Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Bisa Menerima File

Bluetooth adalah sebuah sistem nirkabel yang memungkinkan pengguna melakukan transfer data antara satu buah perangkat dan yang lainnya. Teknologi bluetooth saat ini dianggap jadul karena kecepatannya yang rendah serta keterbatasan jangkauan. Namun teknologi ini hingga saat ini masih tetap digunakan untuk berbagai perangkat wireless. Termasuk laptop juga masih menyediakan fitur ini untuk penggunanya. Namun terkadang juga bermasalah, bluetooth laptop tidak bisa menerima file dari HP atau perangkat lain.

Masalah bluetooth ini memang sering sekali dialami oleh para pengguna laptop. Terlebih bagi para pengguna yang menggunakan sistem Windows 10. Meski menjadi sistem operasi terbaru dan terpopuler, namun banyak pengguna yang mengeluh akibat konektivitas bluetooth yang sulit. Karena bluetooth laptop tidak bisa menerima file, maka aktivitas mereka dalam memindahkan data menjadi terganggu. Namun sebenarnya masalah ini dapat kamu atasi sendiri tanpa harus membawanya ke tukang servis. Simak penjelasannya berikut ini.

Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Bisa Menerima File

Penyebab Bluetooth Laptop Tidak Bisa Menerima File

Sebuah masalah yang terjadi pada laptop pasti ada penyebabnya. Begitu juga dengan masalah yang mungkin juga kamu alami saat ini yakni bluetooth laptop tidak bisa transfer file. Biasanya masalah seperti ada pada perangkat lunak entah itu driver atau setelan dari bluetooth itu sendiri. Sebelum mengatasinya, kamu harus tahu dulu apa saja penyebabnya seperti berikut ini.

Tidak Ada Device Bluetooth Pada Laptop

Penyebab pertama kenapa laptop tidak bisa digunakan untuk menerima ataupun mengirim file adalah tidak adanya bluetooth device bawaan laptop. Memang tidak semua laptop dibekali oleh perangkat bluetooth, berapa diantaranya diproduksi tanpa ditambahkan fitur bluetooth didalamnya. Untuk mengetahuinya kamu bisa cek di device manager. Jika pada device manager tidak terdapat perangkat bluetooth, bisa jadi memang laptopmu tidak dibekali device ini.

Driver Bluetooth Yang Bermasalah

Penyebab yang kedua kenapa bluetooth laptop tidak bisa menerima file ada pada driver yang bermasalah. Seperti yang kita ketahui bahwa driver memiliki peran penting terhadap hardware yang memiliki fungsi untuk mengontrol. Jadi ketika driver bluetooth pada laptopmu tidak cocok atau sudah usang, maka kamu harus memperbaiki driver software tersebut agar sesuai dengan hardware. Driver juga sangat berpengaruh terhadap fungsi bluetooth pada laptop itu sendiri.

Pengaturan Bluetooth Yang Belum Aktif

Terkadang, penyebab bluetooth laptop tidak bisa menerima file ada pada pengaturan yang berubah atau tidak sengaja berubah. Disini ada dua pengaturan yang mungkin membuat bluetooth menjadi tidak berfungsi. Yang pertama ada pada pengaturan hidup dan mati bluetooth. Sedangkan yang kedua ada pada pengaturan device bluetooth yang disable dan enable. Jika salah satu dari kedua setelan ini statusnya off atau disable, maka bluetooth tidak bisa menerima file dan juga mengirim file.

Perangkat Baru Belum Ditambahkan

Penyebab bluetooth laptop tidak bisa menerima file selanjutnya bisa jadi karena perangkat baru belum ditambahkan. Bluetooth pada laptop bisa melakukan aktivitas mengirim dan menerima file jika perangkat baru sudah disandingkan. Jika perangkat baru belum ditambahkan maka laptop akan menganggapnya sebagai perangkat yang tidak dikenal sehingga tidak berfungsi. Setiap transfer data pada perangkat baru, kamu wajib menambahkannya terlebih dahulu.

Jarak Antar Perangkat Yang Terlalu Jauh

Penyebab bluetooth laptop tidak bisa menerima file yang terakhir adalah jarak antar perangkat yang terlalu berjauhan. Umumnya bluetooth bisa berfungsi dengan baik di jarak maksimal 10 meter dengan syarat tidak ada benda padat yang menghalangi seperti tembok, pintu, dinding dan sebagainya. Jika lebih dari 10 meter, biasanya koneksi bluetooth akan putus dengan sendirinya karena sudah diluar jangkauan.

Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Bisa Menerima File

Setelah tahu berbagai macam penyebab yang sudah banyak dijelaskan diatas, sekarang kamu sudah mulai bisa menentukan langkah untuk mengatasi bluetooth laptop tidak bisa digunakan untuk transfer file baik itu dari HP atau perangkat lain. Untuk bisa mengatasi masalah ini, kamu dapat mencoba beberapa cara yang sudah penulis rangkum seperti dibawah ini.

Menggunakan Bluetooth USB Dongle

Solusi buat yang laptopnya tidak dibekali perangkat bluetooth atau hardware bluetooth-nya sudah rusak, kamu bisa menggunakan bluetooth USB dongle atau biasa dikenal dengan modem bluetooth USB. Dengan alat ini, kamu akan memiliki device bluetooth secara eksternal yang bisa kamu gunakan untuk transfer file dengan perangkat lain diluar laptop. Kamu bisa membelinya di toko komputer terdekat. Untuk masalah harga tidak usah khawatir karena sangat terjangkau yakni dibawah 50 ribu.

Install Ulang Driver Bluetooth

Cara yang kedua untukm mengatasi masalah bluetooth laptop tidak bisa melakukan transfer file adalah dengan install ulang driver. Namun sebelum kamu menghapus driver yang lama, pastikan dulu kamu sudah punya driver masternya. Driver yang kamu install ini harus kompatible dengan laptop supaya device bisa berfungsi. Biasanya driver bawaan laptop akan disertakan pada paket pembelian dalam bentuk compact disk (CD). Atau kamu juga bisa download di website resmi produsen yang memproduksi laptop tersebut.

Baca Juga:

Melakukan Update Driver Bluetooth

Selain driver yang tidak kompatibel, masalah bluetooth laptop tidak bisa menerima file juga bisa disebabkan oleh driver yang usah. Artinya driver yang kamu gunakan saat ini mungkin sudah tidak mendukung dengan software yang berlaku saat ini. Maka dari itu kamu perlu melakukan update. Caranya mudah, pertama buka duku device manager dengan cara klik start, lalu ketikkan kata kunci device manager. Jika ketemu silahkan dibuka. Kemudian cari logo dan tulisa bluetooth. Jika sudah ketemu kamu bisa klik kanan, kemudian pilih update driver.

Pastikan Perangkat Bluetooth Sudah Aktif

Jika penyebabnya ada pada setelan bluetooth yang tidak aktif, maka kamu dapat mengubah pengaturan tersebut agar bluetooth bisa berfungsi. Caranya adalah dengan klik kanan ikon bluetooth di taskbar laptop sebelah kanan kemudian ubah dari OFF menjadi ON. Kemudian yang kedua, kamu bisa buka device manager dengan cara klik start lalu ketikkan device manager. Setelah itu cari bagian bluetooth. Ubah status dari Disable menjadi Enable.

Tambah Perangkat Baru Terlebih Dahulu

Jika perangkat yang akan mengirim file beluk ditambahkan. Maka solusi yang harus kamu lakukan adalah menyandingkan perangkat tersebut dengan bluetooth laptop terlebih dahulu. Caranya silahkan klik Start, lalu Setelan. Kemudian pilih bagian Device. Pada bluetooth & other device silahkan klik add bluetooth or other device lalu pilih Bluetooth. Terakhir tinggal kamu pilih nama perangkat yang ingin disandingkan kemudian masukkan kata sandi sesuai dengan yang tertera pada laptop.

Pastikan Jarak Perangkat Dibawah 5 Meter

Solusi terakhir untuk mengatasi masalah bluetooth laptop tidak bisa menerima file adalah dengan mendekatkan jarak perangkat. Jarak paling ideal agar koneksi bluetooth bisa bekerja secara maksimal adalah dibawah 5 meter meskipun jarak yang bisa dijangkau hingga 10 meter. Dengan asumsi bahwa setengah jarang maksimal akan membuat koneksi menjadi lebih kuat.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengatasi bluetooth laptop tidak bisa menerima file dari HP atau perangkat lain. Masalah pada bluetooth laptop seperti ini umumnya ada pada setelan atau perangkat lunaknya yang kurang kompatibel. Dengan sedikit perbaikan saja kamu sudah bisa menggunakannya kembali secara normal. Jadi ketika mengalami masalah bluetooth yang tidak bisa mengirim atau menerima file kamu tidak perlu panik ya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan