Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri

Aplikasi menjadi bagian terpenting yang tidak bisa dipisahkan dan smartphone Android. Sebuah ponsel pintar tidak akan bisa bekerja dengan maksimal tanpa bantuan software atau perangkat lunak tertentu. Bagi pengguna Android khususnya, ada banyak sekali aplikasi canggih yang bisa kamu pasang untuk mempermudah berbagai macam pekerjaan. Meski bisa dibilang canggih, namun tidak semua aplikasi bisa berjalan dengan baik, terkadang kamu akan menemukan masalah seperti aplikasi Android keluar sendiri saat digunakan.

Berbicara mengenai masalah aplikasi Android keluar sendiri secara tiba-tiba atau bisa disebut sebagai “Force Close“, tentu akan sangat mengganggu kenyamanan terlebih bisa terjadi secara tiba-tiba. Sebagai contoh, misalkan kamu sedang melakukan aktivitas edit foto menggunakan Adobe Lightroom. Kamu sudah mendapatkan pengaturan yang pas dari berbagai aspek entah itu cahaya, kontras, ketajaman, warna dan sebagainya. Lalu tiba-tiba aplikasi yang kamu pakai tersebut keluar sendiri padahal belum di simpan. Tentu sangat kesal rasanya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri

Beberapa Penyebab Aplikasi Android Force Close

Setiap masalah pada gadget pasti ada penyebab yang melatar belakanginya. Begitu juga dengan aplikasi Android yang keluar sendiri secara tiba-tiba. Banyak pengguna beranggapan bahwa masalah force close pada aplikasi Android ini terjadi karena faktor bug atau kesalahan pada aplikasi. Tapi tunggu dulu, selain faktor pada aplikasi ternyata kondisi ponsel juga turut berpengaruh terhadap timbulnya masalah ini. Lalu apa saja sih penyebab pastinya, simak penjelasan berikut ini.

Kapasitas RAM Pada Ponsel Yang Rendah

Penyebab pertama aplikasi Android keluar sendiri adalah kapasitas RAM yang rendah. Secara garis besar, RAM (Random Access Memory) memiliki fungsi untuk penyimpanan sementara file yang sedang diakses oleh sistem aplikasi. Maka dari itu, ketika sebuah perangkat lunak berjalan, maka kapasitas RAM akan berkurang karena dipakai untuk menjalankan sistem. Semakin banyak aplikasi yang berjalan maka konsumsi RAM juga banyak, jika kapasitas RAM sedikit maka beberapa aplikasi akan mengalami force close.

Adanya Bug Pada Aplikasi Android Tersebut

Buat kamu yang masih awam dengan istilah “Bug” akan dijelaskan secara singkat. Bug adalah kondisi dimana program dalam sebuah perangkat lunak tidak berjalan secara normal. Hal ini bisa disebabkan oleh pembuatan program yang cacat atau tidak berfungsi dengan baik. Kondisi inilah yang menyebabkan aplikasi Android keluar sendiri ketika dibuka atau ketika dijalankan. Biasanya bug pada aplikasi akan segera diperbaiki oleh developer ketika ada pengguna yang melaporkan.

Koneksi Internet Yang Tidak Stabil

Adalah sistem operasi Android, hampir setiap aplikasi membutuhkan akses internet untuk bisa berjalan. Meski tidak semua, namun kebanyakan harus berjalan secara online agar bisa maksimal untuk bekerja. Nah pada kondisi keneksi internet yang sedang tidak stabil inilah menyebabkan aplikasi Android keluar sendiri. Namun biasanya jika masalah jaringan internet yang membuat sebuah aplikasi tidak bisa bekerja, akan ada notifikasi tertentu yang meminta pengguna menghidupkan jaringan internet.

Versi Aplikasi Yang Sudah Usang

Banyak pengguna smartphone yang tidak tahu betapa pentingnya memperbarui aplikasi. Justru kebanyakan dari mereka malah mengabaikan jika mendapatkan notifikasi update. Padahal, versi aplikasi yang usah atau sudah sangat lama bisa membuat aplikasi Android keluar sendiri saat dipakai. Hal ini bisa terjadi karena seiring update sistem operasi Android itu sendiri sehingga setiap aplikasi harus menyesuaikan. Jika tidak bisa menyesuaikan maka aplikasi tersebut jadi tidak bisa digunakan.

Terjadi Crash atau File Sistem Hilang

Penyebab aplikasi Android keluar sendiri yang terakhir adalah terjadinya crash atau file sistem yang hilang. Kebanyakan masalah ini terjadi karena unsur ketidaksengajaan dari pengguna itu sendiri. Namun yang pasti, kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, update yang tidak sempurna. Kedua, ada file sistem terhapus secara tidak sengaja. Ketiga, data aplikasi yang dipindah pada memori eksternal tidak ditemukan.

Lalau Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri?

Setelah membaca berbagai penyebab diatas, kamu pasti sudah memiliki sedikit gambar atas masalah force close pada aplikasi yang kamu alami. Ternyata ada banyak sekali faktor yang melatar belakangi masalah tersebut. Jika sudah tahu akar permasalahannya, sekarang saatnya kita cari solusinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi Android yang mengalami force close.

Upgrade Ponsel Dengan Membeli Yang Baru

Cara pertama untuk mengatasi masalah aplikasi Android keluar sendiri ini bisa dibilang cukup ekstrim. Namun bagaimana lagi jika ponsel yang kamu miliki sudah termasuk jadul dengan kapasitas RAM yang sudah tidak mumpuni. Maka satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah membeli ponsel baru. Karena pada dasarnya kamu tidak bisa melakukan upgrade RAM dengan kapasitas lebih besar di HP Android.

Membersihkan RAM Dengan Aplikasi Khusus

Untuk cara yang kedua, kamu bisa mencoba membersihkan RAM dengan menggunakan aplikasi khusus yang berfungsi sebagai cleaner. Beberapa aplikasi seperti Clean Master, Nox Cleaner, CCleaner, RAM Boster dan sejenisnya yang bisa kamu download di Playstore. Namun cara ini tidak bisa memberikan garansi 100% berhasil. Akan tetapi terkadang bisa membuat kinerja ponsel menjadi lebih baik setelah RAM dibersihkan sehingga masalah aplikasi Android keluar sendiri bisa diatasi.

Rajin Melakukan Update Aplikasi Android

Melakukan update secara rutin itu penting karena dapat membuatmu terhindar dari masalah aplikasi Android keluar sendiri. Biasanya ketika versi baru dari aplikasi tersedia, maka kamu akan mendapatkan notifikasi. Atau kamu juga bisa cek aplikasi mana saja yang pembaruannya sudah tersedia dengan membuka Playstore lalu klik garis tiga disamping kiri. Kemudian pilih Aplikasi Saya. Maka disitu akan tersedia seluruh daftar aplikasi yang terpasang di ponsel dan juga info update-nya.

Baca Juga:

Hapus Aplikasi Lalu Install Kembali

Cara selanjutnya untuk mengatasi aplikasi Android keluar sendiri saat digunakan adalah dengan menghapusnya lalu di install atau download kembali. Cara ini sangat efektif jika penyebab force close adalah adanya crash atau file sistem yang hilang. Menghapus aplikasi akan membersihkan seluruh file yang ada didalamnya. Kemudian dengan di install ulang, maka seluruh file sistem aplikasi akan normal kembali seperti sedia kala.

Membersihkan Memori Internal Dari Berkas Sampah

Tahukah kamu kadang memori internal yang penuh juga bisa membuat masalah pada sistem dan juga aplikasi karena ponsel menjadi berat. Kondisi ini pasti akan membuat aplikasi Android keluar sendiri saat dijalankan. Selain file milikmu, didalam memori internal juga ada berkas sampah dari berbagai sumber yang harus dibersihkan. Kamu bisa baca artikel tentang cara membersihkan berkas sampah yang sudah dibahas sebelumnya.

Melakukan Restart Pada Ponsel

Cara terakhir ini sangat sederhana. Ketika kamu mengalami masalah aplikasi Android keluar sendiri saat digunakan, cobalah untuk restart ponsel. Setelah ponsel sudah hidup, cobalah untuk membuka aplikasinya kembali. Terkadang force close bisa disebabkan oleh sesuatu yang tidak jelas, namun uniknya dapat diatasi hanya dengan melakukan restart.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab serta cara mengatasi aplikasi Android keluar sendiri atau biasa disebut force close. Jika masalah ini terjadi secara tidak wajar dan tidak hanya dialami oleh satu aplikasi saja, maka penulis sarankan sebaiknya kamu segera membawa ponsel ke tukang servis terdekat guna menghindari kerusakan yang lebih parah lagi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengatasi masalah pada ponsel kamu.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan