7 Penyebab Koneksi Tathering Lemot di Laptop Windows 10

Di era modern seperti saat ini, jaringan internet bisa dengan mudah kita dapatkan salah satunya pada smartphone Android. Internet pada ponsel, kini bisa dibagikan ke pengguna lain baik ke sesama ponsel, laptop, konsol game maupun ke perangkat lainnya. Caranya adalah dengan menggunakan fitur hotspot yang tersedia. Namun terkadang, hal ini membuat koneksi tathering lemot di perangkat lain seperti pada laptop dengan sistem operasi Windows 10.

Koneksi tathering yang lemot di laptop berbasis Windows 10 memang sangat menjengkelkan. Terlebih saat ini berbagai merk dan jenis laptop sudah mulai menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft ini. Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dengan cepat, akhirnya malah terhalang oleh koneksi tathering yang lemot dan lambat. Kondisi ini memang dapat membuat emosi kita jadi meningkat.

7 Penyebab Koneksi Tathering Lemot di Laptop Windows 10

Selain untuk menunjang pekerjaan, koneksi tathering ke laptop biasanya juga digunakan sebagai sarana hiburan seperti mendengarkan musik online, streaming video Youtube, atau sekedar browsing. Kamu yang seharusnya bisa terhibur, malah jadi tambah suntuk ketika jaringan tathering lemot. Namun hal ini harus dimaklumi mengingat hotspot dari ponsel hanya mengandalkan sinyal seluler saja meskipun jaringannya 4G.

Inilah Penyebab Kenapa Koneksi Hotspot Lemot di Laptop Windows 10

Kadang, pasti kamu pernah menemui masalah dimana sinyal internet sangat lancar ketik digunakan pada ponsel, namun saat digunakan untuk tathering laptop Windows 10 malah jadi lemot. Jika memang pernah, kamu bukanlah satu-satunya “korban”. Ada banyak pengguna lain yang merasakan hal sama. Lalu kenapa koneksi hotspot atau tathering lemot di laptop windows 10? Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

Windows Sedang Melakukan Pembaruan

Salah satu penyebab tathering lemot di windows 10 adalah sistem yang sedang melakukan pembaruan. Pada windows 10, sistem update yang berjalan otomatis memang tidak memberikan notifikasi terlebih dahulu kepada pengguna. Melainkan langsung melakukan pembaruan begitu laptop terhubung dengan sinyal internet. Pada saat melakukan pembaruan, file yang diunduh cukup besar. Jadi agak memakan bandwidth.

Antivirus Juga Melakukan Pembaruan

Selain windows yang sedang melakukan pembaruan, antivirus yang juga melakukan pembaruan menjadi biang kerok atas tathering lemot. Antivirus yang melakukan update database juga mengunduh file yang cukup besar sehingga memakan bandwidth. Maka dari itu koneksi tathering menjadi sangat lemot. Kamu bisa mematikan update otomatis pada antivirus agar masalah ini tidak terjadi. Jika ingin update, kamu bisa melakukannya secara manual saja.

Kecepatan Hotspot Dibatasi

Tathering lemot juga bisa disebabkan oleh pembatasan kecepatan hotspot pada ponsel. Dalam fitur hotspot Android terdapat fasilitas pembatasan kecepatan hotspot yang bisa kita sesuaikan. Pembatasan ini tidak berdampak pada ponsel, namun akan berdampak pada semua perangkat yang terhubung ke tathering. Jadi, coba cek pembatasan kecepatan apakah aktif atau tidak ketika tathering lemot.

Sinyal Seluler Yang Tidak Stabil

Kamu juga akan mendapati tathering lemot ketika sinyal seluler sedang tidak stabil. Biasanya kondisi ini akan terjadi ketika cuaca sedang buruk seperti hujan lebat dan juga petir. Jangankan tathering pada laptop windows 10, terkadang internet pada ponselpun tidak jalan sama sekali. Pada kondisi ini sebaiknya kamu atur ponsel ke mode penerbangan atau mematikannya.

Ponsel Sedang Digunakan Untuk Download

Penyebab lain kenapa tahering lemot yang mungkin tidak kamu sadari adalah ponsel sedang digunakan untuk download. Hal ini akan membuat sinyal hotspot yang terhubung ke laptop windows 10 kalah karena bandwidth digunakan untuk memaksimalkan download. Maka dari itu, untuk menghindari tathering lemot pada laptop sebaiknya pastikan kamu tidak mengunduh file apapun melalui ponsel.

Paketan Internet Dibatasi FUP

Masalah ini akan ditemui bagi kamu yang memakai paket internet unlimited dari provider seluler. FUP atau fair usage policy adalah batas pemakaian wajar dari provider yang dikenakan kepada konsumennya. Batas FUP setiap provider berbeda-beda besarnya. Ada yang berkisar ratusan Mega byte ada pula yang mencapai Giga byte.
Ketika kamu sudah melewati batas FUP, maka secara otomatis kecepatan internet kamu menurun. Akibatnya tathering lemot sehingga internet pada laptop windows 10 milikmu tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Adanya Fitur Windows Auto-Tuning

Penyebab terakhir kenapa tathering lemot di laptop windows 10 adalah adanya fitur Windows Auto-Tuning. Sebenarnya, fitur ini memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja program yang menerima data TCP melalui jaringan. Sederhananya, Auto-Tuning berfungsi sebagai pembagi bandwidth pada bagian-bagian yang membutuhkan supaya seimbang.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Koneksi Hotspot atau Tathering Lemot Dengan Mematikan Windows Auto-Tuning

Salah satu cara untuk mempercepat koneksi tathering di windows 10 yang lemot adalah dengan mematikan Windows Auto-Tuning. Untuk mematikan fitur tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Memperbaiki Tathering Lemot di Laptop Windows 10

Pertama-tama silahkan buka Command Prompt. Klik “Start” scroll ke bawah cari folder “Windows System“. Lalu klik kanan, arahkan kursor ke bagian “More” kemduian klik Run as Administrator. Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “netsh interface tcp show global” tanpa tanda petik ya. Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Memperbaiki Tathering Lemot di Laptop Windows 10

Coba lihat pada baris Receive Windows Auto-Tuning Level, jika statusnya menunjukkan normal berarti fitur ini sedang aktif. Untuk mematikannya, kamu hanya perlu memasukkan perintah “netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled” tanpa memakai tanda kutip ya. Jika muncul notifikasi OK berarti Auto-Tuning sudah mati atau nonaktif.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kenapa koneksi tathering lemot di laptop dengan basis sistem operasi Windows 10. Setelah membaca artikel diatas, kamu jadi tahu kan ternyata ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Meski Windows 10 adalah sistem operasi baru yang digadang-gadang canggih, namun koneksi tathering yang lemot bukanlah sebuah error. Melainkan adanya tambahan fitur benama Auto-Tuning yang berfungsi untuk memgontrol bandwidth, network delay, dan application delay.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan