Adaptor Charger HP Cepat Panas? Mungkin Ini 6 Penyebabnya

Beberapa perangkat pendukung smartphone terkadang memang mudah rusak jika digunakan secara tidak baik. Salah satunya adalah adaptor charger. Jika digunakan dengan tidak wajar, biasanya adaptor charger HP cepat panas. Hal ini bisa terjadi karena adanya berbagai macam faktor yang kadang tidak disadari oleh penggunanya itu sendiri. Adaptor charger yang panas bisa saja menjadi hal normal namun juga bisa membahayakan.

Menghindari masalah adaptor charger yang tiba-tiba jadi cepat panas memang cukup penting dilakukan mengingat ini jadi satu-satunya alat yang bisa mengonversi listrik tegangan tinggi untuk mengisi daya baterai. Adaptor sendiri bisa juga disebut sebagai kepada charger karena memang letaknya yang paling dekat ke terminal listrik. Tanpa adanya adaptor, maka ponsel tidak bisa mengisi daya karena modul yang bertugas mengubah tegangan tinggi ke tegangan rendah tidak tersedia.

Penyebab Adaptor Charger HP Cepat Panas

Sebagai pengguna ponsel, kamu harus bisa mengidentifikasi ketika adaptor charger HP cepat panas. Segera cari tahu apakah itu adalah hal normal atau bukan. Apabila tidak waspada, peningkatan suhu yang signifikan pada adaptor dapat membahayakan keselamatan. Seperti yang kita ketahui bahwa adaptor charger hanya terbuat dari plastik yang artinya tidak begitu tahan dengan suhu panas. Maka dari itu, sebaiknya kamu berjaga-jaga untuk selalu menghindari hal-hal yang bisa jadi penyebab kerusakan adaptor charger.

Inilah Penyebab Kenapa Kepala Adaptor Charger HP Cepat Panas

Sebagai pengguna ponsel yang tentunya sering menggunakan charger untuk mengisi daya baterai saat sedang lemah, kamu wajib waspada terhadap segala kemungkinan yang bisa diakibatkan oleh adaptor charger yang suhunya berubah drastis. Satu-satunya cara supaya aman dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu hindari beberapa kebiasaan yang bisa jadi penyebab masalah adaptor charger kamu jadi cepat panas seperti berikut ini.

HP Digunakan Sambil Dicas

Penyebab kenapa adaptor charger HP cepat panas yang pertama datang dari kebiasaan buruk pengguna ponsel yang selama ini tidak pernah disadarinya. Selain dikenal bisa merusak baterai, menggunakan HP sambil dicas juga berbahaya bagi adaptor charger. Karena harus bekerja lebih keras, maka suhu adaptor charger meningkat drastis saat ponsel dipakai sambil dicas. Jika hal ini terjadi terus menerus, bukan tidak mungkin adaptor bisa terbakar.

Adaptor Charger Bukan Original

Adaptor charger HP cepat panas bisa juga jadi pertanda jika bukan original. Adaptor charger tiruan biasanya memakai komponen yang kualitasnya tidak bisa dipertanggung jawabkan. Oleh karena itu pada saat digunakan, suhu adaptor bisa cepat meningkat karena tidak stabilnya arus listrik yang di kompresi. Selain membuat suhu cepat panas, kondisi ini juga bisa mempengaruhi usia baterai ponsel itu sendiri.

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Jika kamu baru sekali menemui kejadian adaptor charger HP cepat panas, mungkin penyebabnya ada pada tegangan listrik dirumahmu yang tidak stabil. Memang, ada kalanya listrik PLN yang disalurkan ke rumah-rumah penduduk bermasalah hingga membuat arus naik turun. Kondisi ini membuat adaptor charger yang sedang kamu gunakan bekerja lebih keras dalam menyetabilkan tegangan yang dialirkan ke baterai ponselmu.

Spesifikasi Adaptor Tidak Sesuai Baterai

Setiap ponsel memiliki baterai dengan kapasitas yang berbeda beda. Terkadang modul yang dibutuhkan untuk mengisi dayapun juga berbeda. Dari sinilah alasan kenapa setiap charger memiliki spesifikasi yang berbeda pada output-nya. Jika saat dipakai adaptor charger menjadi cepat panas, bisa jadi spesifikasi tegangan seperti voltase dan ampere antara output charger dan baterai tidak sesuai. Hal ini akan mengakibatkan kenaikan suhu yang drastis baik iti pada adaptor maupun baterai.

Baca Juga:

Mengisi Baterai Dalam Keadaan Habis 0%

Tahukah kamu bahwa mengisi baterai dalam keadaan habis 0% itu akan membuat usia baterai menjadi lebih pendek. Maka dari itulah setiap ponsel selalu memberikan peringatan pengisian daya ketika baterai masih 15%-20%. Pada kisaran tersebut, daya baterai ideal untuk diisi ulang. Jika kamu mengisi daya baterai yang habis 0%, maka charger akan bekerja lebih keras dan durasinya lebih panjang sehingga adaptor charger HP cepat panas.

Adaptor Charger Selalu Dicolokkan Listrik

Penyebab terakhir kenapa adaptor charger HP cepat panas adalah karena selalu dicolokkan ke terminal listrik. Maka dari itu kamu jangan malas untuk mencabut charger jika sudah selesai digunakan. Kebiasaan buruk dengan membiarkan charger tetap tertancap di terminal listrik meski tidak dipakai memang masih banyak dilakukan oleh pengguna ponsel. Kebanyakan dari mereka tidak paham bahwa hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan charger.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ternyata adaptor charger HP cepat panas itu bisa terjadi karena beberapa penyebab. Mungkin salah satunya sudah menjadi kebiasaanmu selama ini yang harusnya kamu hindari. Bagaimanapun juga suhu yang berlebihan pada komponen elektronik itu tetap tidak baik karena bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya kamu cari aman dengan menghindari berbagai macam penyebabnya. Begitu juga dengan adaptor charger yang panas.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan