8 Aksesoris Laptop Gaming Yang Harus Kamu Beli dan Miliki

Tidak hanya sekedar permainan atau hiburan semata, saat ini game sudah menjadi bagian dari cabang olahraga yang dikenal sebagai esport yang merupakan singkatan dari elektronic sport. Seiring dengan berkembangnya teknologi, game sudah tidak lagi identik dengan anak-anak namun sudah berevolusi menjadi permainan orang dewasa. Jika kamu juga salah seorang gamer, pastinya punya laptop gaming untuk memainkan berbagai macam permainan. Tak hanya itu, agar menjadi gamer sejati, pastinya kamu memiliki berbagai aksesoris laptop gaming.

Laptop gaming memang dirancang khusus agar menunjang para gamer dalam memainkan game. Biasanya, memiliki spesifikasi yang lebih tinggi entah itu dari segi RAM, graphic card, harddisk dan hardware lainnya. Namun sebaik apapun spesifikasi laptop gaming, kurang lengkap rasanya tanpa adanya berbagai aksesoris laptop gaming yang dapat menunjang kegiatanmu bermain game favorit.

8 Aksesoris Laptop Gaming Yang Harus Kamu Beli dan Miliki

Semakin populernya esport, ternyata juga diiringi berbagai macam jenis aksesoris laptop gaming yang sengaja diproduksi oleh para perusahaan teknologi guna memanjakan para gamer. Karena pada dasarnya, setiap game memiliki cara bermain yang berbeda antara satu dengan yang lainnya sehingga peralatan yang dibutuhkan juga tidak sama. Maka dari itulah berbagai macam perangkat pendukung muncul dan di produksi.

Lalu Apa Saja Aksesoris Laptop Gaming Yang Harus Kamu Beli dan Miliki?

Buat kamu para gamer sejati, pasti tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki berbagai macam aksesoris laptop gaming yang sangat beragam dan memiliki fungsi tertentu. Yang pasti, adanya perangkat tambahan untuk bermain game pada laptop, akan membuat kamu jadi betah berlama-lama dihadapan laptop untuk menyelesaikan permainan favoritmu. Berikut ini adalah beberapa aksesoris yang perlu kamu beli dan harus dimiliki.

Mouse Gaming Keren

Aksesoris laptop gaming yang pertama adalah mouse gaming. Ini adalah hardware yang wajib dimiliki oleh para gamer. Tidak hanya keren dari segi desain, namun mouse gaming memiliki spesifikasi yang mumpuni sehingga mendukung para gamer dalam bermain. Yang dimaksud disini adalah nilai pengaturan DPI atau Dot Per Inch yang tinggi. Nilai DPI sangat berpengaruh terhadap pergerakan dan juga sensitivitas mouse dengan gerakan.

Semakin tinggi nilai DPI maka mouse akan semakin sensitif dalam menerima gerakan. Biasanya nilai DPI ini sangat diperhatikan oleh para gamer profesional. Mereka rata-rata lebih memilih mouse dengan nilai tinggi yakni diatas angka 4000 DPI. Hal ini akan memudahkan gamer dalam bermain game yang memerlukan banyak pergerakan. Mouse yang sensitif akan sangat memudahkan gamer dalam bermain.

Kursi Khusus Gaming

Meski kursi bukanlah aksesoris laptop gaming yang berhubungan langsung. Namun ini menjadi salah satu faktor yang bisa menunjang kenyamanan para gamer. Terlebih dalam bermain game membutuhkan waktu yang tidak sebentar bahkan hingga berjam-jam. Nah, kehadiran kursi gaming ini akan membuat gamer tidak akan merasakan dibagian tubuh terutama punggung karena harus duduk dalam waktu lama. Kursi gaming ini beraneka ragam mulai dari harga ratusan ribu, jutaan, bahkan ada yang harganya hingga ratusan juta.

Headphone Yang Dilengkapi Microphone

Bermain game tidak hanya dilakukan secara individu, namun ada juga game yang dimainkan secara team sehingga antara satu pemain dengan pemain lainnya memerlukan komunikasi. Salah satu alat komunikasi penting dalam bermain game adalah headphone yang dilengkapi dengan microphone. Dengan menggunakan aksesoris laptop gaming yang satu ini, setiap pemain bisa berkomunikasi dengan yang lainnya melalui jaringan internet. Headphone gaming biasanya memiliki desain yang sangat keren dengan warna-warna yang tegas.

Joystick atau Game Controller

Tidak semua game bisa dimainkan dengan kontrol dari mouse dan keyboard. Namun ada beberapa game yang memang akan lebih mudah dimainkan dengan joystick atau game controller. Contohnya adalah game sepakbola. Sepandai-pandainya gamer dalam bermain game sepak bola, maka ia akan kesulitan jika disuruh bermain memakai mouse dan keyboard.

Joystick untuk laptop sebenarnya hampir sama dengan joystick playstation, hanya saja user interfacenya berbeda. Joystick laptop menggunakan colokan USB meskipun itu dengan teknologi wireless bluetooth karena pada receivernya tetap harus terhubung ke laptop dengan bluetooth. Harga aksesoris laptop gaming yang satu ini beragam, mulai dari puluhan ribu hingga yang pro dengan harga ratusan ribu.

Keyboard Gaming Yang Nyaman

Selain mouse, keyboard adalah salah satu hardware vital yang menentukan kenyamanan para gamers. Loh bukannya di laptop sudah ada keyboard? Ya benar, tapi menyediakan keyboard eksternal khusus gaming juga sangat penting. Misalkan saat memainkan game yang pergerakannya banyak seperti FPS, lebih baik gunakan keyboard khusus gaming. Selain lebih nyaman, ini juga bisa membuat keyboard internal laptop jadi lebih awet karena tidak digunakan dengan keras.

Mouspad Anti Selip

Bermain game sangat membutuhkan akurasi jika memakai kontrol dengan mouse. Biasanya kita menggunakan mouse langsung diatas meja sehingga terkadang sensor susah menangkap gerakan karena permukaan yang licin. Nah disini fungsi mousepad adalah untuk mempermudah mouse dalam membaca pergerakan sehingga para gamer bisa lebih akurat dalam bergerak. Sebaiknya pilih aksesoris laptop gaming ini yang luas supaya bisa leluasa dalam bergerak.

Baca Juga:

Monitor Gaming Yang Lebar

Mayoritas laptop gaming memang sudah dibekali dengan monitor bagus dan juga didukung oleh graphic card yang mumpuni. Namun monitor gaming nampaknya masuk kedalam aksesoris laptop gaming yang harus kamu miliki. Sebaik apapun monitor laptop tetap saja ukurannya tidak bisa lebar mengingat desain mobilitasnya yang harus bisa dibawa kemana-mana. Nah ketika berada di rumah, kamu bisa menyediakan monitor gaming dengan ukuran lebih luas sehingga permainan menjadi lebih asik.

Cooling Pad (Kipas Laptop)

Aksesoris laptop gaming yang terakhir adalah colling pad atau bisa juga disebut sebagai kipas laptop eksternal. Biasanya kipas ini berbentuk seperti meja kecil seukuran laptop dengan dilengkapi kipas dibawahnya. Dengan adanya cooling pad, suhu laptop busa terjaga bahkan hingga dibawah 10 derajat Celcius ketika digunakan bermain game. Dengan suhu yang terjaga, laptop akan terhindar dari masalah overheat sehingga kinerjanya bisa terus stabil.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai berbagai macam aksesoris laptop gaming yang harus kamu beli dan kamu miliki. Berbagai macam perangkat tambahan tersebut tidak hanya sekedar untuk gaya dan tampil keren saja. Namun juga memiliki banyak fungsi dan kegunaan masing-masing. Jika kamu mengaku gamer sejati, pastinya tidak asing dengan berbagai aksesoris tersebut. Kira-kira kamu sudah memiliki semuanya apa belum? Jika belum, silahkan menabung untuk membelinya ya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan