Bluetooth Speaker Tidak Bisa Connect? Ini 10 Solusinya

Setiap gadget entah itu HP atau laptop pasti sudah dibekali speaker sebagai output suara. Namun sayang, speaker bawaan ini biasanya memiliki kualitas suara yang biasa saja. Cara alternatif untuk bisa menikmati audio dengan lebih enak adalah menggunakan speaker tambahan. Berbagai jenis speaker bisa kita dapatkan di pasaran dengan fitur canggih seperti halnya wireless dengan koneksi bluetooth. Namun fitur ini terkadang bermasalah sehingga bluetooth speaker tidak bisa connect ke HP atau laptop.

Namun dibalik masalah tersebut, cara menyambungkan speaker bluetooth ke HP cukup memudahkan pengguna dalam beraktivitas karena tidak ada kabel yang bisa mengganggu pergerakan. Dengan begini, pengguna dapat menikmati musik dengan kualitas audio yang sangat enak didengar meski sambil beraktivitas dengan ponselnya. Meski begitu, resiko masalah bluetooth speaker tidak bisa connect dapat datang kapan saja sehingga membuat speaker tidak bisa digunakan.

Bluetooth Speaker Tidak Bisa Connect

Beberapa Penyebab Bluetooth Speaker Tidak Terdeteksi Oleh Perangkat

Berbicara mengenai bluetooth speaker tidak bisa connect, tidak bisa dilepaskan dari berbagai macam faktor penyebab yang melatarbelakanginya. Jika kamu adalah salah satu pengguna yang sedang mengalami masalah ini, sebaiknya cari tahu apa sebabnya. Mengetahui penyebab masalah akan memudahkan kamu dalam mencari solusi terbaiknya. Berikut ini adalah beberapa penyebab bluetooth speaker yang tidak terdeteksi oleh perangkat.

  1. Baterai speaker sudah mau habis.
  2. Informasi atau frekuensi speaker mengalami perubahan.
  3. Mode speaker belum diubah ke mode bluetooth.
  4. Terdapat perangkat lain yang masih terhubung ke bluetooth speaker.
  5. Perangkat yang dikenal pada ponsel sudah terlalu banyak.
  6. Jaringan bluetooth HP Tidak terlihat oleh perangkat lain.
  7. Jarak perangkat dengan bluetooth speaker terlalu jauh.

10 Cara Mengatasi Speaker Bluetooth Tidak Terhubung ke HP atau Laptop

Beberapa perangkat wireless terutama yang menggunakan bluetooth sebagai jaringan, lebih sering mengalami masalah dalam koneksi. Begitu juga dengan speaker yang memiliki fitur wireless dengan koneksi bluetooth. Kebanyakan kasus bluetooth speaker yang tidak bisa terhubung dapat diatasi dengan beberapa cara. Termasuk melakukan pengaturan ulang pada ponsel maupun speaker itu sendiri. Bagaimana caranya? Simak beberapa solusinya berikut ini.

Restart Bluetooth Speaker

Cara pertama untuk mengatasi bluetooth speaker tidak bisa connect adalah dengan melakukan restart. Bagaimana caranya? Mudah kok. Cobalah untuk mematikan bluetooth speaker milikmu selama beberapa saat, kemudian hidupkan lagi. Biasanya setelah di restart sistem koneksi pada speaker akan kembali ke setelan awal sehingga lebih mudah untuk menyambung ke perangkat lain seperti HP atau Laptop.

Isi Baterai Bluetooth Speaker Hingga Penuh

Baterai yang sudah mau habis menjadi penyebab bluetooth speaker tidak bisa connect yang jarang disadari pengguna. Maka dari itu, jika sudah ada peringatan untuk melakukan isi daya baterai. Segera lakukan charging pada bluetooth speaker hingga penuh. Pada saat posisi baterai akan habis, beberapa sistem yang ada didalam speaker akan berhenti bekerja termasuk sistem bluetooth didalamnya. Akibatnya, fungsi bluetooth tidak bisa digunakan sebelum baterai kembali penuh.

Sambungkan Perangkat Secara Manual

Jika bluetooth speaker tidak bisa connect secara otomatis, maka cobalah untuk menyambungkan perangkat entah itu HP atau laptop secara manual. Caranya cukup mudah, silahkan buka setelan bluetooth. Kemudian buka daftar perangkat yang terhubung sebelumnya. Cari nama BT-Speaker kemudian sambungkan. Biasanya cara ini akan membuat speaker kembali terhubung dan bisa digunakan untuk memutar file audio secara normal.

Matikan Semua Sambungan Bluetooth Disekitar

Perangkat bluetooth yang hidup disekitar speaker bisa jadi membuat bluetooth speaker tidak bisa connect ke device kamu. Hal ini disebabkan oleh salah satu perangkat lain bisa HP atau Laptop yang masih terhubung secara otomatis ke speaker. Karena pada dasarnya sistem wireless pada bluetooth speaker tidak bisa multi user. Nah karena itu, matikan seluruh koneksi bluetooth yang ada disekitarmu. Pastikan hanya perangkat yang akan kamu pakai yang hidup.

Perhatikan Jarak Antara Speaker dan Perangkat

Bluetooth speaker memiliki jarak tertentu untuk bisa terhubung dengan baik pada sebuah perangkat. Umumnya, jarak ini berkisar kurang lebih 10 meter saja jika tidak ada penghalang seperti tembok, pintu, atau benda padat lainnya. Jarak yang terlalu jauh akan membuat bluetooth speaker tidak bisa connect. Maka dari itu, pastikan kamu masih didalam jarak jangkau bluetooth speaker yakni antara 1 meter hingga 8 meter saja. Semakin dekat jarakmu, maka akan semakin mudah tersambung.

Hapus Sebagian Perangkat Yang Dikenal

Terkadang sebuah HP atau laptop memiliki batas penyimpanan perangkat yang dikenali atau yang pernah terhubung sebelumnya. Jika ini sudah penuh, maka perangkat tidak bisa menambah perangkat baru yang belum dikenalinya. Solusinya adalah dengan menghapus beberapa perangkat tersimpan di setelan bluetooth. Silahkan buka setelan bluetooth pada ponsel atau laptop, kemudian pilih perangkat yang terhubung sebelumnya. Disitu akan muncul daftar nama-nama perangkatnya. Hapus yang sudah jarang berhubungan.

Pastikan Bluetooth Ponsel Terlihat Oleh Perangkat Lain

Di beberapa ponsel, setelan default pada bluetooth adalah tidak terlihat pada perangkat lain. Jika seperti ini, otomatis perangkat lain tidak bisa mendeteksi ponsel tersebut termasuk bluetooth speaker milikmu. Akibatnya bluetooth speaker tidak bisa connect karena tidak menemukan koneksi ponsel. Solusinya, silahkan ubah perizinan akses terlebih dahulu pada setelan menjadi “Terlihat oleh semua perangkat” yang artinya bluetooth dapat diakses oleh perangkat lain.

Baca Juga:

Pastikan Speaker Sudah di Mode Bluetooth

Alasan kenapa bluetooth speaker tidak bisa connect mungkin ada pada mode-nya. Karena pada dasarnya bluetooth speaker memiliki beberapa mode selain bluetooth seperti FM, memori, USB dan line in. Cara untuk mengubah mode tersebut umumnya dengan menekan tombol M yang ada pada speaker. Untuk model bluetooth, silahkan tekan tombol M hingga terdengar suara berbahasa inggris yang berbunyi “Bluetooth Mode“.

Bersihkan Chache Bluetooth Pada HP

Cache mungkin saja juga bisa jadi penyebab bluetooth speaker tidak bisa connect. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan cache tersebut. Bagaimana caranya? Jadi silahkan buka Setelan pada ponsel. Lalu buka Sistem dibarisan paling bawah. Pilih sub-menu Opsi setel ulang. Kemudian pilih Setel ulang Wifi, data seluler & Bluetooth. Terakhir tekan tombol “SETEL ULANG SETELAN“. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Reset Bluetooth Speaker ke Setelan Pabrik

Terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bluetooth speaker tidak bisa connect adalah dengan melakukan reset ke setelan pabrik. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan pada beberapa jenis speaker saja. Caranya, silahkan matikan dulu speaker-nya. Lalu tekan tombol power selama 3-6 detik. Setelah itu lepaskan tombol, kemudian tunggu beberapa saat. Baru kemudian aktifkan kembali speaker-nya.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah bluetooth speaker tidak bisa connect ke HP atau laptop. Speaker wireless memang kadang bermasalah, namun ini bisa dikatakan sebagai hal yang wajar. Terkadang masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah karena penyebabnya hanya pada setelan yang kurang tepat saja. Jadi jika kamu mengalami masalah seperti ini pada bluetooth speaker, jangan panik ya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan