7 Aplikasi POS Kasir Android Terbaik Bisa Cetak Struk Pembayaran

Dijaman yang serba canggih, berbagai macam alat penunjang kegiatan dapat dengan mudah kita jumpai di smartphone. Salah satu teknologi yang dapat mempermudah kita dalam berjualan adalah aplikasi POS kasir Android yang bisa dengan mudah kita unduh di Playstore. Dengan bantuan software seperti ini, kamu dapat mencatat penjualan dengan cepat, mudah, dan akurat. Terlebih aplikasi kasir tersebut dapat digunakan untuk cetak struk pembayaran.

Salah satu syarat aplikasi POS (Point Of Sale) kasir bisa dikatakan terbaik adalah ketika menyediakan fitur serta fasilitas yang cukup bermanfaat untuk pemilik usaha maupun konsumennya. Salah satu fasilitas yang banyak dicari adalah dapat sekaligus mencetak struk pembayaran untuk konsumen. Seperti yang kita tahu bahwa nota pembelian menjadi salah satu alat bukti pembayaran yang sah.

7 Aplikasi POS Kasir Android Terbaik Bisa Cetak Struk Pembayaran

Pada umumnya, para pelaku UKM lah yang banyak menggunakan aplikasi pencatatan penjualan di ponsel. Banyak pemilik usaha dengan skala kecil yang sengaja memanfaatkan teknologi ini guna menunjang kegiatan usaha agar lebih efektif dan efisien. Hadirnya aplikasi penjualan pada ponsel Android membawa dampak yang besar bagi sektor UKM karena cash flow mereka bisa lebih tertata dengan sangat baik.

Manfaat Aplikasi POS Kasir Android Dengan Fitur Bisa Cetak Struk Pembayaran

Aplikasi POS kasir Android yang memiliki fitur cetak struk pembayaran dapat berfungsi ketika dihubungkan dengan printer thermal atau POS printer. Dengan fasilitas seperti ini, seorang pedagang tidak hanya bisa mencatat penjualan saja, namun juga dapat memberikan bukti pembayaran yang sah pada pembeli. Selain itu ada banyak manfaat lain yang harus kamu ketahui seperti yang disebutkan berikut ini.

  1. Alur keuangan menjadi lebih terperinci dan tertata.
  2. Laporan penjulan harian, mingguan atau bulanan bisa terpantau dengan sangat baik.
  3. Lebih mudah melakukan inventaris terhadap stok barang dagangan.
  4. Mempermudah penjualan dan cek harga barang.
  5. Menjadi sistem penjualan yang bisa diandalkan ketika memiliki karyawan.
  6. Proses pelayanan terhadap konsumen menjadi lebih cepat, efektif dan efisien.
  7. Ada bukti pembayaran yang sah sebagai tanda persetujuan jual beli.
  8. Mempermudah proses retur barang jika sewaktu-waktu ada pengembalian.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat jika memakai sistem penjualan seperti halnya aplikasi POS kasir berbasis Android. Dengan banyaknya manfaat yang didapat, seharusnya software seperti ini dapat membuat sebuah usaha menjadi lebih maju.

7 Rekomendasi Aplikasi POS Kasir Android Terbaik Gratis Yang Bisa Cetak Struk Pembayaran

Sistem penjualan adalah salah satu sektor yang paling banyak diminati karena dibutuhkan oleh setiap pelaku usaha. Tidak heran jika banyak pengembang tertarik membuat aplikasi POS kasir berbasis Android. Sebagai seorang calon pengguna, tidak mungkin kamu harus mencobanya satu persatu mengingat jumlahnya yang sangat banyak. Maka dari itu, berikut ini kita sarankan 7 aplikasi POS kasir terbaik untuk Android yang bisa cetak struk pembayaran.

Aplikasi Android: Kasir Pintar

Aplikasi POS kasir untuk Android yang pertama adalah Kasir Pintar. Software ini memiliki dua versi yaitu yang gratis dan berbayar. Namun disini akan kita bahas yang gratisan ya. Ada banyak fitur penjualan yang mumpuni seperti pencatatan stok barang, harga barang, bahkan hingga scan barcode pada produk. Selain itu, aplikasi ini juga sudah otomatis backup sehingga tidak perlu khawatir kehilangan data.

Dibagian laporan, aplikasi ini juga tak kalah mumpuni. Kamu bisa melihat berbagai macam laporan seperti penjualan harian dan bulanan, alur kas, dan sisa stok barang. Kamu juga bisa melihat laba rugi serta omzet jualanmu. User interface-nya juga cukup memudahkan. Terlebih kamu juga bisa mencetak struk pembayaran dengan menghubungkannya ke printer thermal. Kamu bisa download disini.

Aplikasi Android: Kasir POS (Point Of Sale) IREAP Lite

Aplikasi kasir Android gratisan yang bisa cetak struk pembayaran yang kedua adalah POS IREAP lite yang juga bisa didapatkan secara gratis di Play Store. Selain memiliki fitur penjualan seperti pada umumnya, software yang satu ini juga memiliki fasilitas pengembalian barang jika ada retur. Fitur lain yang tak juga akan kamu dapatkan adalah pencatatan barang, kategori barang, dan juga jumlah barang.

Pada fitur manajemen stok barang terlihat lebih lengkap, ada pengaturan persediaan barang masuk dan keluar. Menariknya lagi kamu bisa melakukan import data dari file CSV. Pada bagian laporan, kamu bisa melihat profit penjualan, penjualan terbanyak ,serta audit stok. Terdapat juga laporan penjualan dalam bentuk grafis yang menarik. Kamu juga bisa backup & restore serta bisa ekspor database ke aplikasi Pro. Download disini.

Aplikasi Android: Mesin Kasir

Yang ketiga ada aplikasi POS gratisan berbasis Android bernama Mesin Kasir. Pada dasarnya software yang satu ini memiliki fitur seperti pada umumnya namun tampilannya lebih simple. Mesin Kasir ini bisa bekerja tanpa adanya internet alias offline. Cocok buat kamu yang tinggal didaerah minim jaringan seluler. Meski gratisan, namun kamu bisa memasukkan data barang dan transaksi dengan jumlah tak terbatas.

Tak ketinggalan, aplikasi POS Android yang satu ini juga dibekali fitur laporan baik itu penjualan, laba dan perhitungan stok. Nilai plus yang bisa didapat dari aplikasi ini adalah kamu bisa sekaligus melakukan jasa PPOB seperti pembayaran listrik, BPJS, telkom, PDAM dan top up beberapa dompet digital seperti Go-pay, tap cash BNI, OVO. Setelah melakukan transaksi kamu bisa langsung cetak struk pembayaran. Download disini.

Aplikasi Androdi: Kasir Toko Portable – Point of Sale

Aplikasi kasir POS gratisan untuk Android selanjutnya adalah Kasir Toko Portable. Meski gartisan namun fiturnya cukup memuaskan salah satunya adalah pencatatan produk tanpa batasan jumlah. Software ini bisa digunakan untuk multiuser serta bisa diakses melalui komputer dengan jaringan Wifi. Selain untuk transaksi penjualan, sistem penjualan ini juga bisa digunakan untuk transaksi jasa sepreti bengkel, potong rambut, jahit dan sejenisnya.

Kasir Toko Portable juga memiliki fitur diskon dimana harga bisa dipotong langsung. Ada juga fitur level harga untuk mengatur harga yang berbeda meski produknya sama. Terlebih aplikasi ini bisa digunakan untuk transaksi tunai dan kredit sehingga ada catatan utang-piutang. Pada bagian laporan, kamu bisa melihat penjualan, laba dan omzet secara harian, bulanan atau tahunan. Yang pasti juga bisa langsung cetak struk pembayaran bia printer thermal. Download disini.

Aplikasi Android: Moka POS

Selanjutnya ada aplikasi Moka POS. Aplikasi ini berbasis cloud sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Yang lebih menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur manajemen pegawai dimana kamu bisa mengatur shift, hak akses, dan mengetahui performa pegawai. Pada sistem penjualan, aplikasi POS Android ini hampir sama dengan yang lainnya. Namun dengan software ini kamu bisa catan bermacam-macam tipe pembayaran seperti tunai, debit, kredit dan e-wallet.

Baca Juga:

Fitur yang belum tentu ada pada aplikasi kasir POS berbasis Android yang lainnya adalah bisa menerima pembayaran melalui berbagai jenis e-wallet dalam waktu sehari setelah transaksi seperti OVO, Go-Pay, Dana, LinkAja, Kredivo dan Akulaku tanpa perlu perangkat tambahan. Software ini juga bisa terhubung ke barcode scanner dan juga printer untuk cetak struk pembayaran. Download disini.

Apliksi Android: Kasirku/Tokoku (Toko Kelontong & Warung)

Seperti namanya, aplikasi POS kasir berbasis Android ini cocok buat kamu yang punya usaha toko kelontong atau warung. Kamu bisa menyimpan data dan stok barang tokomu di aplikasi ini. Kamu juga bisa scan barcode produk secara langsung. Aplikasi ini bisa digunakan untuk banyak user dengan aman karena dilengkapi sistem keamanan PIN.

Aplikasi Kasirku/Tokoku juga sudah mendukung backup & restore jadi kamu tidak perlu takut kehilangan data. Dengan grafik yang cantik dan sederhana, dapat memudahkan siapa saja untuk menggunakannya. Seperti halnya software kasir lain, kamu juga bisa melihat laporan penjualan dan laba. Kamu juga bisa cetak struk pembayaran disetiap transaksi dengan menghubungkannya ke printer thermal via bluetooth. Download disini.

Aplikasi Android: POS Profit

Aplikasi point of sale gratisan yang satu ini didesain unik dan menarik untuk mempermudah pengguna. Seperti aplikasi POS kasir berbasis Android pada umumnya, aplikasi ini memiliki fitur inventaris untuk mengelola data dan stok barang. Ada juga pengelola data pelanggan dan juga supplier. Selain itu, kamu juga bisa malakukan scanning barcode secara langsung.

Pada fitur laporan, kamu dapat melihat jumlah penjualan, perhitungan laba rugi, akumulasi omzet dan juga piutang. Nilai plus dari aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk pembayaran tagihan bulanan dan juga reservasi tiket pesawat, pelni, dan kereta. Terlebih lagi, kamu bisa melakukan transfer uang antar bank tanpa alat tambahan. Kamu juga bisa langsung kirim dan cetak struk pembayaran usai transaksi dengan menghubungkannya ke printer thermal. Download disini.

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi POS kasir terbaik dengan basis Android yang gratisan tentunya. Dengan mencoba salah satu atau beberapa dari software diatas, penulis berharap kamu bisa menemukan solusi untuk sistem penjualan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan usahamu serta bisa melakukan cetak struk pembayaran disetiap transaksi. Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk mencoba semua aplikasi kasir yang ada di Play Store yang jumlahnya ada ratusan.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan