Begini 5 Cara Terbaik Untuk Membersihkan Laptop Bagian Luar

Merawat laptop merupakan salah satu kegiatan wajib bagi pemilik yang memiliki dampak sangat positif terhadap kinerjanya. Salah satu cara merawat laptop dapat dilakukan secara fisik yaitu dengan membersihkan laptop bagian luar. Fisik laptop bagian luar tentu harus sering dibersihkan karena pada bagian inilah yang selalu terkena kotoran dan debu. Beberapa bagian seperti casing, keyboard, touchpad, kipas dan monitor memang rentan terhadap kotoran.

Membersihkan laptop bagian luar sebaiknya dilakukan dalam interval waktu yang lebih sering karena casing laptop menjadi komponen utama dalam menahan berbagai partikel dari luar supaya tidak memasuki laptop. Laptop yang jarang dibersihkan maka dapat membuat kotoran yang sudah lama menempel menjadi sulit dihilangkan. akibatnya tampilan laptopmu akan terlihat kumuh dan tidak menarik lagi. Terlebih kotoran-kotoran tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak buruk baik itu untuk laptop maupun pengguna itu sendiri.

Begini 5 Cara Terbaik Untuk Membersihkan Laptop Bagian Luar

Dampak Buruk Jika Laptop Tidak Pernah Dibersihkan

Membersihkan laptop secara non-fisik seperti menghapus file-file yang tidak berguna, mengosongkan recycle bin serta melakukan scanning malware akan memberikan dampak positif terhadap usia laptop. Namun itu saja belum cukup, jika kamu tidak pernah membersihkan laptop bagian luar, maka upayamu merawat laptop dari segi non-fisik akan menjadi hal yang percuma. Lalu apa saja dampak buruk yang kan timbul jika bagian luar pada laptop tidak pernah kamu bersihkan sama sekali?

Debu dan Kotoran Yang Menumpuk

Dampak buruk yang pertama adalah banyaknya kotoran dan debu yang menumpuk. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bagian fisik pada laptop adalah bagian terluar yang bersentuhan langsung dengan berbagai macam partikel di udara seperti kelembaban atau kotoran yang terbawa angin. Terlebih jika laptop diletakkan pada tempat yang kurang tertutup maka lama-kelamaan terjadi penumpukan kotoran. untuk pencegahan dari dampak buruk, kamu harus rajin membersihkannya.

Dapat Menimbulkan Kerusakan Hardware

Dampak buruk selanjutnya ketika kamu jarang membersihkan laptop bagian luar adalah terjadinya kerusakan pada hardware entah itu kipas, touchpad, port USB bahkan hingga keyboard. Seperti yang sudah disinggung pada poin diatas bahwa kotoran dan debu yang terlalu lama dibiarkan akan menyebabkan penumpukan. Nah pada saat penumpukannya sudah banyak, maka dapat berpotensi masuk ke lubang dan celah-celah sekitar hardware sehingga mengganggu kinerjanya.

Tidak Nyaman dan Menimbulkan Penyakit

Yang jelas, jika jarang membersihkan laptop bagian luar maka rasanya tidak akan nyaman ketika digunakan. Kamu akan merasakan banyak debu yang menempel pada telapak tangan dan juga pada jari-jari. Terlebih jika pada saat dihidupkan, kipas laptop mulai berputar serta menghembuskan angin. Maka, partikel debu pada laptop akan berhamburan ke udara sehingga dapat menyebabkan penyakit pernapasan jika terhirup melalui hidung.

Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar Secara Baik dan Benar

Setelah mengetahui berbagai dampak buruk seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu pasti tidak ingin mengalami hal-hal tersebut. Membersihkan laptop itu wajib dan harus dilakukan sesering mungkin. Terlebih bagian casing atau body sangat mudah terkena debu serta kotoran. Nah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya adalah dengan melakukan beberapa cara membersihkan laptop bagian luar secara baik dan benar seperti berikut ini.

Cara Membersihkan Body Laptop

Pertama, yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan laptop bagian luar adalah dengan membersihkan body secara keseluruhan. Ingat, jangan menggunakan cairan apapun untuk membersihkannya karena dapat menimbulkan konsleting jika sampai masuk ke dalam. Sebaiknya kamu gunakan kuas halus atau sejenisnya untuk membersihkan body. Setelah itu lap dengan kain halus atau tisu kemudian gosok secara perlahan.

Cara Membersihkan Bagian Keyboard

Langkah kedua dalam membersihkan laptop bagian luar adalah keyboard-nya. Selama ini keyboard laptop dianggap sebagai salah satu hardware yang paling sering rusak. Sebagian penyebabnya ternyata adalah debu dan kotoran yang masuk si sela-sela lubang. Maka dari itu, kamu harus membersihkannya dengan menggunakan kuas halus atau sejenisnya. Setelah itu, akan lebih baik jika kamu memakai vacum cleaner untuk menyedot seluruh debu dab kotoran yang masih tersisa.

Baca Juga:

Cara Membersihkan Bagian Monitor

Ketika membersihkan laptop bagian luar, kamu jangan sampai melupakan monitor. Ini adalah hardware yang paling penting karena seluruh aktivitasmu tampil di komponen ini. Untuk membersihkan monitor, kamu dapat menggunakan alat seperti lap halus, tisu atau kapas. Kamu juga bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan layar laptop yang bisa dibeli di toko komputer terdekat. Basahi lap dengan cairan, lalu usapkan dengan lembut ke arah bawah secara berulang.

Cara Membersihkan Kipas Laptop

Nah, kita sampai pada cara membersihkan laptop bagian luar yang prosesnya cukup sulit. Kamu harus membuka casing bagian belakang agar bisa membersihkan kipas laptop. Jika kamu belum pernah melakukannya, sebaiknya minta bantuan kepada orang yang sudah ahli. Atau kamu bisa membersihkan lubang ventilasi udaranya saja yang ada dibagian samping laptop dengan menggunakan kuas halus. Sapu debu dengan kuas hingga bersih.

Cara Membersihkan Charger Laptop

Nah, komponen yang terakhir dalam membersihkan laptop bagian luar ini adalah charger. Charger bisa dibilang sebagai salah satu alat tambahan yang berfungsi untuk menambah daya baterai. Harga charger original cukup mahal, oleh karena itu kamu harus merawatnya. Salah satunya adalah dengan membersihkannya dari debu dan kotoran. Kamu bisa mengelap pakai kain halus atau tisu yang sedikit dibasahi. Cukup lembab saja jangan sampai basah. Lalu gunakan untuk mengelap seluruh kabel dan adaptornya.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan laptop bagian luar. Dengan melakukan beberapa hal diatas, kamu akan terhindar dari berbagai dampak buruk akibat laptop yang jarang dibersihkan seperti penjelasan diatas tadi. Ingat, selain laptop nyaman saat digunakan, kebersihan juga dapat membuat kita selalu sehat. Apalagi laptop adalah salah satu barang yang sering kita gunakan untuk beraktivitas.

Berbagi ke teman:
Tags:,

Berikan Tanggapan