Fungsi Lubang Kecil Diatas, bawah dan Samping HP Android

Sebagai ponsel pintar, HP Android menjadi salah satu gadget yang dilengkapi banyak fitur canggih yang tersembunyi. Saking kecilnya, sebagai orang awam kita sulit untuk mengidentifikasinya. Kita hanya sebatas tahu berbagi macam lubang kecil yang ada disisi atas, bawah, serta samping HP Android. Lalu apa fungsi lubang kecil yang tersebar diberbagai sisi ponsel tersebut?

Berbicara mengenai berbagai macam lubang kecil yang ada di HP Android, banyak pengguna yang tidak sadar akan keberadaannya. Beberapa diantara mereka mungkin sadar namun tidak terlalu mempedulikannya. Namun jika diperhatikan secara lebih detail, berbagai macam lubang kecil yang ada disisi atas, bawah atau samping smartphone tersebut merupakan bagian dari teknologi yang memiliki peran penting.

Fungsi 6 Lubang Kecil Yang Ada Diatas, Bawah, dan Samping HP Android

Setiap lubang kecil yang ada pada sisi ponsel memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda beda. Tata letaknya pun juga bukan sebuah hal yang kebetulan, namun memang sudah disesuaikan dengan cara kerja dan fungsinya juga. Untuk lebih jelasnya silahkan kamu simak terus artikel tentang fungsi lubang kecil yang ada diatas, bahwa maupun samping HP Android ini.

Mengetahui Berbagai Letak Lubang Kecil Di HP Android

Coba cek dan perhatikan sekali lagi smartphone milikmu. Lihat bagian sisi samping, atas atau bawah pada ponsel. Disana kamu akan menemukan lubang-lubang kecil seperti titik-titik hitam. Meski terlihat sepele, namun lubang-lubang tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja ponsel. Lalu pada bagian mana saja lubang kecil pada HP Android berada. Berikut ini penjelasannya.

  1. Lubang Kecil Dibagian Atas Ponsel
  2. Lubang Agar Besar Diatas Ponsel
  3. Lubang Hitam Disamping Kamera Depan
  4. Lubang Kecil Disamping Kiri Ponsel
  5. Lubang Kecil Disamping Lubang Jack Audio
  6. Lubang Kecil Berjajar Dibawah Ponsel

Fungsi Lubang Kecil Yang Terdapat Diatas, Dibawah dab Disamping Smartphone Android

Setelah kamu mengidentifikasi berbagai macam lubang yang ada di ponselmu, kini saatnya kamu juga mempelajari apa saja fungsinya. Yang jelas, lubang-lubang yang tersebar diberbagai sisi HP Android tersebut adalah bagian teknologi yang tidak bisa dipisahkan. Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari berbagai lubang kecil yang ada pada smartphone.

Lubang Kecil Dibagian Atas Ponsel

Jika kamu perhatikan dengan seksama, diatas ponsel ada dua buah titik hitam berukuran kecil. Itu adalah lubang kecil yang berfungsi untuk melakukan “Reset” ketika HP Android sedang macet. Lubang ini berukuran sangat kecil yang mungkin hanya bisa dimasuki sebuah jarum. Maka dari itu, cara menggunakan lubang kecil ini untuk melakukan reset pada ponsel dengan di colok menggunakan alat yang bernama sim card ejector.

Lubang Agak Besar Diatas Ponsel

Satu lagi lubang yang berada diatas ponsel, namun kali ini ukurannya sedikit lebih besar. Sebetulnya ini tidak bisa dikatakan sebagai lubang juga karena tertutup oleh kaca hitam. Ini adalah alat yang bernama lampu infra merah. Fungsinya adalah untuk melakukan fungsi remote ke peralatan elektronik lain seperti televisi, air conditioner, kipas angin, pemutar DVD dan sebagainya.

Lubang Hitam Disamping Kamera Depan

Satu lagi lubang kecil yang ada di ponsel terletak pada bagian depan, tepatnya disisi samping kamera depan. Sebenarnya ini bukanlah sebuah lubang sebagaimana yang kita lihat. Titik bulat hitam ini merupakan sensor cahaya yang tertanam pada smartphone. Fungsinya adalah sebagai pengatur otomatis kecerahan layar ponsel. Ketika kamu menghidupkan kecerahan otomatis, maka alat ini akan bekerja.

Lubang Kecil Disamping Ponsel

Selanjutnya ada lubang kecil berukuran satu milimeter yang ada disamping kiri atau kanan HP Android yang merupakan lubang ejector untuk sim card maupun micro SD. Jika kamu ingin melepas/pasang micro SD atau mengganti sim card, lubang inilah yang “berkuasa” untuk membuka dan menutup socket-nya. Cara kerjanya mudah, kamu hanya perlu menyolokkan ejector pada lubang kecil ini maka slot micro SD sekaligus sim card akan keluar dengan sendirinya.

Baca Juga:

Lubang Kecil Disamping Lubang Jack Audio

Kemudian ada lagi lubang kecil yang terletak dibawah HP Android, tepatnya disamping lubang jack audio dimana kamu memasukkan headset atau microphone. Lubang yang ukurannya sebesar jarum ini ternyata sebuah microphone internal untuk ponsel. Fungsinya adalah menangkap suara untuk diolah kedalam digital menjadi file audio seperti suara kamu saat melakukan telepon, menggunakan voice note, ataupun merekam suara.

Lubang Kecil Berjajar Dibawah atau Disamping Ponsel

Terakhir ada kubang kecil berjajar-jajar dengan jumlah tertentu yang biasanya terletak pada bawah atau samping HP Android. Itu merupakan lubang untuk speaker internal ponsel yang berfungsi sebagai output audio. Berbagai macam suara yang keluar dari ponsel seperti nada dering, musik, suara video dan lain sebagainya sumbernya ada pada lubang ini. Untuk memastikannya silahkan putar lagu dan dekatkan telinga ke lubang ini.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai beberapa fungsi lubang kecil yang ada diatas, dibawah, dan juga samping HP Android. Dengan membaca artikel diatas kamu akan menjadi lebih tahu serta tidak lagi penasaran. Meski bentuknya kecil, ternyata berbagai macam lubang tersebut memiliki fungsi yang dapat melancarkan kinerja ponsel pintar milikmu. Jadi jangan anggap itu cuma pemanis ya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan