7 Aplikasi Android Yang Wajib di Install Pada HP Baru

Memiliki ponsel baru adalah sebuah kebahagiaan bagi orang tersebut. Terlebih jika HP tersebut adalah jenis smartphone dengan sistem operasi Android. Saat ini HP Android memang sangat populer dan banyak digunakan. Namun ketika HP masih baru, biasanya masih belum dapat dipakai secara normal karena banyak software dasar atau basic yang belum di pasang. Tetapi jangan khawatir, beberapa aplikasi Android yang wajib di install pada HP baru dapat kamu download di Play Store secara gratis.

Ada banyak jenis aplikasi dengan berbagai fungsi yang dapat dipasang pada HP Android. Beberapa diantaranya adalah aplikasi chatting, sosial media, fotografi, produktivitas hingga kebutuhan hiburan seperti musik streaming dan sejenisnya. Namun yang lebih utama untuk ponsel Android baru, aplikasi Android yang wajib di install tentu harus didahulukan. Mengingat ketika masih baru, smartphone Android hanya dibekali oleh aplikasi bawaan sistem seperti browser, pengolah pesan, telepon, kontak, kalender, jam dan lain sebagainya.

7 Aplikasi Android Yang Wajib di Install Pada HP Baru

Aplikasi Android yang wajib di install ini dapat membuat ponsel baru kamu jadi semakin maksimal fungsinya. Oleh karena itu, pemasangan berbagai software ini harus sesegera mungkin kamu lakukan. Namun, penulis sarankan kamu gunakan koneksi wifi karena instalasi aplikasi untuk HP baru membutuhkan kuota data yang cukup banyak. Karena selain melakukan pasangan sotfware, kamu juga harus melakukan pendaftaran akun jika dibutuhkan.

Daftar Aplikasi Yang Perlu di Install Pada HP Baru

Sistem operasi Android pada ponsel pintar memang sangat kaya akan aplikasi-aplikasi canggih yang dapat mempermudah berbagai pekerjaan pengguna. Namun, berbagai software yang tersedia di Playstore ini harus kamu download dan install secara manual sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi saat HP kamu masih baru, maka aplikasi yang tersedia hanyalah aplikasi bawaan sistem yang sangat standar. Oleh karena itu, buat kamu yang punya HP Android baru silahkan download beberapa aplikasi berikut ini.

Aplikasi Chatting

Komunikasi adalah salah satu fungsi penting dari ponsel. Saat ini kita dapat melakukan komunikasi melalui berbagai aplikasi chatting yang terhubung secara online ke internet. Dengan software chatting online, kita dapat menghemat pulsa seluler dalam komunikasi karena aplikasi tersebut menggunakan jaringan internet. Beberapa aplikasi Android yang wajib di install untuk komunikasi antara lain adalah WhatsApp, Messengger, Telegram, dan lain sebagainya. Install aplikasi chatting tersebut berdasarkan kebutuhanmu.

Aplikasi Sosial Media

Selain aplikasi chatting untuk komunikasi, kini saatnya kamu pasang aplikasi untuk berinteraksi dengan orang lain di dunia maya, yaitu sosial media. Sosial media masuk dalam daftar software Android yang wajib di install pada HP baru. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan orang pada jaman sekarang tidak bisa lepas dari yang namanya sosial media. Beberapa aplikasi sosmed yang dapat kamu pasang pada ponsel barumu adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn dan lain-lain.

Aplikasi File Manager

Satu aplikasi yang cukup penting agar kamu bisa mencari serta mengakses berbagai file adalah File Manager. Ada banyak jenis aplikasi pengelola file yang bisa kamu unduh dari Play Store seperti Files by Google, Mi file manager, X-plore file manager atau sejenisnya. File manager sangat penting untuk pengelolaan berbagai data yang ada didalam memori. Maka dari itu, ini juga jadi salah satu aplikasi Android yang wajib di install pada HP baru.

Aplikasi Pembersih Berkas Sampah

Tahukah kamu kenapa smartphone semakin lama malah semakin lambat kinerjanya? Salah satu faktor yang jadi penyebabnya adalah adanya berkas sampah yang menumpuk. Lalu darimana asalnya? Biasanya berkas sampah datang dari sisa aplikasi yang di uninstall, cache, folder kosong, dan lain sebagainya. Nah untuk meminimalisir penumpukannya kamu bisa pakai aplikasi seperti iClean, Clean Master, Nox Cleaner, Easy Clean dan sebagainya. Pembersih sampah seperti ini akan bermanfaat untuk menjaga performa HP Android kamu.

Aplikasi Office dan Dokumen

Salah satu fungsi canggih dari smartphone adalah dapat digunakan untuk membuka atau membuat berbagai macam jenis dokumen perkantoran yang biasa dibuat dengan Microsoft Office pada PC. Terkadang kita juga perlu mengakses beberapa file dokumen dalam beberapa format seperti wordx, pptx, xlsx, pdf dan sebagainya. Maka dari itu software office dan dokumen seperti Dokumen by Google, Office Suite, PDF Reader, Microsoft Office dan sejenisnya juga jadi aplikasi Android yang wajib di install.

Baca Juga:

Aplikasi Edit Foto

Selanjutnya adalah aplikasi edit foto yang harus kamu install. Seperti yang kita ketahui bahwa berfoto sekarang sudah membudaya. Terlebih tampil dengan foto bagus di sosial media juga jadi suatu kebutuhan. Oleh karena itu, aplikasi Android yang wajib di install pada hp baru adalah foto editor seperti Adobe Lightroom, VSCO, PictsArt dan lain sebagainya. Kamu bisa download aplikasi ini secara gratis di Playstore juga. Namun jika ingin memiliki fitur premium, kamu bisa upgrade ke berbayar.

Aplikasi Catat-Mencatat

Terlahir alat untuk catat-mencatat adalah aplikasi Android yang wajib di Install pada HP baru. Jenis dari aplikasi pencatatan ini sangat beragam selain. Namun kamu dapat memilih dan menggunakan salah satu diantaranya saja. Jika kamu ingin aplikasi catatan yang simple, kamu bisa pakai aplikasi Notepad, Color Note, Notes atau Clear Note. Namun jika ingin yang fitur-nya lebih, kamu bisa pakai aplikasi Google Keep, Evernote, Squid atau Microsoft OneNote.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi dasar yang harus segera di pasang setelah membeli HP Android baru. Ketujuh aplikasi Android yang wajib di install diatas biasanya sangat berguna pada awal-awal penggunaan ponsel. Kebanyakan pengguna yang habis membeli HP, pasti bingung mau install aplikasi apa dulu. Jadi buat kamu yang baru saja beli smartphone Android, silahkan langsung unduh dan pasang aplikasi-aplikasi diatas. Semua aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis di Playstore.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan