pada browser Chrome yang dapat digunakan pengguna untuk browsing tanpa meninggalkan jejak karena semua riwayat penelusuran, password, dan cache tidak akan tersimpan. Artinya, segala aktivitasmu ketika melakukan selancar di internet tidak di catat oleh browser melainkan langsung menghapusnya secara otomatis setelah tab atau window dimatikan.

Dalam mode ini, kamu akan berselancar secara rahasia karena seluruh aktivitas tidak akan bisa dilihat orang lain. Beberapa informasi seperti histori penjelajahan, cookie dan situs, informasi yang dimasukkan dalam formulir tidak akan disimpan oleh Chrome. Semua informasi akan dihapus ketika kamu menutup tab samaran atau incognito.

Cara Menjalankan Tab Samaran di Browser Chrome Android

Semua browser Chrome di dua platform yaitu Android dan Windows mendukung fitur penyamaran atau incognito. Di sub-bab yang pertama ini kita akan bahas cara browsing tanpa meninggalkan jejak di browser Chorme di platform Android. Agar lebih efektif, sebaiknya kamu pastikan browser Chrome yang kamu gunakan adalah versi terbaru. Jika belum, kamu bisa melakukan pembaruan di Playstore terlebih dahulu ya.

Untuk melakukan browsing tanpa meninggalkan jejak di Android yang pertama kali harus kamu lalukan adalah membuka browser Chrome. Lalu tap tombol “Titik tiga” yang ada dibagian pojok kanan atas tampilan. Maka akan muncul berbagai macam sub menu. Kemudian silahkan pilih sub menu “Tab samaran baru” yang ada dibarisan kedua. Lalu akan muncul tab baru dengan tampilan serba hitam yang bertuliskan “Anda dalam mode samaran“. Setelah itu masukkan alamat atau kata kunci pencarian di address bar seperti biasa.

Baca Juga:

Cara Menjalankan Mode Incognito di Browser Chrome Laptop Atau Komputer

Setelah diatas kita membahas cara browsing tanpa meninggalkan jejak di HP Android, kini saatnya kita membahas untuk platform windows yang biasanya ada pada Laptop atau Komputer. Caranya tidak jauh berbeda dengan yang sudah kita bahas diatas, hanya saja platform-nya yang berbeda. Yang jelas, pastikan laptop dan komputer kamu sudah terpasang browser Chrome yang versi terbaru. Jika belum ada, silahkan download di situs resminya secara gratis lalu install terlebih dahulu.

Cara browsing tanpa meninggalkan jejak di laptop atau komputer yang pertama adalah membuka browser Chrome terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan klik tombol “Titik tiga” yang ada dibagian pojok kanan atas browser. Maka akan muncul berbagai macam menu dari Chrome. Selanjutnya klik menu “tab samaran baru” atau “new incognito window” dibarisan kedua. Setelah di klik, maka kamu akan masuk ke mode samaran dengan tampilan serba hitam. Nah, selanjutnya silahkan masukkan alamat web atau kata kunci penelusuran di bagian addres bar.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara browsing tanpa meninggalkan jejak yang bisa kamu pakai dalam keadaan tertentu seperti transaksi online di ponsel teman, mencari informasi yang bersifat pribadi, membuka akun media sosial di laptop atau komputer bukan milik pribadi dan lain sebagainya. Dengan bantuan software perambaan Chrome, kamu tidak perlu repot karena sudah dibekali fitur mode samaran atau incognito yang tidak akan mencatat seluruh aktivitas selancarmu termasuk histori, cache, dan kata sandi.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan